Pengembangan Kemasan dan Identitas Visual Makanan Siap Saji Sayapku melalui Pendekatan Kualitatif
DOI:
https://doi.org/10.30812/sasak.v7i2.5451Keywords:
Citra Merek, Desain Kemasan, Identitas Visual, Makanan Siap SajiAbstract
Tren gaya hidup modern yang menuntut efisiensi dan kecepatan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Makanan cepat saji merupakan salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat, terutama di kota-kota yang berkembang seperti di Kota Karawang, Jawa Barat. Desain kemasan Sayapku menjadi perhatian khusus di dalam program Bedakan 2024 untuk meningkatkan penjualan serta meningkatkan daya saing produk pada usaha sejenis melalui kebaruan pada desain komunikasi visual kemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang desain kemasan makanan siap saji Sayapku dengan identitas visual baru yang lebih sesuai, menarik secara visual, memperhatikan fungsional dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi target konsumen Sayapku di Karawang. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan melalui pengambilan data dengan wawancara penuh secara daring bersama pemilik merek untuk mengenal serta mengeksplorasi citra merek Sayapku yang diinginkan, dilanjutkan dengan studi kepustakaan dengan mengumpulkan dokumentasi terkait subjek pada penelitian. Hasil penelitian berupa terciptanya perwujudan kemasan lunch box berukuran medium Sayapku dan kemasan Sleeve Wingsbox. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk menentukan keberhasilan suatu merek dalam persaingan industri yang ketat tidak hanya menekankan kualitas produk, namun juga tampilan kemasan pada produk tersebut untuk menciptakan nilai yang lebih baik dan unik di pikiran konsumen. Implikasi penelitian ini memberikan panduan berharga bagi para perancang dan industri kuliner dalam mengembangkan strategi desain kemasan yang inovatif dan efektif untuk mengintegrasikan elemen kearifan lokal dan memperkuat citra merek.
References
[1] C. Clara, “Pengaruh Desain Dan Manfaat Kemasan Terhadap Minat Pembelian Fmcg,” Jurnal Keuangan Dan Bisnis, Vol. 19, No. 1, Pp. 01–24, Mar. 2021, Doi: 10.32524/Jkb.V19i1.109.
[2] D. N. I. Kusumawati, W. I. Kusumah, And H. Al Bahriyyah, “Perancangan Kemasan Sebagai Identitas Dan Promosi Pada Umkm Kue Jajanan Tradisional Khas Kemayoran Jakarta,” Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 8, No. 1, Pp. 2019–2031, 2024, Doi: Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V8i1.12699.
[3] A. L. Samosir And F. Oktafani, “Pengaruh Rebranding Telkom University Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Telkom University (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University Angkatan 2014),” E-Proceeding Of Management, Vol. 2, No. 2, Pp. 1963–1968, Aug. 2015.
[4] L. Dianati, “Perancangan Kemasan Kerupuk Ikan Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering,” Jurnal Rekavasi, Vol. 7, Pp. 47–58, 2019.
[5] N. W. Rustiarini, N. P. N. Anggraini, And I. K. S. B. Satwam, “Perancangan Kemasan Dupa Yang Ekonomis Dan Ramah Lingkungan,” Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol. 5, No. 4, Pp. 1808–1817, 2021, Doi: 10.31764/Jmm.V5i4.5051.
[6] C. M. Dewi, A. Hairiza, And E. G. Limbong, “Warna Sebagai Identitas Merek Pada Kemasan Makanan Tradisional Kembang Goyang Khas Betawi,” Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, Vol. 2, No. 01, Pp. 9–13, Jan. 2020, Doi: 10.30998/Vh.V2i01.150.
[7] A. K. Dawami, L. Z. Assyafir, And Z. N. Auliadst, “Perancangan Desain Kemasan Pada Umkm Qyu Sweet And Savoury,” Jurnal Unindra, Vol. 1, No. 1, Pp. 2962–7117, 2022, Doi: 10.30998/000000.
[8] E. Fauziah, K. R. Mooduto, R. E. Nursanti, And L. W. O. Haryanto, “Pemanfaatan Batok Kelapa Sebagai Desain Kemasan Jenang Jaket Khas Banyumas,” Jurnal Desain, Vol. 10, No. 1, P. 166, Dec. 2022, Doi: 10.30998/Jd.V10i1.13241.
[9] A. Rimbawan, I. K. A. P. Wijaya, I. N. Y. Sumadewa, And N. N. D. Suryani, “Re-Branding Identitas Visual Dalam Desain Kemasan Amenities Hospitality Untuk Memperkuat Citra Merek,” Jurnal Sasak : Desain Visual Dan Komunikasi, Vol. 6, No. 1, Pp. 244–257, Jun. 2024, Doi: 10.30812/Sasak.V6i1.4005.
[10] A. Taqwiym, “Penerapan Metode Iterative Pada Perancangan Sistem Pembukuan Penjualan Pt.Xyz,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), Vol. 9, No. 2, Pp. 254–263, Jul. 2020, Doi: 10.32736/Sisfokom.V9i2.895.
[11] Sri Hanipah, “Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas,” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, Vol. 1, No. 2, Pp. 264–275, May 2023, Doi: 10.55606/Jubpi.V1i2.1860.
[12] D. H. Winata And A. L. Andjarwati, “Pengaruh Rebranding Terhadap Loyalitas Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Po Sugeng Rahayu),” Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 7, No. 2, 2019.
[13] A. Widiati, “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di ‘Mas Pack’ Terminal Kemasan Pontianak,” Jaakfe Untan (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), Vol. 8, No. 2, Pp. 67–76, Apr. 2020, Doi: 10.26418/Jaakfe.V8i2.40670.
[14] A. Darmawan And M. Fauzi, “Rebranding Desain Kemasan Senang Manis Gula Semut Aren Pt. Aditya Agri Mandiri Di Sukabumi,” Jurnal Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, Vol. 4, No. 2, Pp. 19–34, Feb. 2024, Doi: 10.52005/Dasarrupa.V4i2.176.
[15] B. A. Hananto, E. Melini, K. M. Suwanto, And S. G. Tenardi, “Persepsi Dan Cara Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Dalam Pembuatan Moodboard (Studi Kasus: Mahasiswa Desain Grafis Universitas Pelita Harapan),” Jurnal Dimensi Dkv Seni Rupa Dan Desain, Vol. 9, No. 1, Pp. 1–20, Apr. 2024, Doi: 10.25105/Jdd.V9i1.19729.
[16] D. A. Nugroho, “The Role Of Color And Packaging Shape On Consumer Emotional Responses: A Neuromarketing Study With Eeg,” Eduvest - Journal Of Universal Studies, Vol. 5, No. 3, Pp. 3319–3325, Mar. 2025, Doi: 10.59188/Eduvest.V5i3.50961.
[17] A. F. D. Ryas, N. F. Lestari, And Y. Romadon, “Redesign Visual Identity Kemasan Produk Umkm Loafjkt Menggunakan Metode Design Thinking,” Sagita Academia Journal, Vol. 3, No. 1, Pp. 11–18, Jan. 2025, Doi: 10.61579/Sagita.V3i1.332.
[18] R. W. Putra, Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan. Penerbit Andi, 2021.
[19] S. S Thabrany, R. Dwi Pramesti, R. Dyah Kusumaasri, M. Halimah, S. Rahmawati, And Y. Sujud Pranyoto, “Perancangan Desain Kemasan Makanan Yang Representatif Dan Fungsional Bagi Pengguna,” Jurnal Poli-Teknologi, Vol. 22, No. 2, Pp. 39–46, May 2023, Doi: 10.32722/Pt.V22i2.5636.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ari Rimbawan, I Gede Diego Primanda, I Nyoman Yoga Sumadewa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Ari Rimbawan, I Kadek Adi Putra Wijaya, I Nyoman Yoga Sumadewa, Ni Nyoman Diah Suryani, Re-branding Identitas Visual dalam Desain Kemasan Amenities Hospitality untuk Memperkuat Citra Merek , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 6 No. 1 (2024): SASAK
- Mirnayati Mirnayati, I Nyoman Yoga Sumadewa, Perancangan Buku Interaktif Cerita Rakyat Lombok “Monyeh†, Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 2 No. 2 (2020): SASAK
- I Nyoman Yoga Sumadewa, Kajian Karakter Maskot Sebagai Representasi Identitas Universitas Bumigora , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 1 No. 2 (2019): SASAK
- Bhayu Julian Purnama, Hasbullah Hasbullah, I Nyoman Yoga Sumadewa, Re-Branding Identitas Visual Usaha Kopi Pengonong di Desa Batu Kumbung Lombok Barat , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 3 No. 2 (2021): SASAK
- Anthony Anggrawan, I Nyoman Yoga Sumadewa, Rancangan Video Company Profile Universitas Bumigora , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 2 No. 1 (2020): SASAK









