Analisis Manajemen Rantai Pasok Produk Sumbawa Golden Milk di UMKM Nealma Food Dengan Menggunakan Metode Deskriptif

  • Sukri Sukri Universitas Teknologi Sumbawa
  • Mega Trishuta Pathiassana Universitas Teknologi Sumbawa
Keywords: Bahan Baku, Manajamen Rantai Pasok, pemasaran

Abstract

Manajemen rantai pasok sangat penting dalam membangun keunggulan perusahaan dan meningkatkan performa perusahaan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisa pengaruh manajemen rantai pasok terhadap peforma bisnis suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan di UMKM Nealma Food yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman sehat dan berasal dari bahan-bahan alami. Penelitian dilakukan menggunakan metode wawancara dengan beberapa responden seperti supplier, tenaga produksi dan tenaga pemasaran. Didapatkan hasil yaitu dalam pengadaan bahan baku UMKM Nealma Food membutuhkan penyedia seperti peternak sebagai penyedia bahan baku susu kuda liar dan toko dari luar daerah sebagai penyedia rempah rempah alami. Pada bagian produksi UMKM Nealma Food mempuyai dua tenaga kerja yang bertugas dalam pegolahan bahan baku dan pengemasan, sedangkan untuk teknik pemasaran produk UMKM Nealma Food menggunakan metode penjualan secara online dan penjualan secara langsung ke konsumen.

References

Ariani, Desi., B.M Dwiyanto. 2013. Analisis pengaruh SCM terhadap kinerja perusahaan (Studi pada Industri Kecil dan Menengah Makanan Olahan Khas padang Sumatra Barat). Diponegoro Journal of Management. vol 2 (3). Hal ;1-.
Banerjee, M., & Mishra, M. 2015. Retail Supply Chain Management Practices in India: A Business Intelligence Perspective. Jurnal of Reatailing and Costumer Sevices,
Heizer, J., & Render, B. 2005. Management Operasi. Jakarta: Salemba Empat. Chopra, S. dan Meindl, P. 2013. Supply Chain Management Strategy, Planning, And Operation. 2nd Ed. Person Education Inc, New, Jersey.
Indrajit R dan Djokopranoto R.. 2002. Konsep Manajemen Supply Chain: Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang.
Lee, C. W., G. Kwon, I.-W., & Severance, D. 2007. Relaitionship between supply chain performance and degree of linkage among supplier, internal integration, and costumer. 10.
Loekito, D. R. 2018. Manajemen Rantai Pasok Buah Segar Pada Pt Sewu Segar Nusantara Dengan Pendekatan Relationship Marketing: Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor Bogor.
Patel, C., Gunasekaran, A., & Tirtiroglu, E. 2001. Performance measures.
Pujawan, I Nyoman. 2005. Supply Chain Manajemen, Edisi Pertama, Guna Widya, Surabaya.
Rahmat, H. 2013. Statistika Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Simchi-Levi, D., Kaminsky, P., & Simchi-Levi, E. (2008). Designing and Managing the Supply Chain . New York: The McGraw-Hill.
Published
2022-07-23
How to Cite
Sukri, S., & Pathiassana, M. (2022). Analisis Manajemen Rantai Pasok Produk Sumbawa Golden Milk di UMKM Nealma Food Dengan Menggunakan Metode Deskriptif. Jurnal Teknologi Dan Mutu Pangan, 1(1), 21-26. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/jtmp.v1i1.2171