Kajian Karakter Maskot Sebagai Representasi Identitas Universitas Bumigora

  • I Nyoman Yoga Sumadewa
Keywords: Maskot, Desain, Karakter

Abstract

Penggabungan antara STMIK Bumigora dan STIBA Bumigora Mataram menghasilkan sebuah bentuk baru yang disebut sebagai Universitas Bumimgora (UBG), hal ini membuat sebuah tantangan baru bagi Universitas Bumigora, salah satunya mempromosikan nama baru dikalangan masyarakat yang lebih mengenal STMIK Bumigora mataram. Meninjau berbagai Universitas di luar negeri yang menggunakan maskot sebagai salah satu alat komunikasi promosi. Karakter merupakan salah satu gambaran tokoh atau sifat nyata yang ditunjukkan untuk melogikakan sesuatu yang imajinatif agar lebih mudah dipahami dan mudah diingat, salah satunya adalah maskot yang berwujud tokoh yang mewakili suatu lebaga/perusahaan. Maskot Universitas Bumigora ini merupakan hasil dari konsep desain yang di rancang menggunakan metode pengembangan multimedia oleh Vilamil-Molina sehingga sesuai dengan kaidah desain komunikasi visual dan mampu mempromosikan Universitas Bumigora.

References

[1] moh. Nazir, “Analisis dan Perancangan 3D Modelling Karakter dan Background Game The Hero Of Majapahit Menggunakan Metode Subdivision Modelling & Digital Sculpting.,” 2014. [Online]. Available: http://respository.amikom.ac.id/files/Publikasi_10.11.3790. . [Accessed: 17-Feb-2017].
[2] D. dkk. Egi, “Perancangan Ekspresi dan Gesture untuk Karakter Animasi 3 Dimensi ‘nyi anteh’.,” 2016. [Online]. Available: http://repository.telkomuniversity.ac.id/files/Publikasi_Pera ncangan_ekspresi_gesture_wajah.pdf,. [Accessed: 12-Feb-2017].
[3] T. Felynawati, “Rancang Bangun Company Profile ‘Lily’s Pie’ yang Berbasis Animasi Vektor dan Promotion Tools.,” 2015. [Online]. Available: repository.STIKOM.ac.id/files/Publikasi_08510160009.pdf,. [Accessed: 12-Feb-2017].
[4] R. Permata Sari Dian, “Si Loko Sebagai Maskot PT. Kereta Api Indonesia.,” 2015. [Online]. Available: http://repository.padjadjaran.ac.id/files/Publikasi_11.21.0595.pdf. [Accessed: 23-Jan-2017].
[5] Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori+Pengembangannya. Andi:Yogyakarta.
[6] Binanto, Iwan. (2010) Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Andi : Yogyakarta.
[7] Muhammad janwardi, Arkom (2017). Pembuatan Animasi 3D Panduan Penggunaan PC Notebook. Skripsi Jurusan STIMIK Bumigora Mataram.
[8] Narimawati, Umi. (2010). Teknik-Teknik Analisis Multivariate Untuk Riset Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[9] Shobirin, Ahmad (2016). Rancang Bangun Video Animasi 3D Sebagai Media Pomosi Perumahan Lingkar Permai. Skripsi Jurusan STIMIK Bumigora Mataram
Published
2019-11-29
How to Cite
Sumadewa, I. N. (2019). Kajian Karakter Maskot Sebagai Representasi Identitas Universitas Bumigora. Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, 1(2), 57-63. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/sasak.v1i2.468
Section
Articles