Pengaruh Penggunaan Media Sosial pada Penggunaan Pembelajaran berbasis Mobile SI-BAJAKAH
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v21i2.1689Keywords:
Aplikasi Mobile, Interaksi Manusia Komputer, Pembelajaran Berbasis Mobile, Sekolah Menengah, SI-BAJAKAHAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi bagaimana faktor usia dan gender serta kondisi lingkungan sosial kemasyarakatan akan mempengaruhi penggunaan pembelajaran berbasis teknologi yaitu pada aplikasi SI-BAJAKAH. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengedarkan kuisioner kepada 414 siswa SMP, SMA, dan SMK. Adapun metode statistik yang dilakukan adalah Analisis Varians (ANOVA) dan Uji-t sample independen. Metode pertama untuk membandingkan 3 variabel yang berbeda dalam penelitian ini, sedangkan metode kedua ini sangat penting untuk mengetahui apakah ada signifikansi statistik antara dua kelompok yang saling tidak terkait, dalam hal ini laki-laki dan perempuan adalah dua variabel independen. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya perbedaan usia dan gender dan faktor lingkungan sosial dari para siswa tersebut yang menghasilkan persepsi positif dalam implementasi pembelajaran menggunakan aplikasi SI-BAJAKAH ini. Rekomendasi untuk penelitian yang akan datang adalah penelitian tentang metode peningkatan kualitas implementasi aplikasi SI-BAJAKAH agar lebih baik lagi.
Downloads
References
[2] M. R. L. Alhafidz and A. Haryono, “Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi,†J. Pendidik. Ekon., vol. 11, no. 2, pp. 118–124, 2018.
[3] M. Japar, I. Irawaty, S. Syarifa, and D. N. Fadhillah, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PPKn SMP,†J. Karya Abdi Masy., vol. 4, no. 2, pp. 264–269, 2020.
[4] H. S. Zainiyati, Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis ICT. Kencana, 2017.
[5] B. Setiaji and P. A. C. Dinata, “Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19,†J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, pp. 59–70, 2020.
[6] D. E. Myori, K. Chaniago, R. Hidayat, F. Eliza, and R. Fadli, “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android,†JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 2, pp. 102–109, 2019.
[7] M. N. El Ghiffary, “Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride).†Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.
[8] J. DALLE, A. A. Mutalib, N. Shaari, and S. N. A. Salam, “Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer.†Rajawali Pers, 2019.
[9] F. T. S. Butarbutar and Y. Haryanto, “Kajian Signifikansi Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E-Learning pada Siswa SMK Global Informatika Tangerang,†J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2017.
[10] N. A. Rahma and H. Pujiastuti, “Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Cilegon [The Effectiveness Of Mathematics Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Cilegon City],†JOHME J. Holist. Math. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 1–12, 2021.
[11] William Morton Wheeler, “My EndNote Library.†p. 7, 1891, doi: 10.1073/pnas.0602033103.
[12] M. E. Y. Fitri and L. Chairoel, “Penggunaan media sosial berdasarkan gender terhadap prestasi belajar mahasiswa,†J. Benefita, vol. 4, no. 1, pp. 162–181, 2019.
[13] M. E. Noor, W. Hardyanto, and H. Wibawanto, “Penggunaan E-Learning dalam pembelajaran berbasis proyek di SMA Negeri 1 Jepara,†Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 1, pp. 17–26, 2017.
[14] T. Soedarto, F. P. Aditiawan, and H. E. Wahanani, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur Dalam Penerimaan Dan Penggunaan Elearning Dengan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Berdasarkan Gender Dan Usia,†SCAN-Jurnal Teknol. Inf. dan Komun., vol. 13, no. 2, pp. 25–27, 2018.
[15] A. Nurkhin, “Analysis of Factors Affecting Behavioral Intention to Use E-Learning Uses the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Approach,†KnE Soc. Sci., pp. 1005–1025, 2020.
[16] M. Yaumi, Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana, 2017.
[17] M. A. Bakri, “Studi Awal Implementasi Internet Of Things Pada Bidang Pendidikan,†JREC (Journal Electr. Electron., vol. 4, no. 1, pp. 18–23, 2016.
[18] D. U. Hidayah and P. Subarkah, “Media Pembelajaran Tentang Klasifikasi Binatang Berbasis Video Animasi 3 Dimensi di SMP Negeri 2 Wangon,†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., pp. 45–52, 2019.
[19] I. S. Windiarti, “Kajian Literatur Trend Penelitian Di Bidang Informatika Dan Komputer Untuk Dosen Dan Mahasiswa,†J. Sains Komput. Dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 114–118, 2021.
[20] A. B. Wijaya, S. Suliswaningsih, and A. D. Pritama, “Meningkatkan Rasa Nasionalisme Siswa Melalui Game Base Learning,†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., pp. 196–204, 2019.
[21] G. Setyaningsih, M. A. W. Prasetyo, and D. U. Hidayah, “Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran pada SMP N 1 Nusawungu Berbasis Smartphone Android,†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., pp. 246–256, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Suwardi Annas, Bobby Poerwanto, Sapriani Sapriani, Muhammad Fahmuddin S, Implementation of K-Means Clustering on Poverty Indicators in Indonesia , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 2 (2022)
- Sri Ayu Rosiva Srg, Muhammad Zarlis, Wanayumini Wanayumini, Klasifikasi Citra Daun dengan GLCM (Gray Level Co-Occurence) dan K-NN (K-Nearest Neighbor) , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 2 (2022)
- Saiful Nur Arif, Muhammad Dahria, Sarjon Defit, Dicky Novriansyah, Ali Ikhwan, Implementation of Single Linked on Machine Learning for Clustering Student Scientific Fields , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 1 (2022)
- William Barkem, Jeckson Sidabutar, Digital Forensic Analysis of WhatsApp Business Applications on Android-Based Smartphones Using NIST , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 3 (2023)
- Syafri Arlis, Muhammad Reza Putra, Musli Yanto, Improved Image Segmentation using Adaptive Threshold Morphology on CT-Scan Images for Brain Tumor Detection , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 3 (2024)
- Imanuddin Imanuddin, Fachrid Alhadi, Raza Oktafian, Ahmad Ihsan, Deteksi Mata Mengantuk pada Pengemudi Mobil Menggunakan Metode Viola Jones , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)
- Muhammad Alkaff, Husnul Khatimi, Andi Eriadi, Sistem Rekomendasi Buku pada Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Menggunakan Metode Content-Based Filtering , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 1 (2020)
- Abednego Dwi Septiadi, Luky Sufra Alfarizi, Pemanfaatan E-KTP Sebagai Alat Bantu Sistem Kehadiran Pegawai dalam Penanggulangan Penyebaran Covid-19 , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 1 (2020)
- Khairunnisak Nur Isnaini, Didit Suhartono, Evaluation of Basic Principles of Information Security at University Using COBIT 5 , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 2 (2022)
- Tjut Awaliyah Zuraiyah, Sufiatul Maryana, Asep Kohar, Automatic Door Access Model Based on Face Recognition using Convolutional Neural Network , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 1 (2022)
You may also start an advanced similarity search for this article.