Ketepatan Standar Porsi Nasi pada Penderita Diabetes Mellitus di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang

  • Maria Helena D Nita Prodi Gizi, Poltekes Kemenkes Kupang
  • Astuti Nur Prodi Gizi, Poltekes Kemenkes Kupang
  • Hafsah Aziz K Kayumu Prodi Gizi, Poltekes Kemenkes Kupang
Keywords: Diabetes Mellitus, Standar Porsi Nasi, Ketepatan Standar Porsi Nasi

Abstract

Standar porsi yang tidak sesuai terjadi pada masyarakat saat ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah penyakit degeneratif, salah satunya penyakit DM. Penderita DM harus memperhatikan standar porsi dari setiap jenis makanan yang dikonsumsi. Kadar gula darah meningkat dratis setelah mengkonsumsi makanan tertentu karena kecenderungan makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gula darah yang tidak terkontrol. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ketepatan standar porsi pada penderita DM di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang. Penelitian ini bersifat deskriptif, penelitian ini dilaksanakan padan bulan Desember 2018 sampai bulan Januari 2019 di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Cara pengumpulan data dengan menggunakan lembar kuisioner, lembar cek list dan alat timbang makanan. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukan bahwa porsi nasi yang disajikan dengan besar porsi yang sudah ditetapkan berdasarkan kebutuhan pasien dapat dikategorikan sudah sesuai (85,7%). Dari hasil penelitian ketepatan standar porsi nasi di Instalasi Gizi RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang dapat disimpulkan bahwa nasi dari hasil penimbangan selama satu hari penimbangan makanan tergolong sudah sesuai yaitu 85,7%.

References

(1) Suiraoka, Ip. 2012. Penyakit Degeneratif. Yogyakarta: Nuha Medika
(2) Tandra, H. 2013. Life Healthy with Diabetes Mengapa dan Bagaimana. Yogyakarta: CV Andi Offset.
(3) World Health Organization. Diabetes. http://www.who.int/topics/diabetes_ mellitus/en/ (accessed 4 February 2013).
(4) Riset Kesehatan Dasar Dalam Angka Provinsi Nusa Tenggara Timur, 2013. Badan Penelitian Dan Pengembangann Kesehatan Kementrian Republik Indonesia. Jakarta.
(5) Ambarwati, R. 2016. Laporan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) Menetapkan Standar RS dan Perhitungan Kebutuhan Bahan Makanan RSUD Panembahan Senopati Bantul. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Skripsi.
(6) Linder, M. C. 2011. Biokimia nutrisi dan metabolisme. Jakarta: UI Press.
(7) Sugiarti, L. S. D. 2018. Gambaran Kesesuaian Standar Porsi Makan Rumah Sakit Dengan Besar Porsi Yang Disajikan Pada Diet Diabetes Melitus Tipe 2 Di Instalasi Gizi Rsud Bahteramas. Politeknik Kesehatan Kendari. Skripsi.
(8) Crisyanti, R. N. 2016. Gambaran Kesesuaian Standar Porsi, Pola Menu dan Status Gizi Remaja Putri Di Pondok Pesantren Al Anwar Mranggen. Universitas Muhammadiyah Semarang. Skripsi.
(9) Wadyomukti, R. A. 2017. Hubungan Karakteristik Tenaga Pemorsi dan Alat Pemorsian Dengan Ketepatan Pemorsian Makanan Pokok Berdasarkan Standar Porsi Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan. Skripsi.
Published
2020-11-18
How to Cite
Nita, M., Nur, A., & Kayumu, H. (2020). Ketepatan Standar Porsi Nasi pada Penderita Diabetes Mellitus di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Nutriology Jurnal, 1(2), 49-53. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/nutriology.v1i2.972
Section
Articles