Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Ibu Hamil Mengkonsumsi Tablet Fe di Puskesmas Dasan Agung Kota Mataram

  • Regina Pricilia Yunika Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas Bumigora
  • Husnita Komalasari Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas Bumigora
Keywords: Kepatuhan, Konsumsi Tablet Fe, Pengetahuan, Motivasi, Ibu Hamil

Abstract

Ibu hamil dapat beresiko mengalami anemia terutama anemia karena kekurangan zat besi. Anemia terjadi akibat rendahnya kandungan hemoglobin dalam tubuh semasa hamil atau kurangnya sel-sel darah merah di dalam darah daripada biasanya, dengan kadar hemoglobin di bawah 11 gr%. Dampak yang dapat ditimbulkan akibat anemia pada ibu hamil adalah perdarahan pada saat melahirkan, bayi berat lahir rendah (BBLR), penurunan IQ, bayi mudah terinfeksi dan mudah menderita gizi buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe di PuskesmasDasan Agung Kota Mataram. Jenis penelitian adalah penelitian kuntitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Pengambilan sampel dengan simple random sampling, didapatkan sampel sebanyak 35 responden. Uji statistik menggunakan uji chi square. Hasil analisis bivariat dengan uji chi square menunjukkan hubungan kepatuhan ibu hamil dengan pengetahuan (p=0,000), motivasi (p=0,004), dan sikap (p=0,000). Simpulan penelitian ini terdapat hubungan kepatuhan ibu hamil mengkonsumsi tablet fe dengan pengetahuan, motivasi, dan sikap. Peneliti menyarankan bagi tenaga kesehatan perlu melakukan penyuluhan akan pentingnya tablet Fe selama masa kehamilan.

References

) Sinsin, I., Seri Kesehatan Ibu Dan Anak Masa Kehamilan dan Persalinan, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.
(2) Harmatuti, “Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dan Peran Bidan Dengan Perilaku Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Kecamatan Cakung Jakarta Timur,” Karya Tulis Ilmiah strata dua, Universitas Brawijaya, Malang, 2015.
(3) Siswosuharjo, S., Chakrawati, F., Panduan Super Lengkap Hamil Sehat, Jakarta: Penebar Plus, 2010.
(4) Riset Kesehatan Dasar, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, 2013.
(5) Kemenkes RI, Profil Kesehatan Indonesia, Jakarta : Kemenkes RI, 2019.
(6) Dinkes NTB, Profil Kesehatan Kota Mataram, Mataram : Dinkes NTB, 2019.
(7) Wiradnyani LAA, Khusun H, Achadi EL., “Faktor faktor yang berhubungan dengan kepatuhan ibu mengonsumsi tablet besi-folat selama kehamilan,” Jurnal Gizi dan Pangan, 8(1): 63-70, 2013.
(8) Hidayah W, Anasari T., “Hubungan kepatuhan ibu hamil mengkonsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia di Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas,” Jurnal Ilmiah Kebidanan, 3(2): 41-53, 2012.
(9) Aminin, F., & Dewi, U., “One Husband one client package and pregnant woman accompaniment to consume fe tablet in tanjungpinang city in 2017,” In Healthy Family, Healthy Environment, Healthy Country and Free From Violence (pp. 278–281), 2017.
(10) Budhisusetyo, P. Y., “Hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diit pada pasen diabetes mellitus tipe 2 rawat jalan di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.
(11) Shofiana, F. I., Widari, D., & Sumarmi, S., “Pengaruh Usia, Pendidikan, dan Pengetahuan
Terhadap Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Ibu Hamil di Puskesmas Maron, Kabupaten Probolinggo,” Amerta Nutrition, 2(4), 2018.
(12) Wawan, & Dewi., Pengetahuan, Sikap dan Perilaku, Yogyakarta: Nuha Medika, 2011.
(13) Astuti, D., “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Undaan Lor Kabupaten Kudus.” Karya Tulis Ilmiah Strata Satu, Stikes Muhammadiyah Kudus, 2016.
(14) Notoadmodjo, S., Metodologi penelitian kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
(15) Budiarni, W., “Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Motivasi Dengan Kepatuhan Konsumsi Tablet Besi Folat Pada Ibu Hamil di Semarang,” Skripsi, Universitas Diponegoro Semarang, 2012.
(16) Hendrian, R., “Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi (Fe) di Puskesmas Kadugede Kabupaten Kuningan,” Skripsi, Universitas Islam Negeri Jakarta, 2011.
(17) Rianika I., “Hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang tablet zat besi dengan kepatuhan ibu hamil dalam konsumsi tablet zat besi di wilayah kerja Puskesmas Karangawen II Desa Tlogorejo Karangawen Demak (skripsi),” Semarang: Fakultas Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang, 2009.
(18) Mar’at, Sikap manusia: perubahan serta pengukurannya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009.
Published
2020-11-18
How to Cite
Yunika, R., & Komalasari, H. (2020). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Ibu Hamil Mengkonsumsi Tablet Fe di Puskesmas Dasan Agung Kota Mataram. Nutriology : Jurnal Pangan,Gizi,Kesehatan, 1(2), 66-71. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/nutriology.v1i2.977
Section
Articles