Sistem Informasi Pemasaran Paket Tour Koperasi Karya Wisata Senggigi Berbasis Web

  • Muhammad Ali Akbar Hutasuhut STMIK Bumigora Mataram
  • Pahrul Irfan STMIK Bumigora Mataram
Keywords: sistem informasi, pariwisata, koperasi, waterfall

Abstract

Sektor pariwisata sebagai kegiatan perekonomian telah menjadi andalan potensial dan prioritas pengembangan bagi sejumlah Negara.Terlebih bagi negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki potensi wilayah yang luas dengan daya tarik wisata yang cukup besar. Koperasi Karya Wisata Senggigi (KOPKARWIS) adalah sebuah koperasi yang bergerak dalam bidang pariwisata dengan menyediakan jasa Tour and Travel di daerah Senggigi. Masalah yang di hadapai Koperasi Karya Wisata Senggigi adalah tentang pemasaran paket-paket tour yang mereka tawarkan dan menghubungi driver/guide. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu Membangun sebuah Sistem Informasi Pemasaran Paket Tour Koperasi KARYA WISATA Senggigi Berbasis Web. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi menggunakan metodologi Waterfall, yaitu metode mengembangan perangkat lunak yang diawali dengan menganalisa kebutuhan perusahaan, membuat merancang, membangun aplikasi dengan tools, dan melakukan ujicoba pada pengguna. Hasil yang dicapai yaitu berupa Sistem Informasi Pemasaran Paket Tour Koperasi KARYA WISATA Senggigi yang dapat membantu operasional koperasi. Berdasarkan hasil quisioner yang diberikan kepada pengguna, aplikasi yang dibangun dapat dipahami dan mudah digunakan dalam memberikan informasi pemesanan serta meningkatkan pemesanan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Aplikasi Sistem Informasi Pemasaran Paket Tour Koperasi KARYA WISATA Senggigi Berbasis Web telah berhasil dibangun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. P. R. Indonesia, RENCANA STRATEGIS KEMENTERIAN PARIWISATA TAHUN 2015-2019. Indonesia, 2015
[2] Roger S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7 : Buku 1, 7th ed. Yogyakarta: Andi Publisher, 2012
[3] A. T. Wibowo and L. Yulianto, “Pembuatan Website Biro Perjalanan Wisata Dita Tours Pacitan,” in Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer, 2013, pp. 1–6
[4] M. K. Tri Handoyo and S. K. Wahyu Priyoatmoko, “Rancang Bangun Sistem Informasi Obyek Wisata Di Kabupaten Semarang,” J. Inf. Pengemb. Iptek, vol. 10, no. 2, pp. 21–37, 2014
[5] Fatansyah, Basis Data – Revisi Kedua, 2nd ed. Bandung: Informatika, 2015
[6] W. Budiaji, “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale),” J. Ilmu Pertan. dan Perikan. Desember, vol. 2, no. 2 Hal, pp. 127–133, 2013.
Published
2018-11-30
How to Cite
Hutasuhut, M. A., & Irfan, P. (2018). Sistem Informasi Pemasaran Paket Tour Koperasi Karya Wisata Senggigi Berbasis Web. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(1), 86-96. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v18i1.322
Section
Articles