Pemilihan Paradigma Penelitian Akuntansi: Analisis Berdasarkan Perilaku Keseharian Mahasiswa Akuntansi

Indonesia

  • Ni Ketut Sriwinarti Universitas Bumigora Mataram
  • Dewa Ayu Oki Astarini Universitas Bumigora
  • Ikang Murapi Universitas Bumigora
Keywords: Paradigma Penelitian, Perilaku Peneliti, Pilihan Mahasiswa Akuntansi, Wariga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana keterkaitan antara perilaku keseharian mahasiswa terhadap topik penelitian yang akan dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi untuk menemukan jawaban. Penafsiran dilakukan dengan cara (a) mencocokkan informan dengan ramalan sifat berdasarkan hari kelahiran (wariga/weton); dan (b) menganalisis mana dari ketiga kecerdasan yang dimiliki manusia memilih pengaruh paling besar pada saat mahasiswa dalam menentukan pilihannya. Berdasarkan hasil pengujian dan penafsiran yang telah dilakukan, terdapat beberapa fenomena yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: (a) ramalan perilaku menurut wariga ternyata memiliki kemiripan dengan atau kecocokan dengan perilaku sehari-hari mahasiswa. Hal ini berarti wariga bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengetahui bagaimana perilaku seseorang; (b) muncul anomali-anomali antara paradigma yang disarankan dalam wariga dengan paradigma yang dipilih oleh mahasiswa.  Pilihan yang dilakukan oleh mahasiswa kebanyakan berdasarkan mencari rasa “aman” yaitu literaturnya banyak, waktu pengerjaan yang lebih cepat, biaya dan kemudahan dalam proses penelitian. Selain itu juga disebabkan karena ingin menghindari “sesuatu” yang tak perlu dihindari (hitungan dan dosen). Dan karena adanya pengaruh lingkungan (teman dan Dosen). Hasil penelitian ini memberikan implikasi yang berguna untuk (a) mengubah sikap mahasiswa atau peneliti agar lebih terbuka terhadap berbagai pradaigma yang ada sehingga dapat memperkaya topik penelitian mahasiswa akuntansi; (b) memberikan bukti bahwasanya prediksi prilaku menurut wariga cocok dengan perilaku sebenarnya. Hal ini berarti wariga bisa digunakan sebagai pedoman untuk membantu mahasiswa dalam menentukan paradigma mana yang paling sesuai dengan jati dirinya.

Published
2022-03-29
Section
Articles