Implementasi Prototype Model dalam Pengembangan Aplikasi Smart Cleaning Sebagai Pendukung Aplikasi Smart City

  • Siti Sauda Universitas Bina Darma
  • Eka Puji Agustini Universitas Bina Darma
Keywords: Prototype, Aplikasi, Smart Cleaning, Sampah, Smart City

Abstract

Sampah merupakan masalah sebagai besar kota yang ada di Indonesia. Kota Palembang merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia yang sangat serius mengurusi maasalah sampah. Usaha yang dilakukan pemerintah Kota Palembang dapat dinyatakan berhasil yang dibuktikan dari Piala Adipura yang didapatkan. Namun keberhasilan tersebut masih memiliki sedikit permasalahan yaitu sering terjadinya penumpukan sampah pada bank sampah yang ada, selain itu juga terdapat penumpukan sampah yang daerah tertentu yang disebabkan tidak disiplinnya masyarakat dalam membuang sampah. Untuk itu di dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi berupa partisipasi masyarakat dalam memberikan pengaduan terkait dengan masalah sampah tersebut. Proses pelaporan yang ditawarkan dalam penelitian ini yaitu berupa aplikasi mobile dan web yang dikhususkan untuk memberi pengaduan penumpuka sampah dengan nama Smart Cleaning. Proses pengembangan digunakan metode prototype. Metode ini memiliki kelebihan yaitu melibatkan pengguna dalam proses pengembangannya sehingga akurasi aplikasi yang hasilkan tergolong tinggi. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi smart cleaning yang memiliki akses pengguna masyarakat, administrator dan petugas. Masing-masing pengguna memiliki akses dan fitur tersendiri yang dapat memproses pengaduan masyarakat terkait penumpukan sampah

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. Fereshti Nurdiana and C. Mabruroh, “Smartphone: Antara Kebutuhan dan E-Lifestyle,” in Seminar Nasional Informatika, 2010.
[2] R. Rahmawati and F. Firman, “Analisis Impelementasi Kebijakan Aplikasi Qlue di Wilayah Jakarta Utara,” Aristo, vol. 5, no. 2, pp. 386–404, 2017.
[3] H. K. Siradjuddin and S. Do Abdullah, “Implementasi Prototype Aplikasi E-Lapor Berbasis Jejaring Sosial Untuk Pelayanan Keluhan Pelanggan pada Kantor PDAM,” Jurnal Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 27–33, 2018.
[4] E. Faizal, A. Prayitna, and M. Mafmudin, “Sertifikat Hak Cipta-Program Komputer Aplikasi Jogja Mobile City (mCity),” 2019.
[5] F. W. Tholok, S. Santosa, and S. Janamarta, “Studi Ketertarikan Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi Tangerang Live (Pendekatan pada Teori Skala SERVQUAL),” Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, vol. 17, no. 2, pp. 120–129, 2019.
[6] F. Mohamad and F. Tupamahu, “Rancangan Sistem Integrasi Monitoring dan Pelaporan Sampah di Kota Gorontalo Berbasis Android,” in SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora), 2019, vol. 1, no. 1, pp. 50–57.
[7] C. E. W. Utomo and M. Hariadi, “Strategi Pembangunan Smart City dan Tantangannya bagi Masyarakat Kota,” Jurnal Strategi dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 159–176, 2016.
[8] F. Susanto, “Sistem Informasi Pengolahan Data Pasien pada Puskesmas Abung Pekurun Menggunakan Metode Prototype,” Mikrotik: Jurnal Manajemen Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 65–73, 2018.
[9] A. Setiadi and F. Alfiah, “Sistem Penjualan Spare Part Toko AJM Motor Menggunakan CI Berbasis Arsitektur MVC,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 2, pp. 575–586, 2016.
[10] H. N. Syaddad, “Rancang Bangun Digital Archiving di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Prototype Model Studi Kasus: Universitas Suryakancana,” Media Jurnal Informatika, vol. 9, no. 1, 2018.
[11] D. A. Punkastyo, “Perancangan Aplikasi Tutorial Jurus Dasar Beladiri Cimande Menggunakan Metode Prototype,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 3, no. 2, pp. 87–93, 2018.
[12] A. Zainal, Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi; Konsep, Teknik, dan Aplikasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007.
[13] R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach, 7th ed. California: McGraw-Hill Education, 2010.
[14] F. Mubarok, H. Harliana, and I. Hadijah, “Perbandingan Antara Metode RUP dan Prototype Dalam Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web,” Creative Information Technology Journal, vol. 2, no. 2, pp. 114–127, 2015.
[15] C. Kurniawan and N. F. Wahyuono, “Rancang Bangun Game Pewayangan Anoman Obong Berbasis Android Menggunakan Metode Prototype,” 2018.
[16] F. Fatmasari and S. Sauda, “Pemodelan Unified Modeling Language Sistem Informasi Enterprise Resource Planning,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 2, pp. 429–436, 2020.
Published
2020-09-29
How to Cite
Sauda, S., & Agustini, E. (2020). Implementasi Prototype Model dalam Pengembangan Aplikasi Smart Cleaning Sebagai Pendukung Aplikasi Smart City. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 73-84. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.673
Section
Articles