Analisis Website Program Kreativitas Mahasiswa (PKM Center) Universitas Ahmad Dahlan Menggunakan WebQual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.1098Keywords:
WebQual, Kegunaan, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Interaksi, Kepuasan PenggunaAbstract
Dewasa ini, pihak individu dan organisasi telah memanfaatkan media website sebagai teknologi informasi untuk membagikan atau mendapatkan informasi secara mudah dalam waktu singkat. PKM Center Universitas Ahmad Dahlan telah menggunakan media website sebagai pelayanan lomba setiap mahasiswa, tetapi mendapatkan sejumlah masukan dari pengguna terkait tampilan website yang kurang atraktif, dan informasi yang disampaikan kurang aktual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis website PKM Center Universitas Ahmad Dahlan berdasarkan persepsi pengguna melalui pendekatan WebQual 4.0. Proses analisis diawali dengan menyusun hipotesis penelitian untuk mengkaji antara hubungan variabel independen yang terdiri dari kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas layanan interaksi terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pengguna. Proses kedua adalah menyusun, dan menguji instrumen penelitian melalui uji validitas dan uji reliabilitas oleh 30 mahasiswa. Proses ketiga adalah mendapatkan data primer melalui penyebaran instrumen kepada 130 mahasiswa. Proses terakhir adalah mengkaji hasil interpretasi responden melalui uji normalitas, uji korelasi uji-t, dan uji-f untuk pembuktian hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel independen secara parsial maupun simultan berkorelasi, dan berhubungan kuat terhadap variabel dependen.
Downloads
References
[2] D. Grewal, J. Hulland, P. K. Kopalle, and E. Karahanna, “The Future of Technology and Marketing: A Multidisciplinary Perspective,†Journal of the Academy of Marketing Science, vol. 48, no. 1, pp. 1–8, 2020.
[3] P. Sirikitsathian, S. Chaveesuk, and C. Sathitwiriyawong, “A Conceptual Framework for Better Understanding of Factors Influencing Accessibility to A Website and Its Acceptance by University Students with Visual Impairments,†in 9th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering (ICITEE), 2017, pp. 1–5.
[4] K. Marzuki, Apriani, and L. Z. A. Mardedi, “Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi E-Learning Pada Kampus Swasta Menggunakan Cobit 4.1,†Jurnal Bumigora Information Technology, vol. 1, no. 2, pp. 161–166, 2019.
[5] J. Tarigan, “User Satisfaction Using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET),†Akuntansi dan Keuangan, vol. 10, no. 1, pp. 34–47, 2008.
[6] E. T. Loiacono, R. T. Watson, and D. L. Goodhue, “WebQual: A Measure of Web Site Quality,†Marketing theory and Applications, vol. 13, pp. 432–438, 2002.
[7] S. J. Barnes and R. Vidgen, “WebQual: An Exploration of Website Quality,†in European Conference on Information System (ECIS), 2000, pp. 1–9.
[8] S. J. Barnes and R. Vidgen, “An Integrative Approach To The Assessment Of E-Commerce Quality,†Journal of Electronic Commerce Research, vol. 3, no. 3, pp. 114–127, 2002.
[9] S. J. Barnes and R. Vidgen, “Measuring Website Quality Improvements: A Case Study of The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange,†Industrial Management & Data Systems, vol. 103, no. 5, pp. 297–309, 2003.
[10] S. J. Barnes and R. Vidgen, “Data Triangulation in Action: Using Comment Analysis to Refine Web Quality Metrics,†in European Conference on Information System (ECIS), 2005, pp. 1–13.
[11] S. J. Barnes and R. Vidgen, “Interactive E-Government: Evaluating the Web Site of the UK Inland Revenue,†International Journal of Electronic Government Research, vol. 3, no. 1, pp. 19–37, 2007.
[12] F. Rindani and S. Puspitodjati, “Integration of Webqual Method to Importance Performance Analysis and Kano Model to Analyze System Quality of E-Government: Case Study LAPOR!,†Jurnal Sistem Informasi, vol. 16, no. 2, pp. 1–17, 2020.
[13] Maryani, B. Mahesworo, A. S. Perbangsa, and H. Hendarti, “User Interface Evaluation on Government Knowledge Management Portal Using Webqual 4.0,†in 2019 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 2019, pp. 244–249.
[14] N. A. Hidayah, A. Subiyakto, and F. Setyaningsih, “Combining Webqual and Importance Performance Analysis for Assessing A Government Website,†in 2019 7th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 2019, pp. 1–6.
[15] J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,†Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. 5, no. 1, pp. 23–31, 2019.
[16] N. Adellia and A. Prasetio, “Customer Perception Mapping Analysis of Indonesian E-Commerce Marketplace Sites Based on Attributes Usability, Site Design, Information Quality, Trust, and Empathy (Case study of Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Qoo10, and Rakuten),†in 4th International Conference on Cyber and IT Service Management, 2016, pp. 1–7.
[17] J. Hasanov and H. Khalid, “The Impact of Website Quality on Online Purchase Intention of Organic Food in Malaysia: A WebQual Model Approach,†Procedia Computer Science, vol. 72, pp. 382–389, 2015.
[18] D. Napitupulu, “Analysis of Factors Affecting The Website Quality (Study Case: XYZ University),†International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, vol. 7, no. 3, pp. 792–798, Jun. 2017.
[19] M. Faizal and A. Prasetio, “Users’ Expectation and Perception Gap Analysis of Telkom University Website with Modified WebQual 4.0 Method,†International Journal of Information Science and Management, vol. 18, no. 2, pp. 1–18, 2020.
[20] Rismayani and Y. J. W. Soetikno, “Using WebQual 4.0 For Measuring Quality of E-learning Services During COVID-19 Pandemic,†in 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), Oct. 2020, pp. 1–7.
[21] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung - Indonesia: Alfabeta, 2019.
[22] D. A. Trisliatanto, Metodologi Penelitian. Yogyakarta - Indonesia: ANDI OFFSET, 2020.
[23] V. W. Sujarweni, Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta - Indonesia: Pustaka Baru Press, 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Mardiana Mardiana, Implementasi User Satisfaction Model Dalam Mengukur Kualitas Website , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Eka Hartati, Ria Indriyani, Indah Trianingsih, Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 1 (2020)
- Fadhilah Dwi Ananda, Yoga Pristyanto, Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Layanan Internet Provider Menggunakan Algoritma Support Vector Machine , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
- Dedi Saputra, Haryani Haryani, Artika Surniandari, Martias Martias, Fajar Akbar, Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 2 (2022)
- Eddy Prasetyo Nugroho, Irawan Afrianto, Rini Nuraini Sukmana, Pengukuran Kelayakan Simulator Forensik Digital Menggunakan Metode Multimedia Mania , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 2 (2022)
- M. Khairul Anam, Bunga Nanti Pikir, Muhammad Bambang Firdaus, Susi Erlinda, Agustin Agustin, Penerapan Na ̈ıve Bayes Classifier, K-Nearest Neighbor (KNN) dan Decision Tree untuk Menganalisis Sentimen pada Interaksi Netizen dan Pemeritah , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 1 (2021)
- Safrian Aswati, M. Sabir Ramadhan, Ada Udi Firmansyah, Khairil Anwar, STUDI ANALISIS MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 16 No. 2 (2017)
- Ismarmiaty Ismarmiaty, Adam Bachtiar, ANALISIS PENGARUH VARIABEL MODEL UTAUT TERHADAP PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KOTA MATARAM , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 17 No. 1 (2017)
- Muhammad Ali Akbar Hutasuhut, Pahrul Irfan, Sistem Informasi Pemasaran Paket Tour Koperasi Karya Wisata Senggigi Berbasis Web , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 1 (2018)
- Mayadi Mayadi, Anthony Anggrawan, Pengembangan Sistem Informasi Pemantauan Harga Beras dan Gabah dengan Short Message Gateway , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 2 (2022)
You may also start an advanced similarity search for this article.