Menentukan Akurasi Tata Letak Barang dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Algoritma FP-Growth
Abstract
Teknologi semakin berkembang dan canggih dari masa ke masa bahkan untuk setiap detiknya, sehingga dengan ini perusahaan perlu memanfaatkan teknologi untuk menjambatani usaha ke pelanggan sehingga mempermudah dalam mengelola bisnis. Pertumbuhan bisnis khususnya dikota Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat berkembangan persaingan bisnis dalam perdagangan sangat ketat sehingga membutuhkan strategi yang matang dalam mengelola usaha. Pada penelitan ini peneliti melakukan penelitian disalah satu perusahaan di Nusa Tenggara Barat dimana toko tersebut menjual berbagai jenis aksisoris. Toko yang dijadikan sebagai studi kasus ini merupakan toko yang terkenal oleh masyarakat sekitar sehingga bisa memiliki banyak pelanggan. Pada penelitian ini peneliti melakukan analisis bertujuan untuk mencari kemiripan barang berdasarkan item pembelian dijadikan sebagai acuan dalam tata letak barang dan mengidintifikasi kesamaan barang yang dibeli ketika menambah stok barang. Untuk mengidentifikasi tujuan pada penelitian ini peneliti melakukan proses perhitungan menggunakan dua metode yaitu apriori dan FP-Growth dan melakukan pengujian dengan 2 pengujian yaitu pengujian hasil dan rasio adapun hasil pengujian didapatkan FP-Growth menghasilkan rule yang lebih baik dibandingkan dengan algoritma apriori dengan total rule sebanyak 6, sedangakan algoritma apriori menghasilkan 4 rule, dan untuk pengujian dengan evaluasi hasil rule dari masing masing algoritma, algritma FP-Growth memiliki hasil yang terbaik dengan lift ratio 1.27908.
Downloads
References
[2] F. Rahmawati and N. Merlina, “Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori,” PIKSEL Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Log., vol. 6, no. 1, pp. 9–20, 2018.
[3] D. Sepri, M. Afdal, and S. Riau, “Analisa Dan Perbandingan Metode Algoritma Apriori Dan FP-Growth Untuk Mencari Pola Daerah Strategis Pengenalan Kampus Studi Kasus Di Stkip Adzkia Padang,” J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 1, no. 1, 2017.
[4] L. Ardiantoro and N. Sunarmi, “Badminton player scouting analysis using Frequent Pattern growth (FP-Growth) algorithm,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1456, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1456/1/012023.
[5] A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.
[6] E. Elisa, “Market Basket Analysis Pada Mini Market Ayu Dengan Algoritma Apriori,” vol. 2, no. 2, pp. 472–478, 2018.
[7] F. A. Sianturi, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan,” Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, pp. 50–57, 2018, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/330.
[8] D. P. Sari, “Data Mining Perkiraan Produksi Spanduk Dengan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Cv . Mentari Persada Medan ),” Pelita Inform. Budi Darma, vol. 9, no. 1, pp. 33–41, 2015, [Online]. Available: https://www.e-jurnal.com/2016/09/data-mining-perkiraan-produksi-spanduk.html.
[9] R. Fitria, W. Nengsih, and D. H. Qudsi, “Implementasi Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Hubungan Kecelakaan Lalu Lintas,” J. Sist. Inf., vol. 13, no. 2, p. 118, 2017.
[10] H. Maulidiya, A. Jananto, G. Special, I. A. Bawang, M. Sedap, and M. Asosiasi, “Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dan FP-Growth SEBAGAI DASAR PERTIMBANGAN PENENTUAN PAKET SEMBAKO,” pp. 978–979, 2020.
[11] M. A. FP-Growth, D. Melati, and T. S. Wahyuni, “ASSOCIAION RULE DALAM MENENTUKAN CROSS-SELLING PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH Delila Melati 1* , Titi Sri Wahyuni 2 1,” vol. 7, no. 4, 2019.
[12] S. Al Syahdan and A. Sindar, “Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori Pada Indomaret Galang Kota,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, 2018.
[13] G. Grand, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Menemukan Hubungan Data Murid dengan Nilai Sekolah,” Ikraith Inform., vol. 2, no. 18, pp. 7–12, 2018.
[14] D. Listriani, A. H. Setyaningrum, and F. Eka, “Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 120–127, 2018.
[15] N. Hadinata and K. Kurniawan, “Analisis Pola Pembelian Produk Konsumen Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 1, pp. 263–268, 2020.
[16] D. E. Satie, S. Suparni, and A. B. Pohan, “Analisa Algoritma Apriori Pada Pola Peminjaman Buku di Perpustakaan ITB Ahmad Dahlan,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 136, 2020.
[17] D. S. Purnia and A. I. Warnilah, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori,” vol. 2, no. 2, pp. 31–39, 2017.
[18] A. Fikri, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menetukan Program Studi Yang Diambil Mahasiswa,” J. Iptek Terap., vol. 10, no. 2, pp. 81–85, 2016.
[19] A. Maulana and A. A. Fajrin, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma FP-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 27, 2018.
[20] D. Rusdiaman and A. Setiyono, “Algoritma FP-Growth dalam penempatan lokasi barang di gudang pt. xyz,” J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput., vol. 4, no. 1, pp. 63–70, 2018.
[21] Mardiah, “Penerapan Data Mining Apriori Pada Persediaan Obat ( Studi Kasus Apotek Rafif Farma Medan ) Mardiah Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara , Medan , Indonesia Email : mardiahindin23@gmail.com The importance of inventory systems at a pharmacy and the t,” vol. 6341, no. November, pp. 115–123, 2019.
[22] A. R. Dinna Yunika Hardiyanti, Hardini Novianti, “Penerapan Algoritma FP-Growth Pada Sistem Informasi Perpustakaan,” vol. 3, no. 1, pp. 75–77, 2018.
[23] H. Sujaini, “Analisis Asosiasi pada Transaksi Obat Menggunakan Data Mining dengan Algoritma A Priori,” vol. 1, no. 1, 2016.
[24] V. N. Latifah, M. T. Furqon, and N. Santoso, “Implementasi Algoritme Modified-Apriori Untuk Menentukan Pola Penjualan Sebagai Strategi Penempatan Barang Dan Promo,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 10, pp. 2829–2834, 2018.
[25] C. E. Firman, “Penentuan Pola Yang Sering Muncul Untuk Penjualan Pupuk Menggunakan Algoritma FP-Growth,” I N F O R M a T I K a, vol. 9, no. 2, p. 1, 2019.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.