Analisis Kualitatif Konten Infografis Buku Why? Seri Greece Sebagai Media Edukasi Sejarah

  • Gladi Pawestri Utami Universitas Telkom
  • Luqman Wahyudi Universitas Telkom
  • Bachrul Restu Bagja Universitas Telkom
  • Alfiandi Eka Kusuma Universitas Telkom

Abstract

Penggunaan infografis banyak dilakukan dalam menyajikan informasi dalam bentuk visual, sehingga audiens dapat lebih memahami informasi yang disajikan. Infografis umumnya digunakan pada media poster untuk mempermudah penggambaran informasi. Namun belum banyak buku, khususnya buku untuk anak, yang menyajikan infografis di dalamnya sebagai kombinasi media penyampai pesan. Penelitian ini menjabarkan penggunaan media infografis pada Buku Why? World History Seri Country Greece yang diterbitkan di Indonesia oleh PT. Elex Media Komputindo, sebagai salah satu media penyampaian pesan tentang edukasi sejarah negara Yunani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kecenderungan konten yang digunakan pada buku tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data kajian pustaka dan dokumentasi objek dalam bentuk foto. Hasil penelitian ini adalah buku Why? Seri Country Greece menggunakan infografis secara konsisten dalam menyampaikan informasi yang kompleks mengenai sejarah Yunani. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan infografis sebagai kombinasi media komunikasi visual dapat menambah daya tarik untuk menyampaikan informasi edukasi sejarah Yunani.

References

[1] M. N. Miftah, E. Rizal, dan R. K. Anwar, “Pola Literasi Visual Infografer dalam Pembuatan Informasi Grafis (Infografis),” Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, vol. 4, no. 1, pp. 87–94, Jun. 30, 2016. DOI: 10.24198/jkip.v4i1.11635.
[2] A. Tyagi et al., “Infographics Wizard: Flexible Infographics Authoring and Design Exploration,” Computer Graphics Forum, vol. 41, no. 3, pp. 121–132, Jun. 2022. DOI: 10.1111/cgf.14527.
[3] M. Lu et al., “Exploring Visual Information Flows in Infographics,” in Proceedings of the 2020 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, Honolulu HI USA: ACM, Apr. 21, 2020, pp. 1–12. DOI: 10.1145/3313831.3376263.
[4] D. E. Valentino, “Penyajian Informasi dan Data dalam Bentuk Infografis,” TEMATIK, vol. 6, no. 1, pp. 1–19, Jun. 29, 2019. DOI: 10.38204/tematik.v6i1.184.
[5] J. C. Dunlap dan P. R. Lowenthal, “Getting graphic about infographics: Design lessons learned from popular infographics,” Journal of Visual Literacy, vol. 35, no. 1, pp. 42–59, Jan. 2, 2016. DOI: 10.1080/1051144X.2016.1205832.
[6] L. Traboco et al., “Designing Infographics: Visual Representations for Enhancing Education, Communication, and Scientific Research,” Journal of Korean Medical Science, vol. 37, no. 27, e214, 2022. DOI: 10.3346/jkms.2022.37.e214.
[7] F. Hanisha dan Y. A. Djalari, “Bahasa Visual, Gambar Anak, dan Ilustrasi Pada Buku Cergam Anak,” Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, vol. 1, no. 1, pp. 63–82, Nov. 1, 2018. DOI: 10.25105/jsrr.v1i1.3878.
[8] F. H. Pakpahan dan M. Saragih, “Theory Of Cognitive Development By Jean Piaget,” Journal of Applied Linguistics, vol. 2, no. 2, pp. 55–60, Jul. 28, 2022. DOI: 10.52622/joal.v2i2.79.
[9] H. Reizal, A. Agustiningsih, dan F. S. Hutama, “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Infografis pada Tema Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD,” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, vol. 5, no. 2, pp. 54–65, 2 Apr. 16, 2020. DOI: 10.31602/muallimuna.v5i2.2879.
[10] L. A. Isti, Y. Riyanto, dan M. T. Yani, “Efektivitas Pengembangan Buku Ajar Berbasis Infografis “Penjajahan Belanda dan
Jepang di Indonesia” Kelas V SD,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6030–6041, May 22, 2022. DOI: 10.31004/basicedu.
v6i4.2989.
[11] A. S. Hikmah dan H. G. Hayudinna, “Efektivitas Penggunaan Media Infografis dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada
Mata Pelajaran IPA,” DIRASATUL IBTIDAIYAH, vol. 2, no. 2, pp. 181–195, Dec. 28, 2022. DOI: 10.24952/ibtidaiyah.
v2i2.5548.
[12] A. C. Dewi, E. P. Adi, dan Z. Abidin, “Pengembangan Infografis Melalui Instagram Sebagai Penguatan Pemahaman Pokok
Bahasan Sistem Pencernaan Manusia,” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 216–224, 2 May 30, 2021.
DOI: 10.17977/um038v4i22021p216.
[13] A. P. Fauziah et al., “Pemanfaatan Media Infografis sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta
Didik SD,” Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, vol. 2, no. 2, pp. 299–312, 2 Dec. 24, 2022. DOI: 10.53625/
jpdsh.v2i2.4363.
[14] Y. E. Harususilo. “”Why? Series”, Komik Pendidikan dengan Penjualan Lebih dari 2 Juta Eksemplar Halaman all,” KOMPAS.com. [Online]. Available: https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/22/181918571/why-serieskomik-pendidikan-dengan-penjualan-lebih-dari-2-juta-eksemplar.
[15] YeaRimDang, Why? Country - Greece. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2022.
[16] L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2021.
[17] E. Eriyanto, Analisis Isi :Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, 4th Edition. Prenada Media, 2017
Published
2024-11-25
How to Cite
Utami, G., Wahyudi, L., Bagja, B., & Kusuma, A. (2024). Analisis Kualitatif Konten Infografis Buku Why? Seri Greece Sebagai Media Edukasi Sejarah. Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, 6(2), 326-334. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/sasak.v6i2.4020
Section
Articles