Analisis Penerapan Metode MOORA untuk Memprediksi Tren Penjualan Barang di CV. Light Auto

Indonesia

  • Gayatri Ramadhani Universitas Bumigora
  • Kartarina Agustin Universitas Bumigora
  • Ismarmiaty Ismarmiaty Universitas Bumigora
  • Ni Ketut Sriwinarti Universitas Bumigora Mataram
Keywords: Prediksi, Tren Penjualan, MOORA

Abstract

Teknologi informasi pada dunia bisnis dimanfaatkan sebagai strategi untuk meraup keuntungan dan memperkecil resiko kerugian. Semakin berkembangnya teknologi informasi semakin bertambah juga kemampuan komputer untuk membantu dalam memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Salah satunya adalah sistem pendukung keputusan berbasis komputer. Prediksi merupakan hasil dari aktivitas memprediksi, meramal ataupun memperkirakan nilai masa mendatang misalnya memprediksi stok benda satu tahun ke depan. Barang ialah produk yang berwujud fisik, sehingga dapat dilihat, diraba atau dijamah, dipegang, disimpan, dipindahkan serta diproses isinya. Tujuan penelitian ini adalah hasil analisa dari penelitian ini digunakan untuk membantu admin dalam memprediksi tren penjualan barang di CV. Light Auto. Metode yang diterapkan pada penelitian ini model waterfall meliputi analisis kebutuhan, perancangan, implementasi dan pengujian sistem. Hasil perhitungan pengujian kepuasan pengguna memiliki skor 94 menggunakan metode MOORA  yang menyatakan pengguna puas menggunakan aplikasi

References

Mandala, Eka Praja Wiyata, and Dewi Eka Putri. 2018. “Prediksi Jumlah Pemberian Kredit Kepada Nasabah Di Bank Perkreditan Rakyat Dengan Algoritma C 4.5 Eka.” KomTekInfo 5(1): 70–80.
Maryati, Sri. 2015. “Dinamika Pengangguran Terdidik: Tantangan Menuju Bonus Demografi Di Indonesia.” Economica 3(2): 124–36.
Pradiani, Theresia. 2018. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.” Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia 11(2): 46–53.
Revi, Ahmad, Iin Parlina, and Sri Wardani. 2018. “Analisis Perhitungan Metode MOORA Dalam Pemilihan Supplier Bahan Bangunan Di Toko Megah Gracindo Jaya.” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) 3(1): 95–99.
Rokhman, Syaiful, Imam Fahrur Rozi, and Rosa Andrie Asmara. 2017. “Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Ukt Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Moora Studi Kasus Politeknik Negeri Malang.” Jurnal Informatika Polinema 3(4): 36.
Sari, Melenia Winda, and Onki Alexander. 2021. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepatu Pada Online Shop Choice Fashion Dengan Menggunakan Metode Moora.” DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 5(1): 43.
Syahidin, and Masri Ramadhan. 2022. “Prospek Pengembangan Usaha Alwa Kangen Water Di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah.” Gajah Putih Journal Of Economics Review (Gpjer) 4(1).
Wijaya, Darma, and Roy Irawan. 2018. “Prosedur Administrasi Penjualan Bearing Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat.” Perpspektif XVI(1): 40.
Published
2022-10-01