Tinjauan Kritis Jurnal Ilmiah: Pengembangan dan Evaluasi Formatif Studi Kasus Multimedia untuk Siswa Desain dan Teknologi Pembelajaran

  • Anthony Anggrawan STMIK Bumigora Mataram
  • Christofer Satria STMIK Bumigora Mataram
Keywords: Pengembangan Pembelajaran, Desain, Pembelajaran, Evaluasi, Formatif, Mutimedia

Abstract

Tinjauan kritis dari tulisan ini memberikan kritisi dimaksudkan untuk melihat kekurangan dari artikel ilmiah yang berjudul Pengembangan dan Evaluasi Formatif Studi kasus Multimedia untuk Siswa Desain dan Teknology Pembelajaran.  Tinjauan kritis yang dilakukan diungkapkan dengan sepenuhnya mengacu pada teori dan fakta buku-buku referensi dan jurnal ilmiah yang relevan. Hasil tinjauan kritis memperlihatkan beberapa kelemahan dari artikel ilmiah tersebut, diantaranya adalah:  artikel tersebut terpaku pada desain pembelajaran dan produksi multimedia, dan tidak ada acuan model atau pendekatan sistem desain pembelajaran, sehingga terjadi bias. Padahal setiap pengembangan pembelajaran (Instructional Development) sama artinya dengan mengembangkan model pembelajaran yang ada meliputi proses  perencanaan, pemilihan strategi pembelajaran, pemilihan media, dan pemilihan/pembuatan bahan, dan evaluasi. Penulis artikel ilmiah tersebut tidak melihat bahwa selain desain pembelajaran dan produksi multimedia ada satu hal penting lagi yang harus dilihat adalah permintaan khusus dari klien atau sama artinya dengan kebutuhan yang ingin dicapai pada desain/rancangan multimedia/produksi multimedia. Penulis artikel ilmiah tersebut seakan-akan desain pembelajaran dan produksi multimedia sebagai dua bagian yang berdiri sendiri, padahal merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan jika didasarkan pada pada berbagai model desain dan implementasi model multimedia yang dikenalkan oleh berbagai ahli, misalnya pada  model pembelajaran ADDIE, Dick & Carey, Minerva, dan AT & T Instructional Development produksi multimedia adalah bagian dari perancangan pembelajaran/desain pembelajaran; kegiatan desain pembelajaran dan/atau produksi multimedia; hanya satu tema media yang muncul yaitu: penggunaan video (video use), padahal komponen  multimedia terdiri dari teks, audio, visual (gambar, foto, grafik), dan video.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2015). The Systematic Design of Instruction . Pearson, The United States of America
[2] Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern. Penerbit Erlangga
[3] Januszewski, A., & Molenda, M. (2015). Educational Technology. Lawrence Erlbaum Associates, New York London [4] Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2012). Buku: Trends and Issues in Instructional Design and Technology. Pearson
[5] Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson
[6] Johansson, E., Risberg, G., & Hamberg, K. 2003. Is qualitative research scientific, or merely relevant? Scand J Prim Health Care. Vol.21. Hal. 10-14
[7] Rothwell, W. J. & Kazanas. H.C. (2003). Mastering The Instructional Design Process: A Systematic Approach.
[8] Kumar, R. (2005). Research Methodology: A Step By Step Guide for Beginners. Sage Publications
[9] England, A., & Finney, A. (1999). Managing Multimedia: Project Management for Interactive Media.Addison Wesley [10] Armstrong, J., & Overton TS. (1977). Estimating nonresponse bias in mail surveys. Journal of Marketing Research. Volume 14, Issue 3, Hal. 396-402.
[11] Lodico Bass, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2010). Methods in Educational Research: From Theory to Practice. Jossey
[12] Schwier, R. A., & Misanchuk, E.R. (1987). Interactive Multimedia Instruction. Educational Technology Publications Engewood Cliffs, New Jersey
[13] Roblyer, M. D., & Doering. A. H. (2010). Integrating Educational Technology into Teaching. Pearson
[14] Lee, W. W., &, Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. John Wiley & Sons, Inc
[15] Smaldino, S. E., Lowther, D. L., &Russell, J. D. (2008). Instructional Technology & Media for Learning. Pearson, Merrill Prentice Hall
Published
2018-11-30
How to Cite
Anggrawan, A., & Satria, C. (2018). Tinjauan Kritis Jurnal Ilmiah: Pengembangan dan Evaluasi Formatif Studi Kasus Multimedia untuk Siswa Desain dan Teknologi Pembelajaran. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(1), 146-158. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v18i1.328
Section
Articles