ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM ABSENSI SISWA BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY

  • Heroe Santoso STMIK Bumigora Mataram
  • Ahmad Wilda Yulianto STMIK Bumigora Mataram
Keywords: absensi siswa, berbasis web dan sms gateway, metode prototipe

Abstract

Dalam melakukan pengawasan kehadiran siswa/siswi di sekolah, merupakan kewajiban bersama antara pihak sekolah dengan orang tua/wali siswa. Terkadang ada beberapa siswa yang melakukan kecurangan tidak masuk sekolah tanpa sepengetahuan pihak sekolah atau orang tua/wali siswa. Padahal siswa tersebut berpamitan untuk pergi sekolah, tetapi pada kenyataannya siswa tersebut tidak masuk sekolah. Permasalahan seperti ini tentunya meresakan pihak sekolah ataupun orang tua/wali. Sistem absensi siswa yang dilakukan selama ini masih besifat manual dengan mempertimbangkan juga jumlah mata pelajaran dalam satu semester. Berkaitan dengan permasalahan di atas tentunya pihak orang tua/wali yang putra/putrinya belajar di sekolah, tentunya dapat memantau putra/putrinya masuk untuk mengikuti pelajaran, meninggalkan kelas tanpa izin atau tidak masuk. Memperhatikan permasalah tersebut, diperlukan sistem absensi siswa secara elektronik berbasis web dan sms gateway. Metode yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah metode prototipe. Tahapan dalam metode prototipe : pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi protoptyping, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem dan menggunakan sistem. Tujuan penelitian memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan berupa mengelola absensi siswa secara elektronik, dalam upaya peningkatan efisiensi dan efektivitas pengolahan data serta meminimalkan terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengguna sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan Data Satuan Pendidikan Dasar & Menengah Prop. Nusa Tenggara Barat.
[2] Nugroho, 2010. Perancangan Aplikasi Sistem Absensi Berbasis Sms Gateway, Amikom Yogyakarta.
[3] Saktiaji 2011. Pengenalan NuSoap. (diakses tanggal 20 April 2011).
[4] Afriani, Ibrahim. Pengembangan Sistem Informasi SMS Gateway Dalam Meningkatkan Layanan Komunikasi Sekitar Akademika Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol.7 No.2, Oktober 2015.
[5] McLeod, 1998. Management Information Sistems, Seventh Edition, Prentice Hall, Inc.
[6] Romzi Imron Rozidi, Membuat Sendiri SMS Gateway (ESME) BerbasisProtokol SMPP. Andi Offset, Yogyakarta, 2004.
Published
2017-05-22
How to Cite
Santoso, H., & Yulianto, A. (2017). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM ABSENSI SISWA BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 16(2), 65-75. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v16i2.11
Section
Articles