Analisis Metode Pengakuan Pendapatan Dan Beban Atas Perusahaan Real Estate Pada PT. Maura Lombok Sesuai Dengan PSAK No. 44

  • Oki Astarini
Keywords: beban, full accrual method, pendapatan, percentage of completion method

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Maura Lombok yang merupakan perusahaan properti yang mengelola bidang pengembangan perumahan, tanah kavling dan, pembangunan (kontraktor). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pengakuan pendapatan dan beban PT Maura Lombok sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.44 dan melakukan perhitungan pengakuan pendapatan dan beban PT Maura Lombok dengan persentase penyelesaian. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui apakah metode pengakuan pendapatan yang diakui oleh perusahaan sudah sesuai dengan PSAK 44 dan melakukan penyajikan kembali pengakuan pendapatan dan beban dengan menggunakan metode peresentase penyelesaian yang akan diungkapkan pada laporan laba rugi PT Maura Lombok. Hasil pengamatan yang dilakukan terhadap metode pengakuan pendapatan dan beban pada PT Maura Lombok adalah PT Maura Lombok mengakui pendapatan dan bebannya dengan menggunakan metode akrual penuh, berdasarkan PSAK No. 44 seharusnya PT Maura Lombok menggunakan metode persentase penyelesaian. Terdapat perbedaan antara pendapatan dan beban pokok penjualan perusahaan dengan metode yang sebelumnya digunakan perusahaan yaitu metode akrual (full accrual method) penuh dengan metode yang seharusnya digunakan perusahaan sesuai dengan PSAK No. 44 yaitu metode persentase penyelesaian.

References

Dewi Shinta, Andolita.2007. Akuntansi Aktivitas Pengembangan Real Estate Menurut PSAK No.44 Pada PT Ira Widya Utama Medan.Universitas Sumatera Utara Medan:Medan.
Earl K. Stice, James D. Stice dan K. Fred Skousen, 2004. Akuntansi Intermediate, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
E. Kieso, Donald, Jerry J, Weygandt and Teery D. Warfield, 20. 07. Accounting. Principles, Edisi 12 by: Salemba Empat
Dinfirafi Nandayani, Rachmi.2007.Tinjauan atas Penerapan Akuntansi Pengakuan Pendapatan pada Perusahaan Properti PT. Dam Utamasakti Prima.Universitas Widyatama Bandung:Bandung.
Ghozali,Imam dan Anis Chariri.2014.Teori Akuntansi International Financial Reporting System(IFRS). Edisi 4.Badan Penerbit Universitas Diponegoro:Semarang.
Halim, Abdul.2015.Akuntansi Keuangan Lanjutan.Mitra Wacana Media:Jakarta.
Martani, D.dkk.2016.Akuntansi Menengah Keuangan Menengah Berbasis PSAK.Salemba Empat:Jakarta.
Republik Indonesia.2007.Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.Arkola:Surabaya.
Puspitasari, Pipit.2004.Analisis Akuntansi Penerapan Pendapatan dan Beban Menurut SAK ETAP pada KPRI Karya Husada di Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang.Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Widya Gama Lumajang:Lumajang.
Sanusi, Anwar.2011.Metodelogi PenelitianBisnis.SalembaEmpat:Jakarta.

Standar Akuntansi Keuangan Efektif per 1 Januari 2017.2017.Ikatan Akuntan Indonesia:Jakarta.
Sugiyono.2012.Metode Penelitian pedidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Alfabet:Bandung.
Taufiq, Muchamad.2017.Aspek Hukum dalam Ekonomi.Media Nusa Creative:Malang. Wahyuni, Tri.2003.Pengakuan Pendapatan dan Biaya pada PT. Pembangunan
Perumahan Cabang V Semarang.Universitas Sebelas Maret Surakarta:Surakarta.
Wardani Sri, Atik.2006.Evaluasi Pengakuan Pendapatan atas Penjualan Angsuran Tahun 2004 dan 2005 pada UD Citra Jaya Motor.Universitas Sebelas Maret Surakarta:Surakarta.
Hajar, Ibnu. 2017. Analisis Metode Pengakuan Pendapatan Dan Beban Atas Perusahaan Real Estate Pada PT XYZ Sesuai Dengan PSAK No. 44. Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung: Lmapung
Zuhriyah, Firdatuz dkk. 2019. Analisis Penerapan Akuntansi Pengakuan Pendapatan Pada Perusahaan Properti “PT. Rojoland Indonesia Build”. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang
Published
2020-10-01
Section
Articles