Ruang Lingkup

Jurnal Sasak: Jurnal Visual dan Komunikasi adalah jurnal peer-review nasioanl yang menerbitkan 2 terbitan pertahun (Mei dan November). Tujuan Jurnal Sasak adalah menerbitkan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan terkini dibidang desain komunikasi visual dari penulis di seluruh dunia. Ruang lingkupnya meliputi bidang desain, multimedia dan periklanan namun tidak terbatas pada ruang lingkup tersebut, berikut Ruang lingkup artikel dalam Jurnal SASAK: Desain Visual dan Komunikasi:

Desain grafis: Mencakup Branding Penelitian tentang branding dalam desain grafis berfokus pada pengembangan identitas merek yang kuat dan konsisten. Mencakup analisis mendalam terhadap strategi komunikasi visual yang dapat meningkatkan citra merek, mengidentifikasi elemen desain yang membedakan merek, serta bagaimana desain grafis dapat digunakan untuk memengaruhi persepsi dan pengalaman konsumen terhadap merek. Pengemasan Penelitian ini membahas desain kemasan produk dari segi fungsional dan estetika. Melibatkan pengkajian tentang bagaimana desain kemasan dapat menarik perhatian konsumen, menyampaikan informasi produk dengan jelas, serta membangun identitas merek yang konsisten melalui pengemasan. Desain Web Penelitian dalam desain web berkaitan dengan eksplorasi cara-cara mendesain tata letak, navigasi, dan elemen visual lainnya untuk menciptakan pengalaman pengguna yang intuitif dan menarik. Fokusnya mencakup responsivitas, kegunaan, dan integrasi identitas merek dalam lingkungan digital. Desain Editorial Penelitian ini menyoroti desain buku, majalah, dan media cetak lainnya. Ini termasuk penelitian tentang hierarki informasi, pemilihan font, tata letak, dan integrasi gambar untuk menciptakan publikasi yang menarik dan mudah dipahami. Ilustrasi Penelitian ilustrasi dalam desain grafis mengeksplorasi teknik visual untuk menyampaikan pesan atau menceritakan cerita. Ini melibatkan penelitian tentang berbagai gaya ilustrasi, teknik, dan penggunaannya dalam konteks desain komunikasi. Tipografi Penelitian tipografi fokus pada pemahaman tentang kekuatan dan peran teks dalam desain, termasuk eksplorasi berbagai jenis huruf, pengaturan jenis, dan penggunaan tipografi sebagai elemen desain yang kuat. Fotografi Penelitian fotografi dalam desain grafis membahas penggunaan gambar untuk memperkuat pesan visual. Ini meliputi pemahaman tentang teknik fotografi, komposisi visual, serta integrasi fotografi dengan desain grafis.

Multimedia: meliputi Videografi, Animasi, Video Mapping, VR (Virtual Reality), AR (Augmented Reality), dan Games memiliki fokus dan cakupan yang luas. Dalam konteks akademik, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan penerapan teknologi multimedia diberbagai bidang. Salah satu fokus utama penelitian ini adalah eksplorasi dan pengembangan teknik-teknik baru dalam menciptakan konten multimedia yang inovatif dan efektif. Sebagai contoh, penelitian dibidang videografi dapat berkaitan dengan penggunaan kamera, pencahayaan, dan editing untuk menghasilkan film atau video yang berkualitas tinggi. Sementara itu, penelitian dibidang animasi akan mengeksplorasi teknik-teknik untuk menciptakan karakter dan gerakan yang realistis atau kreatif. Video Mapping penelitian yang berkaitan dengan proyeksi video yang disesuaikan dengan objek tiga dimensi, seperti bangunan atau objek seni, untuk menciptakan efek visual yang dramatis atau interaktif. Penelitian di bidang VR dan AR berfokus pada pengembangan lingkungan digital yang menyajikan pengalaman imersif kepada pengguna. VR memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam dunia maya yang sepenuhnya berbeda, sedangkan AR menambahkan elemen digital ke dunia nyata. Penelitian dibidang Games berfokus pada desain permainan, kecerdasan buatan (AI), interaksi manusia-komputer, dan pengembangan pengalaman bermain yang mendalam dan menghibur, melibatkan penggunaan teknologi multimedia untuk menciptakan dunia dan mekanika permainan yang menarik.

Periklanan dibagi menjadi dua bidang utama: Kampanye Komersial dan Kampanye Non-Komersial. Kampanye Komersial mengacu pada upaya untuk mempromosikan produk atau jasa dengan tujuan meningkatkan penjualan dan laba perusahaan. Penelitian dalam bidang ini cenderung pada efektivitas dan strategi periklanan seperti iklan televisi, iklan cetak, iklan daring, dan pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumen. Fokusnya dapat mencakup aspek kreatif dari periklanan, perencanaan media, analisis, dan pengukuran kinerja kampanye. Salanjutnya Kampanye Non-Komersial adalah jenis periklanan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan sosial atau mendidik masyarakat tentang isu-isu penting seperti kesehatan, lingkungan, atau kesadaran sosial. Penelitian dibidang ini mengeksplorasi bagaimana kampanye semacam itu mempengaruhi sikap, pengetahuan, dan perilaku masyarakat. Penelitian ini dapat menyoroti efektivitas berbagai strategi komunikasi non-komersial seperti publikasi, kampanye pencegahan, atau penyuluhan melalui media massa. Penelitian tentang periklanan secara umum mencakup analisis mendalam tentang pesan-pesan yang disampaikan, audiens yang dituju, dan cara-cara yang paling efektif untuk mencapai tujuan periklanan yang telah ditetapkan. Selain itu juga memperhatikan perubahan tren dalam perilaku konsumen, kemajuan teknologi, serta faktor-faktor sosial dan budaya yang memengaruhi praktik periklanan di masa kini.

Semua kiriman ke Jurnal Sasak menjalani proses tinjauan sejawat yang ketat untuk memastikan kualitas dan validitas penelitian yang dipublikasikan. Jurnal ini mendorong penyerahan naskah yang menyajikan penelitian inovatif dan orisinal. Jurnal Sasak berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka terhadap penelitian ilmiah dan bertujuan untuk membuat penelitian dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas, termasul para peneliti yang mungkin tidak memiliki akses terhadap jurnal ilmiah yang mahal.