Re-Branding Identitas Visual Usaha Kopi Pengonong di Desa Batu Kumbung Lombok Barat
DOI:
https://doi.org/10.30812/sasak.v3i2.1699Keywords:
Re-branding, Kopi, Pengonong, Batu Kumbung, Lombok BaratAbstract
Kopi menjadi bentuk tradisi menarik minat masyarakat, khususnya bagi yang memposisikannya menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Usaha kopi di berbagai pelosok negeri ini sudah mulai menjamur, salah satunya Kopi Pengonong yang terletak di Dusun Pengonong, Desa Batu Kumbung, Kec. Lingsar, Kab Lombok Barat yang membuat atau mengolah produk minuman kopi tradisional. Akan tetapi, keberadaan Kopi Pengonong belum banyak masyarakat luas mengenalnya. Hal demikian, dikarenakan kurangnya sentuhan branding yang komunikatif. Permasalahan dalam tulisan ini adalah tentang bagaimana bentuk re-branding Kopi Pengonong sehingga dapat dikenal masyarakat luas. Tujuannya untuk memberikan gambaran tentang re-branding sebuah usaha kopi serta sangat efektif dalam mendorong kemajuan usaha serta meningkatkan hasil penjualan. Metode yang digunakan adalah design thinking dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil re-branding berupa logo kopi yang mengomunikasikan sebuah cita rasa yang khas dari Dusun Pengonong. Proses perancangan terdiri dari: Penjaringan ide, pembuatan sketsa, pembuatan layout dan pewarnaan, serta proses pencetakan. Media utama penerapan branding kopi terletak pada desain kemasan sedangkan media pendukung terdiri dari baju, dan woody bag. Melalui re-branding ini, diharapakan dapat meningkatkan nilai jual terhadap pengusaha Kopi Pengonong.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Ari Rimbawan, I Kadek Adi Putra Wijaya, I Nyoman Yoga Sumadewa, Ni Nyoman Diah Suryani, Re-branding Identitas Visual dalam Desain Kemasan Amenities Hospitality untuk Memperkuat Citra Merek , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 6 No. 1 (2024): SASAK
- Mirnayati Mirnayati, I Nyoman Yoga Sumadewa, Perancangan Buku Interaktif Cerita Rakyat Lombok “Monyeh†, Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 2 No. 2 (2020): SASAK
- Hasbullah Hasbullah, Risyaf Kudus Pranasa, Analisis Makna Tanda pada Poster Film Perahu Kertas , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 5 No. 1 (2023): SASAK
- I Nyoman Yoga Sumadewa, Kajian Karakter Maskot Sebagai Representasi Identitas Universitas Bumigora , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 1 No. 2 (2019): SASAK
- Anthony Anggrawan, I Nyoman Yoga Sumadewa, Rancangan Video Company Profile Universitas Bumigora , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 2 No. 1 (2020): SASAK
- Hasbullah Hasbullah, Baiq Fitria Rahmiati, Perancangan Si Ugo Sebagai Maskot Universitas Bumigora , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 4 No. 2 (2022): SASAK