Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode 4-D

  • Yuniansyah Yuniansyah STMIK Palcomtech
  • Andri Saputra STMIK Palcomtech
Keywords: multimedia, huruf hijaiyah, 4-d, alpha, beta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah. Pengenalan huruf Hijaiyah pada anak-anak usia dini sangatlah penting, karena mengenal huruf hijaiyah adalah dasar untuk mepelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. dengan multimedia pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat belajar pada anak-anak. Metode yang digunakan pada pengembangan multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah adalah metode 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pendifinisan masalah menggunakan survey lapangan dan mempelajari buku iqro, proses desain menggunakan Adobe Fotoshop CS6. Pada proses pengembangan dilakukan penggabungan materi berupa teks, gambar,  audio, dan animasi dengan menggunakan adobe flash cs 6 dan dilanjutkan uji coba menggunakan metode Alpha dan Beta test. Hasil penelitian ini adalah DVD multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah yang siap digunakan. Berdasarkan hasil evaluasi pada saat penyebaran multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah dapat disimpulkan bahwa multimedia ini sangat membantu guru-guru taman pendidikan Al-Qur’an dan anak didiknya serta anak-anak yang ingin mengenal huruf hijaiyah.

.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Aryani Rahayu. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Bermain Kartu Huruf Pada Siswa, Jurnal Ilmiah PG-PAUD, Vol. 2 No. 2, pp 80 – 92, Semarang.
[2] Karman, “Penggunaan Media Digital di Kalangan Anak dan Remaja (Studi di Kota Jayapura Provinsi Papua)”, Jakarta, Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Vol. 2 No.1, pp 35 - 50, September 2012
[3] Mahardika Prihadi Galang, “Digital Based Learning Dengan Model ADDIE Untuk Pembelajaran Doa Sehari-Hari”, Yogyakarta, Jurnal Teknoin Vol. 22 No. 2, pp 01 - 08, Juni 2015
[4] Mandasari Rizka dan Mislani, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Assure (Studi pada Siswa SMKN 3 Boyolangu Jurusan Listrik SK Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik)”, Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 02, No. 02, pp 555 – 563, Oktober 2013
[5] Musfiqon, HM, “Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran”, Prestasi Pustaka, Jakarta – Indoensia, 2012.
[6] Setiawan Zulvi Putu dan Napitupulu Efendi, “Aplikasi Media Pembelajaran Flipchart Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Pertembuhan dan Perkembangan Pada Pelajaran IPA Terpadu”, Medan, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 7, No. 2, pp 142 – 152, Oktober 2014
[7] Sumiatun, “Analisis Mutu Pembelajaran Praktikum Kebidanan Sebagai Upaya Peningkatan Pencapaian Komptensi Program Studi Diploma III Kebidanan STIKES Maharani Malang”, Malang, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 1, pp 78 - 93, Januari 2013.
Published
2018-05-31
How to Cite
Yuniansyah, Y., & Saputra, A. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode 4-D. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 17(2), 45-56. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v17i2.77
Section
Articles