Implementasi User Satisfaction Model Dalam Mengukur Kualitas Website

  • Mardiana Mardiana S.Kom., M.Kom.
Keywords: Kepuasan Pengguna, Website, Kualitas, Pengukuran

Abstract

Kepuasan pengguna adalah keseluruhan evaluasi dari pengalaman pengguna dalam menggunakan sistem informasi dan dampak potensial dari sistem informasi. Green dan Pearson menyatakan tingkat kepuasaan pengguna pada suatu perangkat dapat diukur dengan berbagai faktor salah satunya dengan menggunakan model tingkat kepuasaan yang merumuskan empat variabel yang terdiri dari: Kemudahan, Personalisasi, Kecepatan Akses dan Penyajian Informasi.

Etos Indonusa merupakan perusahaan jasa pengendalian hama yang telah menggunakan website sebagai media informasi guna kepentingan pihak dalam maupun pihak luar perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan pengguna terhadap website PT. Etos Indonusa dengan menerapkan metode user satisfaction menurut Green dan Pearson menggunakan beberapa kriteria seperti ease of use, customization, download delay, dan content sehingga dapat diketahui seberapa besar tingkat kepuasan penggunanya. Hasil dari penelitian ini adalah interpretasi pengukuran di variabel content, pada item pertanyaan tentang infomasi yang disajikan masih dikategorikan cukup (60%), maka website masih perlu ditingkatkan dengan fokus pada content (isi materi) yang lebih spesifik, lengkap dan memenuhi kebutuhan pelanggan terkait informasi dan layanan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Yuhefizar, 2013, "Cara Mudah & Murah Membangun & Mengelola Website", Yogyakarta: Graha Ilmu.
[2] Amri, Z., Uska, M. Z. dan Dwiarianti. B. D., 2018 “Analisis Usability Website Universitas Hamzanwadi Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan User Satisfaction Model”, EDUMATIC J. Pendidik. Inform., Vol. 2, No. 2, pp. 15–23.
[3] Krisbiantoro, D., Suyanto. M. dan Taufiqluthfi. E., 2015, “Evaluasi Keberhasilan Implementasi Sistem Informasi Dengan Pendekatan Hot Fit Model (Studi Kasus : Perpustakaan STMIK AMIKOM Purwokerto)”, Konf. Nas. Sist. Inform., pp. 9–10.
[4] Noviandini, N. C., 2012, “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak Di Yogyakarta”, Nominal, Barom. Ris. Akunt. dan Manaj., Vol. 1, No. 1, pp. 15–22.
[5] Mardiana dan Hartati, E., 2019 “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi SISKEUDES Pada Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan”, MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 1, pp. 93–99, 2019.
[6] W. J. Doll and G. Torkzadeh, 1998, "The Measurement of End - User Computing Satisfaction", Vol. 12, No. 2.
[7] Fitriansyah, A., dan Harris, I., 2018, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)”, Query J. Sist. Inf., Vol. 2, No. 1, pp. 1–8.
[8] Pawirosumarto, S., Katidjan, P.S., dan Mulyanto, A.D., 2016, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-learning”, Mix J. Ilm. Manaj., Vol. 6, No. 3.
[9] Supriyatna, A., dan Maria, V., 2017 “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Djp Online Pelaporan Spt Pajak”, Pros. SNATIF, ISBN: 978-602-1180-50-1, pp. 147–154.
[10] Yusuf, M., 2017, "Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan", Edisi Pertama, Jakarta: Kencana.
[11] Handayani, F. S., 2014, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Web Student Portal Palcomtech”, Vol. 4, No. 1, pp. 307–319.
[12] Sudaryono, 2012, "Statistika Probabilitas Teori & Aplikasi", Yogyakarta: Andi.
[13] Ghozali, 2013, "Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21", Semarang: Universitas Diponegoro.
Published
2020-05-30
How to Cite
Mardiana, M. (2020). Implementasi User Satisfaction Model Dalam Mengukur Kualitas Website. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 19(2), 266-272. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v19i2.711
Section
Articles