PENGARUH PEMBERIAN TUGAS RUMAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN IPS AKUNTANSI

  • ikang murapi universitas bumigora
  • Basarudin Basarudin Universitas Bumigora
  • Firnando Yogha Satria Dwiana Universitas Bumigora
Keywords: Tugas Rumah dan Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian tugas rumah terhadap peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI SMUN I Praya Tahun Pelajaran 2019/2020. Desain yang digunakan dalam  penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan penelitian menggunakan pre-test post-test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua yang menjadi populasi sebanyak 2 kelas yang berjumlah 74 orang dengan rincian 36 orang siswa dan 38 siswi karena jumlahnya kurang dari 100 orang maka semua populasi langsung menjadi sampel. Peneliti juga menggunakan beberapa instrumen dalam mengumpulkan data yaitu  pedoman observasi, pedoman dokumentasi,dan test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan peningkatan prestasi belajar siswa yang cukup signifikan, hal ini dapat dilihat dari analisis data yang menggunakan analisa statistik dan mendapatkan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dimana t hitungnya sebesar 7,64 setelah dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5 % didapatkan nilai t tabel sebesar 1,98. Dengan demikian penggunaan metode tugas rumah berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMUN 1 Praya Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020.

Published
2020-09-30
Section
Articles