Penerapan Na ̈ıve Bayes Classifier, K-Nearest Neighbor (KNN) dan Decision Tree untuk Menganalisis Sentimen pada Interaksi Netizen dan Pemeritah
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v21i1.1092Keywords:
komentar netizen, analisis sentimen, Naïve Bayes Classifier (NBC), K-Nearest Neighbor (KNN), Decision treeAbstract
Pemerintah Pekanbaru saat ini sudah menerapkan teknologi dalam sistem pemerintahan, penerapannya saat ini masih mendapat keluhan dari masyarakat seperti layanan publik command center yang hanya sebagian masyarakat mengetahuinya dan penerapan cctv yang ada di Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) yang belum berfungsi dengan baik. Penerapan teknologi lainnya oleh Pemerintah Pekanbaru dapat kita lihat dari keberadaan portal-portal web situs resmi Pemerintah. Sedangkan untuk melihat beragam komentar netizen dari twitter. Twitter menjadi tempat untuk mendapatkan data yang diungkapkan masyarakat melalui tweets yang diposting ke timeline. Analisa sentimen dilakukan untuk melihat pendapat atau kecenderungan opini netizen terhadap pemerintah Pekanbaru yang mengandung sentimen positif, negatif, dan netral. Data yang digunakan adalah tweet dengan jumlah dataset sebanyak 150 tweets. Data tersebut kemudian di analisa agar menjadi informasi. Analisa dilakukan menggunakan metode data mining yaitu Naïve Bayes Classifier, K-Nearest Neighbor (KNN), dan Decision tree. Penggunaan ketiga pendekatan ini berupaya untuk mengkategorikan hasil komentar netizen terkait penggunaan teknologi yang telah melalui proses analisis sentimen dan membandingkan keakuratan ketiga cara tersebut. Hasil akurasi yang didapatkan cukup beragam yaitu dari metode Naïve Bayes akurasi 100%, metode KKN akurasi 98,25%, dan metode decision tree akurasi 62,28%.
Downloads
References
[2] Ruswana, “Titik Promosi Strategis di Kota Pekanbaru,†swastikaadvertising.com, 2020. https://swastikaadvertising.com/titik-promosi-strategis-di-kota-pekanbaru/ (accessed Sep. 24, 2020).
[3] I. Gamayanto, F. E. Nilawati, and - Suharnawi, “Pengembangan dan Implementasi dari Wise Netizen (E-Comment) di Indonesia,†Techno.Com, vol. 16, no. 1, pp. 80–95, 2017, doi: 10.33633/tc.v16i1.1323.
[4] M. K. Anam, “Analisis Respons Netizen Terhadap Berita Politik Di Media Online,†J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 14–21, 2017, doi: 10.35329/jiik.v3i1.62.
[5] Mulawarman and A. D. Nurfitri, “Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan,†Bul. Psikol., vol. 25, no. 1, pp. 36–44, 2017, doi: 10.22146/buletinpsikologi.22759.
[6] I. Rozi, S. Pramono, and E. Dahlan, “Implementasi Opinion Mining (Analisis Sentimen) Untuk Ekstraksi Data Opini Publik Pada Perguruan Tinggi,†J. EECCIS, vol. 6, no. 1, pp. 37–43, 2012.
[7] A. Suryanto et al., “Optimasi Naive Bayes Menggunakan Optimize Weights dan Stratified Pada Data Kredit Operasi,†J. Mantik, vol. 3, no. 1, pp. 211–219, 2019.
[8] A. Pattekari, S.A.; Parveen, “Prediction system for heart disease using Naïve Bayes,†Int. J. Adv. Comput. Math. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 290–294, 2012.
[9] G. Wahyuningtyas, I. Mukhlash, and Soetrisno, “Aplikasi Data Mining untuk Penilaian Kredit Menggunakan Metode Fuzzy Decision Tree,†J. Sains Dan Seni Pomits, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2014.
[10] Y. Sunoto and B. Wasito, “Analisis Testimonial Wisatawan Menggunakan Text Mining Dengan Metode Naive Bayes Dan Decision Tree , Studi Kasus Pada Hotel – Hotel Di Jakarta,†J. Inform. dan Bisnis Anal., vol. 3, no. 2, pp. 39–49, 2014.
[11] A. Deviyanto and M. D. R. Wahyudi, “Penerapan Analisis Sentimen Pada Pengguna Twitter Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor,†JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 3, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.14421/jiska.2018.31-01.
[12] Y. Cahyono, “Analisis Sentiment pada Sosial Media Twitter Menggunakan Naїve Bayes Classifier dengan Feature Selection Particle Swarm Optimization dan Term Frequency,†J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 2, no. 1, p. 14, 2017, doi: 10.32493/informatika.v2i1.1500.
[13] Y. S. Mahardhika and E. Zuliarso, “Analisis Sentimen Terhadap Pemerintahan Joko Widodo Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naives Bayes,†in Prosiding SINTAK 2018, 2018, pp. 409–413.
[14] F. Nurhuda and S. W. Sihwi, “Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Calon Presiden Indonesia 2014 berdasarkan Opini dari Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,†ITSmart J. Ilm. Teknol. dan Inf., vol. 2, no. 2, pp. 35–42, 2013.
[15] S. W. U. Vitandy, A. A. Supianto, and F. A. Bachtiar, “Analisis Sentimen Evaluasi Kinerja Dosen menggunakan Term Frequency- Inverse Document Frequency dan Naïve Bayes Classifier,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, 2019.
[16] B. Gunawan, H. S. Pratiwi, and E. E. Pratama, “Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes,†J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 4, no. 2, p. 113, 2018, doi: 10.26418/jp.v4i2.27526.
[17] F. V. Sari and A. Wibowo, “Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd. Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 681–686, 2019, doi: https://doi.org/10.24176/simet.v10i2.3487.
[18] V. A. Permadi, “Analisis Sentimen Menggunakan Algoritma Naive Bayes Terhadap Review Restoran di Singapura,†J. Buana Inform., vol. 11, no. 2, p. 140, 2020, doi: 10.24002/jbi.v11i2.3769.
[19] M. Syarifuddin, “Analisis Sentimen Opini Publik Terhadap Efek Psbb Pada Twitter Dengan Algoritma Decision Tree-Knn-Naïve Bayes,†INTI Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 87–94, 2020, doi: 10.33480/inti.v15i1.1433.
[20] R. Puspita and A. Widodo, “Perbandingan Metode KNN, Decision Tree, dan Naïve Bayes Terhadap Analisis Sentimen Pengguna Layanan BPJS,†J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 4, p. 646, 2021, doi: 10.32493/informatika.v5i4.7622.
[21] N. T. Romadloni, I. Santoso, and S. Budilaksono, “Perbandingan Metode Naive Bayes , Knn Dan Decision Tree Terhadap Analisis Sentimen Transportasi Krl,†J. IKRA-ITH Inform., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2019.
[22] A. Salam, J. Zeniarja, and R. S. U. Khasanah, “ANALISIS SENTIMEN DATA KOMENTAR SOSIAL MEDIA FACEBOOK DENGAN K-NEAREST NEIGHBOR ( STUDI KASUS PADA AKUN JASA,†in Prosiding SINTAK, 2018, pp. 480–486.
[23] Z. U. Siregar, R. R. A. Siregar, and R. Arianto, “Klasifikasi Sentiment Analysis Pada Komentar Peserta Diklat Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor,†Kilat, vol. 8, no. 1, pp. 81–92, 2019, doi: 10.33322/kilat.v8i1.421.
[24] M. K. Anam, T. P. Lestari, L. B. Firdaus, and S. Fadli, “Analisis Kesiapan Masyarakat Pada Penerapan Smart City di Sosial Media Menggunakan SNA,†J. RESTI (Rekayasa, vol. 5, no. 1, pp. 69–81, 2021, doi: https://doi.org/10.29207/resti.v5i1.2742.
[25] H. Juanda, “Media Sosial Sebagai Penyebarluasan Informasi Pemerintah Aceh,†J. Peurawi, vol. 1, no. 1, pp. 1–22, 2017, doi: 10.22373/jp.v1i1.1988.
[26] E. Novianti, A. Ruchiyat Nugraha, L. Komalasari, K. Komariah, and S. Rejeki, “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran),†AL MUNIR J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 11, no. 1, pp. 48–59, 2020, doi: https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.1499.
[27] Yovinus, “Peran Komunikasi Publik Media Sosial dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bandung,†J. Acad. Praja, vol. 1, no. 1, pp. 185–211, 2018, doi: https://doi.org/10.36859/jap.v1i01.47.
[28] C. M. Zellatifanny, “Respon Pengguna Twitter terhadap Regulasi Pengendalian Akses Ponsel Ilegal melalui Validasi IMEI (Twitter User’s Response to Regulation of Contraband Cell Phone Access Control through IMEI Validation),†J. IPTEKKOM J. Ilmu Pengetah. Teknol. Inf., vol. 21, no. 2, p. 139, 2019, doi: 10.33164/iptekkom.21.2.2019.139-154.
[29] R. Cahyani, I. S. Rozas, and N. Yalina, “Analisis Sentimen Pada Media Sosial Twitter Terhadap Tokoh Publik Peserta Pilpres 2019,†MATICS J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 12, no. 1, pp. 46–54, 2020, doi: 10.18860/mat.v12i1.8356.
[30] E. Fitri, Y. Yulian, S. Rosyida, and W. Gata, “Analisis Sentimen Terhadap Aplikasi Ruangguru Menggunakan Algoritma Naive Bayes, Random Forest Dan Support Vector Machine,†J. Transform., vol. 18, no. 1, p. 71, 2020, doi: 10.26623/transformatika.v18i1.2317.
[31] P. M. Prihatini, “Implementasi Ekstraksi Fitur Pada Pengolahan Dokumen Berbahasa Indonesia,†J. Matrix, vol. 6, no. 3, pp. 174–178, 2016.
[32] R. R. Rerung, “Penerapan Data Mining dengan Memanfaatkan Metode Association Rule untuk Promosi Produk,†J. Teknol. Rekayasa, vol. 3, no. 1, p. 89, 2018, doi: 10.31544/jtera.v3.i1.2018.89-98.
[33] A. N. Ulfah and M. K. Anam, “Analisis Sentimen Hate Speech Pada Portal Berita Online Menggunakan Support Vector Machine (SVM),†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i1.196.
[34] W. A. Luqyana, I. Cholissodin, and R. S. Perdana, “Analisis Sentimen Cyberbullying Pada Komentar Instagram dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 11, pp. 4704–4713, 2018.
[35] M. Adriani, J. Asian, B. Nazief, and S. M. . Tahaghoghi, “Stemming Indonesian: A Confi x-Stripping Approach,†ACM Trans. Asian Lang. Inf. Process., vol. 6, no. 4, 2007, doi: 10.1145/1316457.1316459.
[36] A. Deolika, K. Kusrini, and E. T. Luthfi, “Analisis Pembobotan Kata Pada Klasifikasi Text Mining,†J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, p. 179, 2019, doi: 10.36294/jurti.v3i2.1077.
[37] A. T. Ni’mah and A. Z. Arifin, “Perbandingan Metode Term Weighting terhadap Hasil Klasifikasi Teks pada Dataset Terjemahan Kitab Hadis,†Rekayasa, vol. 13, no. 2, pp. 172–180, 2020, doi: 10.21107/rekayasa.v13i2.6412.
[38] R. R. Waliyansyah and C. Fitriyah, “Perbandingan Akurasi Klasifikasi Citra Kayu Jati Menggunakan Metode Naive Bayes dan k-Nearest Neighbor (k-NN),†J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, p. 157, 2019, doi: 10.26418/jp.v5i2.32473.
[39] M. A. Maricar and Dian Pramana, “Perbandingan Akurasi Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor pada Klasifikasi untuk Meramalkan Status Pekerjaan Alumni ITB STIKOM Bali,†J. Sist. dan Inform., vol. 14, no. 1, pp. 16–22, 2019, doi: 10.30864/jsi.v14i1.233.
[40] R. N. Devita, H. W. Herwanto, and A. P. Wibawa, “Perbandingan Kinerja Metode Naive Bayes dan K-Nearest Neighbor untuk Klasifikasi Artikel Berbahasa indonesia,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 4, p. 427, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201854773.
[41] N. A. Setifani, D. N. Fitriana, and A. Yusuf, “Perbandingan Algoritma Naïve Bayes, Svm, Dan Decision Tree Untuk Klasifikasi Sms Spam,†JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 5, no. 02, pp. 153–160, 2020, doi: 10.32767/jusim.v5i02.956.
[42] Y. Asri, “Analisa Perbandingan Keputusan Metode Klasifikasi Decision Tree dan Naive Bayes Dalam Penentuan Diagnosa Hipertensi,†J. Kaji. Ilmu dan Teknol., vol. 4, pp. 41–46, 2015.
[43] A. M. Raya, F. Nurbaiti, and D. Sofia, “Klasifikasi Sentimen Masyarakat Terhadap Kenaikan Harga Tiket Pesawat Pada Twitter Menggunakan Naive Bayes,†Instek, vol. 4, no. 2, pp. 239–246, 2019.
[44] S. Saidah and J. Mayary, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Dompet Elektronik Dengan Metode Lexicon Based Dan K – Nearest Neighbor,†J. Ilm. Inform. Komput., vol. 25, no. 1, pp. 1–17, 2020, doi: 10.35760/ik.2020.v25i1.2411.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Ni Gusti Ayu Dasriani, Sirojul Hadi, Moch Syahrir, Intelligent System for Internet of Things-Based Building Fire Safety with Naive Bayes Algorithm , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 1 (2023)
- Ahmat Adil, Perancangan Spasial Pengembangan Potensi Produk Kerajinan berbasis Pemukiman di Taman Nasional Komodo , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 1 (2018)
- Putri Jafar, Dolly Indra, Fitriyani Umar, Color Feature Extraction for Grape Variety Identification: Naïve Bayes Approach , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 3 (2024)
- Dinan Yulianto, Taufiq Ismail, Analisis Website Program Kreativitas Mahasiswa (PKM Center) Universitas Ahmad Dahlan Menggunakan WebQual 4.0 , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
- Ahmat Adil, Bambang Krismono Triwijoyo, Sistem Informasi Geografis Pemetaan Jaringan Irigasi dan Embung di Lombok Tengah , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
- Toni Anwar, Jeffri Prayitno Bangkit, Andri Laksono, Sistem Informasi Geografis Pemanfaatan Aset Tanah Daerah Di Dinas Perumahan Dan Pemukiman Kabupaten Purbalingga , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Ismarmiaty Ismarmiaty, Adam Bachtiar, ANALISIS PENGARUH VARIABEL MODEL UTAUT TERHADAP PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KOTA MATARAM , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 17 No. 1 (2017)
- Dedi Setiadi, Yogi Isro Mukti, Electronic Tourism Using Decision Support Systems to Optimize the Trips , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 1 (2023)
- Supangat Supangat, Mohd Zainuri Bin Saringat, Mochamad Yovi Fatchur Rochman, Predicting Handling Covid-19 Opinion using Naive Bayes and TF-IDF for Polarity Detection , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 2 (2023)
- Hermila A., Rahmat Taufik R. L Bau, Sitti Suhada, Abdulaziz Ahmed siyad, Predicting Gen Z’s Sentiments on Gorontalo’s CulturalWisdom UsingSentiment Analysis Models , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 2 (2025)
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Lusiana Efrizoni, Junadhi Junadhi, Agustin Agustin, Optimization of Content Recommendation System Based on User Preferences Using Neural Collaborative Filtering , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 2 (2025)
- M. Khairul anam, Esi Tri Emerlada, Susi Erlinda, Tashid Tashid, Torkis Nasution, The Application of Usability Testing to Analyze the Quality of Android-Based Acupressure Smart Chair Applications , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 2 (2023)