Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kategori Promosi Produk Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus : Minimarket)

  • Yesni Malau UBSI Jakarta
Keywords: SPK,Promosi Produk, profile matching,

Abstract

Perusahaan Distributor secara berkala akan melakukan kegiatan promosi produk dibeberapa outlet yang bekerjasama dengan mereka, kendala yang sering ditemui adalah  pemberian promosi masih belum tepat sasaran sehingga belum bisa menarik minat pembeli, hal ini akan menjadikan tujuan utama perusahaan dalam mengadakan promosi guna meningkatkan volume dan omset penjualan masih belum sepenuhnya tercapai.  Penelitian ini bertujuan memberikan solusi kepada perusahaan dalam mengambil keputusan pemilihan kategori promosi produk dengan menggunakan metode profile matching karena metode profile matching telah banyak digunakan dalam berbagai bidang untuk sistem pendukung keputusan. Pengambilan keputusan kategori promosi produk dilakukan dengan melihat tiga aspek yaitu budget, penjualan dan waktu promosi dengan pemberian bobot terhadap aspek yang telah ditentukan, perhitungan nilai Core Factor (NCF) dan nilai Secondary Factor (NSF), perhitungan nilai total akan menghasilkan rekomendasi kategori promosi produk. Ada  empat kategori  yang akan menjadi hasil rekomendasi untuk setiap promosi produk yaitu Rafaksi,Mailer,Discount dan Listing. Dengan dilakukannya penelitian ini akan membantu perusahaan distributor dalam menentukan promo untuk setiap produk yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.
S. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Profile Matching,” Pelita Informatika Budi Darma, vol. IX, no. 2, pp. 60 - 68, 2015.
R. . K. Tiony, N. H. Wardani dan T. Afirianto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Promo Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process – Simple Additive Weighting (AHP – SAW) (Studi Kasus : Geprek Kak Rose),” Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, pp. 8413-8422, 2019.
F. Indriyani, “Penerapan Metode Profile matching Sebagai Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan pada SMK Al Hidayah,” Jurnal Riset Informatika, vol. 1, no. 2, p. 35 – 40, 2019.
Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi + AMIKOM, 2017.
A. Yasiin dan . K. P. Desi , “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru menggunakan Metode Profil Matching pada SMK Wisudha Karya Kudus,” 2017.
Published
2020-05-30
How to Cite
Malau, Y. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kategori Promosi Produk Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus : Minimarket). MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 19(2), 339-346. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v19i2.672
Section
Articles