Analisis dan Perancangan Sistem Informasi E-Procurement Modul pada Pemesanan Barang Non Produksi di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

  • Angelina Ervina Jeanette Egeten Universitas Bina Nusantara
  • Yanes Hardianto S Universitas Bina Nusantara
  • Putri Ayu P Universitas Bina Nusantara
  • Okky Marita S Universitas Bina Nusantara
Keywords: e-procurement, Purchase Requisition, Purchase Order, SAP, System Development Life Cycle, Unified Process, Object Oriented Analysis and Design

Abstract

Teknologi saat ini sudah semakin berkembang seperti penerapan modul e-procurement yang merupakan salah satu modul pada e-business untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Dalam proses bisnis pengadaan barang non produksi di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang merupakan perusahaan manufaktur kendaraan roda empat, sudah menerapkan e-procurement menggunakan modul pemesanan Material Management (MM) pada System Application and Product (SAP). Namun masih ada permasalahan dalam penggunaan modul tersebut yaitu proses persetujuan Purchase Requisition (PR) dan Purchase Order (PO) masih menggunakan kertas serta tidak dapat dilakukan pemantauan informasi status persetujuan secara terkini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi baru yang dapat menjawab kebutuhan user, memberikan informasi terkini dari status persetujuan PR dan PO, menyediakan fitur persetujuan elektronik PR dan PO, dan menyediakan fitur unduh PO. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan Object Oriented Analysis and Design (OOAD) dalam melakukan analisa dan perancangan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan sistem informasi baru yang dapat menjawab kebutuhan user dan sistem. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemantauan status terkini dari sisa budget juga persetujuan PR dan PO, pembuatan serta persetujuan PR dan PO secara online, pengunduhan PO oleh vendor melalui sistem, dan pengaturan hak akses dan peran login karyawan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Chaffey, D. (2011). E-Business & E-Commerce Management. Harlow: Pearson Education Technology.
[2] DeMers, J. (2016, November 16). 7 Technology Trends That Will Dominate 2017. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/jaysondemers/2016/11/16/7-technology-trends-that-will-dominate-2017/#64998c704a51
[3] O'brien, J., & Marakas, G. (2015). Management Information Systems. US: Mcgraw-Hill/Irwin.
[4] Ongowarsito, H. (2011). Analisis Customer Value pada Perancangan E-Procurement di PT Indesso Aroma. Computer, Mathematics, and Engineering Applications Volume 2 Journal (Online). Diakses 11 April 2017 dari http://journal.binus.ac.id/index.php/comtech/issue/view/182.
[5] Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. (2012). System Analysis and Design in a Changing World. US: Joe Sabatino.
[6] Turban, E., & King, D. (2011). Electronic commerce 2012: Managerial and social networks perspectives. Pearson Higher Ed
[7] Whitten, J. L. & Bentley, L. D., (2007). Systems analysis and design for the global enterprise (Vol. 417). New York:
Published
2018-05-30
How to Cite
Egeten, A., S, Y., P, P., & S, O. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi E-Procurement Modul pada Pemesanan Barang Non Produksi di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 17(2), 24-33. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v17i2.85
Section
Articles