Pemetaan Kata Kunci dan Polaritas Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Kehalalan Produk
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v21i1.1162Keywords:
Sentimen Analysis, Halal, Polarity, ClassificationAbstract
Kehalalan menjadi trend dunia sehingga kehalalan menjadi standar mutu suatu produk terutama makanan dan minuman untuk konsumen muslim dan nonmuslim. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memetakan kata kunci dan polaritas opini pengguna twitter terhadap kehalalan produk secara global. Data twitter digali dan dipersiapkan dengan text mining pada Rstudio yang selanjutnya dianalisis polaritas dengan naïve bayes classifier. Preprosesing data yang dilakukan meliputi penghapusan duplikasi tweet, tokenisasi, penghapusan stopword dan pencarian akar kata. Pemetaan kata kunci dilakukan dari hasil bar plot yang dihasilkan. Kata kunci ini memberikan gambaran apa saja yang diperhatikan oleh pengguna twitter yang berkaitan dengan kehalalan suatu produk terutama produk pangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata kunci utama dari opini di twitter terkait kehalalan produk adalah produk, makanan, minuman, garansi, dan lingkungan. Selain itu polaritas opini menunjukkan bahwa trend kehalalan produk ini diapresiasi positif oleh mayoritas pengguna Twitter yakni sebsar 70%, 16% bersifat netral, dan lainnya negatif. Hal ini memberikan peluang usaha dalam bidang pangan halal di pasar global dan harapannya dapat memotivasi pengusaha untuk mensertifikasi halal produknya.
Downloads
References
[2] H. B. Jaiyeoba, M. A. Abdullah, and A. R. Dzuljastri, “Halal certification mark, brand quality, and awareness: Do they influence buying decisions of Nigerian consumers?,†J. Islam. Mark., vol. 11, no. 6, pp. 1657–1670, 2019, doi: 10.1108/JIMA-07-2019-0155.
[3] A. S. M. Shahabuddin, M. E. A. Sukor, and N. H. Hashim, “Product-centric halal business: a critique from an Islamic perspective,†J. Islam. Mark., vol. 11, no. 6, pp. 1707–1724, 2020, doi: 10.1108/JIMA-06-2019-0129.
[4] S. A. A. Shah, R. Sukmana, B. A. Fianto, M. A. Ahmad, I. U. Usman, and W. A. Mallah, “Effects of Halal social media and customer engagement on brand satisfaction of Muslim customer: Exploring the moderation of religiosity,†J. Islam. Mark., vol. 11, no. 6, pp. 1671–1689, 2019, doi: 10.1108/JIMA-06-2019-0119.
[5] R. M. Malau, W. Windia, and D. G. Agung, “Faktor-faktor yang Menentukan Keputusan Konsumen dalam Pembelian dan Konsumsi Smoothie Bowl di Restoran Nalu Bowls Seminyak,†vol. 8, no. 3, pp. 341–350, 2019.
[6] M. W. Wibowo and F. S. Ahmad, “Non-Muslim Consumers’ Halal Food Product Acceptance Model,†Procedia Econ. Financ., vol. 37, no. 16, pp. 276–283, 2016, doi: 10.1016/s2212-5671(16)30125-3.
[7] R. Nurrachmi, “The Global Development of Halal Food Industry: A Survey Halal industry is the latest trend in the world market,†Tazkia Islam. Financ. Bus. Rev., vol. 11, no. 1, pp. 41–56, 2017.
[8] Clement, “Leading countries based on number of Twitter users as of July 2019 (in millions),†2019. https://www.statista.com/statistics/242606/number-of-active-twitter-users-in-selected-countries/.
[9] A. Hasan, S. Moin, A. Karim, and S. Shamshirband, “Machine Learning-Based Sentiment Analysis for Twitter Accounts,†Math. Comput. Appl., vol. 23, no. 1, p. 11, 2018, doi: 10.3390/mca23010011.
[10] P. Y. Saputra, “Implementasi Teknik Crawling untuk Pengumpulan Data dari Media Sosial Twitter,†Din. Dotcom, vol. 8, pp. 160–168, 2017.
[11] A. Erfina, E. S. Basryah, A. Saepulrohman, and D. Lestari, “Analisis Sentimen Aplikasi Pembelajaran Online Di Play Store Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,†Semin. Nas. Inform., vol. 2020, no. Semasif, pp. 145–152, 2020.
[12] A. P. Giovani, A. Ardiansyah, T. Haryanti, L. Kurniawati, and W. Gata, “Analisis Sentimen Aplikasi Ruang Guru Di Twitter Menggunakan Algoritma Klasifikasi,†J. Teknoinfo, vol. 14, no. 2, p. 115, 2020, doi: 10.33365/jti.v14i2.679.
[13] A. Faesal, A. Muslim, A. H. Ruger, and K. Kusrini, “Sentimen Analisis Terhadap Komentar Konsumen Terhadap Produk Penjualan Toko Online Menggunakan Metode K-Means,†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 2, pp. 207–213, 2020, doi: 10.30812/matrik.v19i2.640.
[14] B. Liu, Handbook of Natural Language Processing, chapter Sentiment Analysis and Analysis, 2nd Editio. Boca Raton: CRC Press, 2010.
[15] M. M. Mostafa, “Mining and mapping halal food consumers: A geo-located Twitter opinion polarity analysis,†J. Food Prod. Mark., vol. 24, no. 7, pp. 858–879, 2018, doi: 10.1080/10454446.2017.1418695.
[16] M. M. Mostafa, “Clustering halal food consumers: A Twitter sentiment analysis,†Int. J. Mark. Res., vol. 61, no. 3, pp. 320–337, 2019, doi: 10.1177/1470785318771451.
[17] A. Feizollah, S. Ainin, N. B. Anuar, N. A. B. Abdullah, and M. Hazim, “Halal Products on Twitter: Data Extraction and Sentiment Analysis Using Stack of Deep Learning Algorithms,†IEEE Access, vol. 7, pp. 83354–83362, 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2923275.
[18] S. Ainin, A. Feizollah, N. B. Anuar, N. A. B. Abdullah, and M. N. F. Sahran, “Examining what people tweet in relation to halal cosmetics-related topics,†Cogent Arts Humanit., vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.1080/23311983.2020.1724593.
[19] W. Susilawati, R. N. Aulia, D. T. Alamanda, A. Ramdani, and A. Kurniasih, “Analisis Persepsi Warganet Mengenai Halal Menggunakan Twitter,†in In Seminar Nasional Teknologi Informasi, 2019, vol. 2, pp. 49–56.
[20] G. Miner, D. Delen, E. I. J, F. A, H. T, and N. R. A, Practical Text Mining and Statistical Analysis for NonStructured Text Data Applications. Oxford: Elsevier., 2012.
[21] A. M. Pudjajana and D. Manongga, “Sentimen Analisis Tweet Pornografi Kaum Homoseksual Indonesia Di Twitter Dengan Naive Bayes,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 313–318, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1922.
[22] Bing Liu, “Sentiment Analysis and Subjectivity,†in Hanbook of Natural Language Processing Second Edition, 2nd ed., R. Herbrich and T. G, Eds. Cambridge: Champman & Hall/CRC, 2010, pp. 627–661.
[23] M. Ilyas, “Sertifikasi dan Labelisasi Produk Halal Perspektif Maslahat,†J. Al-Qadau Peradil. dan Huk. Kel. Islam, vol. 4, no. 2, p. 357, 2018, doi: 10.24252/al-qadau.v4i2.5682.
[24] C. G. Sevilla, Research Methods. Quezon City: Rex Printing Company, 2007.
[25] M. S. Hidayatullah, “Sertifikasi dan Labelisasi Halal Pada Makanan dalam Perspektif Hukum Islam (Perspektif Ayat Ahkam),†YUDISIA J. Pemikir. Huk. dan Huk. Islam, vol. 11, no. 2, p. 251, 2020, doi: 10.21043/yudisia.v11i2.8620.
[26] J. M. Partridge et al., “Susceptibility and outcome in MS: Associations with polymorphisms in pigmentation-related genes,†Neurology, vol. 62, no. 12, pp. 2323–2325, 2004, doi: 10.1212/WNL.62.12.2323.
[27] R. M. Yunos, C. F. C. Mahmood, and N. H. A. Mansor, “Understanding Mechanisms to Promote Halal Industry-The Stakeholders’ Views,†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 130, pp. 160–166, 2014, doi: 10.1016/j.sbspro.2014.04.020.
[28] E. Leopold, M. May, and G. Paaß, “Data Mining and Text Mining for Science & Technology Research,†Handb. Quant. Sci. Technol. Res., pp. 187–213, 2006, doi: 10.1007/1-4020-2755-9_9.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Dimas Afryzal Hanan, Ario Yudo Husodo, Regania Pasca Rassy, Sentiment Study of ChatGPT on Twitter Data with Hybrid K-Means and LSTM , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 2 (2025)
- Donny Kurniawan, Anthony Anggrawan, Hairani Hairani, Graduation Prediction System on Students Using C4.5 Algorithm , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Putri Jafar, Dolly Indra, Fitriyani Umar, Color Feature Extraction for Grape Variety Identification: Naïve Bayes Approach , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 3 (2024)
- Bambang Krismono Triwijoyo, SEGMENTASI CITRA PEMBULUH DARAH RETINA MENGGUNAKAN METODE DETEKSI GARIS MULTI SKALA , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 15 No. 1 (2015)
- Wilda Imama Sabilla, Mamluatul Hani'ah, Ariadi Retno Tri Hayati Ririd, Astrifidha Rahma Amalia, Proliferative Diabetic Retinopathy Detection Using Convolutional Neural Network with Enhanced Retinal Image , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 25 No. 1 (2025)
- Didih Rizki Chandranegara, Faras Haidar Pratama, Sidiq Fajrianur, Moch Rizky Eka Putra, Zamah Sari, Automated Detection of Breast Cancer Histopathology Image Using Convolutional Neural Network and Transfer Learning , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 3 (2023)
- Annisa’ul Mubarokah, Rita Ambarwati, Dedy Dedy, Mashhura Toirхonovna Alimova, Unsafe Conditions Identification Using Social Networks in Power Plant Safety Reports , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 2 (2024)
- Magdalena Ariance Ineke Pakereng, Alz Danny Wowor, Yos Richard Beeh, Felix David, Erwien Christianto, Vincent Exelcio Susanto, Claudio Canavaro, Square Transposition Method with Adaptive Key Flexibility and Strong Diffusion Performance , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 3 (2025)
- Yuniansyah Yuniansyah, Andri Saputra, PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATAKULIAH GRAFIK KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE ADDIE , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 17 No. 1 (2017)
- Alya Masitha, Muhammad Kunta Biddinika, Herman Herman, K Value Effect on Accuracy Using the K-NN for Heart Failure Dataset , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 3 (2023)
You may also start an advanced similarity search for this article.
.png)











