Implementasi Prototype Model dalam Pengembangan Aplikasi Smart Cleaning Sebagai Pendukung Aplikasi Smart City
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.673Keywords:
Prototype, Aplikasi, Smart Cleaning, Sampah, Smart CityAbstract
Sampah merupakan masalah sebagai besar kota yang ada di Indonesia. Kota Palembang merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia yang sangat serius mengurusi maasalah sampah. Usaha yang dilakukan pemerintah Kota Palembang dapat dinyatakan berhasil yang dibuktikan dari Piala Adipura yang didapatkan. Namun keberhasilan tersebut masih memiliki sedikit permasalahan yaitu sering terjadinya penumpukan sampah pada bank sampah yang ada, selain itu juga terdapat penumpukan sampah yang daerah tertentu yang disebabkan tidak disiplinnya masyarakat dalam membuang sampah. Untuk itu di dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi berupa partisipasi masyarakat dalam memberikan pengaduan terkait dengan masalah sampah tersebut. Proses pelaporan yang ditawarkan dalam penelitian ini yaitu berupa aplikasi mobile dan web yang dikhususkan untuk memberi pengaduan penumpuka sampah dengan nama Smart Cleaning. Proses pengembangan digunakan metode prototype. Metode ini memiliki kelebihan yaitu melibatkan pengguna dalam proses pengembangannya sehingga akurasi aplikasi yang hasilkan tergolong tinggi. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi smart cleaning yang memiliki akses pengguna masyarakat, administrator dan petugas. Masing-masing pengguna memiliki akses dan fitur tersendiri yang dapat memproses pengaduan masyarakat terkait penumpukan sampah
Downloads
References
[2] R. Rahmawati and F. Firman, “Analisis Impelementasi Kebijakan Aplikasi Qlue di Wilayah Jakarta Utara,†Aristo, vol. 5, no. 2, pp. 386–404, 2017.
[3] H. K. Siradjuddin and S. Do Abdullah, “Implementasi Prototype Aplikasi E-Lapor Berbasis Jejaring Sosial Untuk Pelayanan Keluhan Pelanggan pada Kantor PDAM,†Jurnal Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 27–33, 2018.
[4] E. Faizal, A. Prayitna, and M. Mafmudin, “Sertifikat Hak Cipta-Program Komputer Aplikasi Jogja Mobile City (mCity),†2019.
[5] F. W. Tholok, S. Santosa, and S. Janamarta, “Studi Ketertarikan Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi Tangerang Live (Pendekatan pada Teori Skala SERVQUAL),†Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, vol. 17, no. 2, pp. 120–129, 2019.
[6] F. Mohamad and F. Tupamahu, “Rancangan Sistem Integrasi Monitoring dan Pelaporan Sampah di Kota Gorontalo Berbasis Android,†in SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora), 2019, vol. 1, no. 1, pp. 50–57.
[7] C. E. W. Utomo and M. Hariadi, “Strategi Pembangunan Smart City dan Tantangannya bagi Masyarakat Kota,†Jurnal Strategi dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 159–176, 2016.
[8] F. Susanto, “Sistem Informasi Pengolahan Data Pasien pada Puskesmas Abung Pekurun Menggunakan Metode Prototype,†Mikrotik: Jurnal Manajemen Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 65–73, 2018.
[9] A. Setiadi and F. Alfiah, “Sistem Penjualan Spare Part Toko AJM Motor Menggunakan CI Berbasis Arsitektur MVC,†Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 2, pp. 575–586, 2016.
[10] H. N. Syaddad, “Rancang Bangun Digital Archiving di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Prototype Model Studi Kasus: Universitas Suryakancana,†Media Jurnal Informatika, vol. 9, no. 1, 2018.
[11] D. A. Punkastyo, “Perancangan Aplikasi Tutorial Jurus Dasar Beladiri Cimande Menggunakan Metode Prototype,†Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 3, no. 2, pp. 87–93, 2018.
[12] A. Zainal, Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi; Konsep, Teknik, dan Aplikasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007.
[13] R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach, 7th ed. California: McGraw-Hill Education, 2010.
[14] F. Mubarok, H. Harliana, and I. Hadijah, “Perbandingan Antara Metode RUP dan Prototype Dalam Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web,†Creative Information Technology Journal, vol. 2, no. 2, pp. 114–127, 2015.
[15] C. Kurniawan and N. F. Wahyuono, “Rancang Bangun Game Pewayangan Anoman Obong Berbasis Android Menggunakan Metode Prototype,†2018.
[16] F. Fatmasari and S. Sauda, “Pemodelan Unified Modeling Language Sistem Informasi Enterprise Resource Planning,†Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 2, pp. 429–436, 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Fachrul Pralienka Bani Muhamad, Munengsih Sari Bunga, Darsih Darsih, Firmansyah Firmansyah, Analisis dan Perancangan Aplikasi Pelayanan Publik Smart RT/RW untuk Desa Terusan Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Nenny Anggraini, Zulkifli Zulkifli, Nashrul Hakiem, Development of Smart Charity Box Monitoring Robot in Mosque with Internet of Things and Firebase using Raspberry Pi , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 1 (2024)
- Djoko Kuswanto, Athirah Hersyadea Alifah Putri, Ellya Zulaikha, Tedy Apriawan, Yuri Pamungkas, Evi Triandini, Nadya Paramitha Jafari, Thassaporn Chusak, Cranioplasty Training Innovation Using Design Thinking: AugmentedReality and Interchangeability-Based Mannequin Prototype , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 3 (2025)
- Arief Herdiansah, Sistem Pendukung Keputusan Referensi Pemilihan Tujuan Jurusan Teknik di Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII IPA Mengunakan Metode AHP , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Majid Rahardi, Afrig Aminuddin, Rancang Bangun Aplikasi Smart Touring Berbasis Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 1 (2021)
- Pradita Dwi Rahman, Heri Wijayanto, Royana Afwani, Wirarama Wesdawara, Ahmad Zafrullah Mardiansyah, Blockchain-Based TraditionalWeaving Certification and Elliptic Curve Digital Signature , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 1 (2024)
- Adjie Wahyudinata, Harya Bima Dirgantara, Pengembangan Gim Edukasi 2D Pemilahan Sampah Daur Ulang Berbasis Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 1 (2020)
- Dinny Komalasari, Maria Ulfa, Pengujian Usability Heuristic Terhadap Perangkat Lunak Pembelajaran Matematika , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- M. Khairul anam, Esi Tri Emerlada, Susi Erlinda, Tashid Tashid, Torkis Nasution, The Application of Usability Testing to Analyze the Quality of Android-Based Acupressure Smart Chair Applications , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 2 (2023)
- Joko Supriyanto, Abdul Fadlil, Sunardi Sunardi, Pengujian Kualitatif Aplikasi Informasi Gempa Bumi dalam Bentuk Suara untuk Tunanetra , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 3 (2022)
You may also start an advanced similarity search for this article.