STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN RAGI NKL DAN RAGI TAPE SUMBAWA TERHADAP MUTU ORGANOLEPTIK, pH, DAN KADAR GULA TAPE KETAN PUTIH (Oryza sativa L. var glutinosa)

  • Hidayati Hidayati Universitas Teknologi Sumbawa
  • M Mikhratunnisa Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ihlana Nairfana Universitas Teknologi Sumbawa
Keywords: Kadar gula, Organoleptik, pH, Ragi, Tape ketan

Abstract

Tape merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan maupun singkong dengan jamur Endomycopsis fibulgeria, Rhizopus orizae maupun Saccharomyces sereviciae sebagai ragi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan ragi NKL dan ragi tape Sumbawa terhadap mutu organoleptik, pH dan kadar gula tape ketan putih. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor, yaitu jenis ragi dan dosis ragi.  Data dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of Varance) dengan software SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Tidak ada pengaruh jenis ragi terhadap mutu organoleptik tekstur, rasa aroma (skala hedonik) dan tidak berpengaruh terhadap pH tape ketan, namun jenis ragi berpengaruh terhadap interaksi jenis ragi dan dosis ragi (skala skoring) pada rasa tape ketan dan berpengaruh terhadap kadar gula tape ketan. Dan tidak ada pengaruh dosis ragi terhadap mutu organoleptik tekstur, rasa dan aroma (skala hedonik) tape ketan, namun dosis ragi berpengaruh terhadap interaksi jenis ragi dan dosis ragi (skala skoring) pada rasa tape ketan, dan berpengaruh terhadap pH tape ketan. 

References

Abdillah, et al. 2014. Pengaruh Dosis Ragi dan Penambahan Gula Terhadap Kualitas Gizi dan Organoleptik Tape Biji Gandum.AGRIC. Vol. 26. No.1 & No.2. 75 -84.
Azmi, A. S., Ngoh, G.C, Mel, M. dan Hasan, M. 2010. Ragi Tapai and Saccharomyces as Potential Coculture in Viscous Fermentation. African Journal of Biotechnology. 42 : 7122-7127.
Dino, K. 2019. Pengaruh Konsentrasi Ragi Pada Pembuatan Tape Ketan. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Khaerul, A. 2017. Pengaruh Pemberian Dosis Ragi Terhadap Kadar Alkohol Tapai Ketan dan Tapai Singkong (Perbandingan dengan standar BPOM dan LPPOM MUI). Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian. Sumbawa : Universitas Teknologi Sumbawa.
Ninsix, R. 2013. Pengaruh Konsentrasi Ragi Merk NKL Terhadap Mutu Tape Yang Dihasilkan. Jurnal Teknologi Pertanian. Vol. 2, No. 2. hal. 1-11.
Novita, T., Dewa, G. D., Henry, F. A., 2015. Isolasi Capsaicin Dari Oleoresin Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.). Jurnal Chem. Prog. Vol. 8. No. 2. hal. 72-76.
Sumiati, T. 2016. Pengaruh pH, Dan Lama Fermentasi Terhadap Produksi Ethanol Dari Sargassum crassifolium. Jurnal Biology Science & Education 2017. Vol. 6, No. 1. hal.13-25.
Sunawan dan Sugiarto, 2020. Aplikasi Dosis Pupuk Urea Dan Umur Bibit Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Padi Ketan (Oryza sativa glutinosa .L). Jurnal Folium. Vol. 3, No. 2. hal. 96-107.
Published
2022-07-23