Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Pedoman Penulisan

Lingkup Jurnal

Jurnal Teknologi dan Mutu Pangan (JTMP) adalah publikasi ilmiah  yang mencakup teknologi pangan, ilmu pangan, manajemen mutu serta aplikasinya dalam industri pangan.  Artikel yang dimuat berupa: hasil penelitian dan kajian (review) terkait pangan dan industri yang belum pernah dipublikasikan di media lain (kecuali dalam bentuk abstrak atau karya ilmiah akademik atau dipresentasikan dalam seminar/konferensi). 

 

Jenis Artikel

Hasil penelitian

Artikel asli hasil penelitian tidak lebih dari 5.000 kata (termasuk tabel dan gambar). Penulisan format hasil penelitian sebagai berikut:  judul, nama dan instansi penulis, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (bila perlu), dan daftar pustaka.

Kajian (Review)

Artikel yang memuat tentang perkembangan baru kesignifikanan interdisiplin dan menyorot pertanyaan-pertanyaan yang belum teresolusi serta arahnya di masa mendatang. Semua review akan melalui proses pengkajian oleh peer-reviewer. Reviewer yang di kirim harus memuat abstrak, pendahuluan, bagian-bagian dengan sub-judul (sub-heading) ringkas, dan memuat minimal  40 referensi (tidak lebih dari 7.000 Kata)

 

Penulis bertanggung jawab terhadap isi manuskrip dan mencantumkan alamat email, nomor telepon dan fax (termasuk kode area) dan alamat surat lengkap. Penulis koresponden yang menjadi kontak selama proses pengelolaan naskah hingga terbit. Korespondensi mengenai artikel dialamatkan kepada penulis koresponden. 

 

Persyaratan mengenai artikel :

  1. Ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, diketik menggunakan program Microsoft Word, Kertas A4 dan Jenis huruf Tahoma 11 pt, dan 1,15 spasi. 
  2. Gambar dan tabel harus dibuat  dalam halaman terpisah dan berikan keterangan pada isi artikel.
  3. Makalah yang pernah dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah harus diberi catatan kaki (footnote) mengenai pertemuan tersebut (nama konferensi, waktu dan tempat).
  4. Menyertakan ethical clearance untuk penelitian yang menggunakan hewan uji atau manusia (in vivo) dari pihak terkait.
  5. Soft copy artikel dikirim melalui email dengan nama file (Nama Author_Judul Artikel). 

 

PEDOMAN ISI TULISAN

Judul 

  1. Judul artikel harus singkat, informatif maksimum 12 kata.
  2. Judul di tulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan huruf kapital kecuali nama spesies. 
  3. Nama instansi harus ditulis secara lengkap.

 

Abstrak  

  1. Abstrak ditulis dalam satu paragraf dalam bahasa Inggris (huruf miring) dan Bahasa Indonesia, masing-masing tidak lebih dari 250 kata. 
  2. Abstrak berisi highlight latar belakang, bahan dan metode hasil penelitian termasuk data kuantitatif yang menonjol dan terkait dengan judul. 

 

Kata Kunci

Pencantuman kata kunci maksimum 5 kata disusun berdasarkan abjad.

 

Pendahuluan 

Pendahuluan berisi latar belakang dan dukungan kepustakaan yang diakhiri dengan tujuan penelitian.

Bahan dan Metode

  1. Bahan utama yang digunakan harus jelas spesifikasi dan sumbernya.
  2. Spesifikasi bahan kimia dan peralatan utama diintegrasikan dalam metode.
  3. Metode yang digunakan harus reproducible dan bila diambil dari sumber lain dilengkapi dengan sitasi. 

Hasil dan Pembahasan

  1. Judul Tabel dan Gambar harus diberi nomor berurutan sesuai artikel. 
  2. Pembahasan hasil penelitian disertai dukungan pustaka yang sesuai.
  3. Angka desimal ditulis dengan koma untuk Bahasa Indonesia; angka desimal disesuaikan dengan jenis analisisnya.
  4. Data yang disajikan dalam bentuk rata-rata dilengkapi dengan Standard Deviasi (SD) atau Standard Error of Mean (SEM) dalam tabel atau gambar. 
  5. Data yang disertai dengan analisis statistik yang sesuai, harus dilengkapi dengan informasi lengkap mengenai tatacara pengambilan sampel, pengulangan, dan metode statistik yang digunakan.

Kesimpulan

Kesimpulan ditarik berdasarkan dari hasil dan pembahasan dengan mengacu pada tujuan penelitian.

 

Ucapan Terima kasih (bila perlu) 

Dituliskan nama instansi atau perorangan yang berperan dalam pendanaan pelaksanaan penelitian serta penulisan artikel.

 

Daftar Pustaka 

Harap gunakan setidaknya 10 sumber referensi yang memenuhi kriteria berikut: 1) 60% adalah artikel yang diterbitkan dalam jurnal dari 10 tahun terakhir, dan 2) 40% berasal dari buku, referensi web, dll. Hindari menggunakan referensi yang disajikan di Wikipedia , blog pribadi, dll. Hasil yang tidak dipublikasikan dan komunikasi pribadi tidak disarankan. Tulis sumber menggunakan format American Psychological Associatio (APA) edisi ke-6.

 

  1. Urutan pustaka disusun berdasarkan abjad.
  2. Huruf besar pada Buku ditulis pada setiap awal kata kecuali nama Majalah atau Jurnal/Buletin ditulis dengan singkatan baku sesuai dengan web of science, alamat website:

 http://images.webofknowledge.com/WOK46P9/help/WOS/C_abrvjt.html

  1. Tahun, Volume, dan halaman dituliskan dengan lengkap. 
  2. Pustaka dari internet disertai tanggal pada saat mengutip
  3. Pustaka yang digunakan minimum 80% berasal dari jurnal 10 tahun terbitan terbaru.
  4. Jika ada Nomor DOI (Digital Object Identifier) harus dicantumkan, 

 

Contoh:

Contoh penulisan pustaka jurnal:

Hunaefi D, Marusiva W. 2021. Sensory profile of 3 in 1 instant coffee using emotional mapping, flash profile, and CATA (Check-All-That-Apply) Methods. J. Teknol. dan Industri Pangan 32: 169–180. DOI: 10.6066/jtip.2021.32.2.169 

Contoh penulisan pustaka buku:

Lioe HN, Apriyantono A, Yasuda M. 2012. Soy Sauce: Typical Aspects of Japanese Shoyu and Indonesian Kecap.  93-102. CRC Press, Boca Raton, Florida.

Contoh penulisan pustaka tesis atau skripsi:

Merdiyanti A. 2008. Paket Teknologi Pembuatan Mi Kering dengan Memanfaatkan Bahan Baku Tepung Jagung [Skripsi]. Bogor: Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Contoh penulisan pustaka dari internet: 

Van der Sman RGM. 2012. Soft matter approaches to food structuring. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0001868612000620 [04 Juni 2012].

Kutipan dalam teks

Harap pastikan bahwa setiap referensi yang dikutip dalam teks juga ada dalam daftar referensi (dan sebaliknya). Hindari Kutipan referensi karena 'sedang dicetak' menyiratkan bahwa item tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Secara umum, kutipan dalam teks dapat ditulis dengan dua metode: 1) nama penulis dan tahun publikasi ditempatkan di dalam tanda kurung, dan 2) nama penulis ditempatkan di luar tanda kurung, sedangkan tahun ditempatkan di dalam tanda kurung. braket.

 Referensi web

Minimal, URL lengkap harus diberikan dan tanggal referensi terakhir diakses. Informasi lebih lanjut, jika diketahui (DOI, nama penulis, tanggal, referensi ke sumber publikasi, dll.), juga harus diberikan. Referensi web dapat dimasukkan dalam daftar referensi.

Contoh: AOAC. (2002). Pedoman validasi laboratorium tunggal metode kimia untuk suplemen makanan dan tumbuhan. AOAC Internasional, 1-38.

 Perangkat lunak manajemen referensi

Saat menyiapkan naskah Anda, Anda harus menggunakan Manajer Referensi Mendeley. Semua publikasi yang dikutip dalam teks harus disajikan dalam daftar referensi dalam urutan abjad. Harap pastikan bahwa ejaan nama dan tanggal penulis sama persis dalam teks seperti dalam daftar referensi.

 MATEMATIKA & PERSAMAAN

Gunakan italic untuk variabel, bold untuk vektor dan matriks, skrip untuk transformasi, dan san serif untuk tensor. Gunakan superskrip dan subskrip pada posisi superior atau inferior; jangan gunakan font yang dinaikkan dan diturunkan. Tulis persamaan dalam artikel menggunakan Persamaan Built-in yang disediakan oleh Microsoft Word. Silakan tambahkan jumlah persamaan menggunakan Tab Stop Position.

 TABEL

Tabel harus disajikan sebagai teks yang dapat diedit dan bukan sebagai gambar. Setiap tabel harus memiliki judul, dan semua kolom harus memiliki heading. Judul kolom harus diatur sedemikian rupa sehingga hubungannya dengan data jelas dan mengacu pada kolom di bawah ini. Setiap tabel harus dikutip dalam teks dengan mendefinisikan tabel nomor. Tabel ditempatkan di sebelah teks yang relevan dalam artikel. Harap hindari menggunakan aturan vertikal dan bayangan di sel tabel.

 GAMBAR

Gambar harus diserahkan sebagai grafik yang dapat diedit dan bukan sebagai gambar. Kutip setiap gambar dalam urutan numerik dalam teks. Tandai dengan jelas orientasi pada gambar, jika meragukan. Pastikan setiap ilustrasi memiliki keterangan. Berikan keterangan secara terpisah, tidak dilampirkan pada gambar. Keterangan harus terdiri dari judul singkat (bukan pada gambar itu sendiri) dan deskripsi ilustrasi. Pertahankan teks dalam ilustrasi itu sendiri seminimal mungkin tetapi jelaskan semua simbol dan singkatan yang digunakan. Tunjukkan garis lintang dan garis bujur pada peta. Gambar berwarna, lipatan, peta saku, dll., dapat diakomodasi, tetapi biaya warna untuk menerbitkan fitur khusus ini harus ditanggung oleh penulis.

 Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.

 

Contoh Siap Cetak

Dikirimkan via e-mail. Perbaikan harus kembali dalam 7 hari kerja.

 

Artikel dikirim kepada : 

Redaksi Jurnal Teknologi dan Mutu Pangan

E-mail : jurnaltekpangubg@universitasbumigora.ac.id

Web :https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/jtmp/.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.