Komunitas Soetedja Makerfest sebagai Ruang Kreatif: Perspektif Sosiologi Seni dalam Desain Grafis
DOI:
https://doi.org/10.30812/0hqve263Keywords:
Komunitas, Ekspresi Seni, Desain Grafis, PurwokertoAbstract
Komunitas Soetedja Makerfest hadir sebagai wadah ekspresi seni desain grafis bagi masyarakat Kota Purwokerto. Dengan latar belakang minimnya komunitas yang berfokus pada desain grafis serta terbatasnya ruang alternatif untuk berekspresi, komunitas ini berperan sebagai platform bagi para kreator untuk berkarya, berkolaborasi, dan mengembangkan ekosistem kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Komunitas Soetedja Makerfest dalam melakukan pola praktik berkesenian desain grafis dan peran nya sebagai wadah kreatifitas berkarya desain grafis di Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi guna menganalisis peran Soetedja Makerfest dalam perkembangan desain grafis di Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Soetedja Makerfest menjalankan praktik berkesenian desain grafis secara kolektif melalui kolaborasi antaranggota dan komunitas lain, serta berperan aktif dalam memajukan ekosistem seni dan ekonomi kreatif di Purwokerto. Penelitian ini juga menemukan bahwa Soetedja Makerfest berfungsi sebagai ruang alternatif kolaboratif yang mendorong pertumbuhan desain grafis lokal melalui kegiatan marketplace, workshop, dan diskusi, yang belum banyak dikaji dalam penelitian sebelumnya. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas ini aktif mengadakan pameran, workshop, dan kolaborasi dengan berbagai pelaku kreatif, sekaligus memanfaatkan ruang-ruang alternatif seperti pasar dan coffee shop sebagai tempat ekspresi seni. Dengan pendekatan kolaboratif dan pemanfaatan ruang non-konvensional, Soetedja Makerfest tidak hanya menjadi wadah bagi desainer grafis, tetapi juga berkontribusi dalam membangun ekosistem seni yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Purwokerto.
References
[1] J. A. Wolf, “Community: The true driver of excellence in human experience,” Patient Experience Journal, vol. 9, no. 1, pp. 1–4,
2022. DOI: 10.35680/2372-0247.1703.
[2] S. D. Suwandi dan N. Carina, “Reaktivasi area palma-purwokerto melalui urban akupunktur,” Jurnal Sains, Teknologi, Urban,
Perancangan, Arsitektur, vol. 4, no. 2, pp. 1721–1736, 2023. DOI: 10.24912/stupa.v4i2.22248.
[3] G. A. Resticka, E. Nurdiyanto, dan S. N. Yanti, “Banyumas proper names: structure and cultural reflection,” vol. 6, no. 1,
pp. 13–22, 2021. DOI: 10.22515/LJBS.V6I1.2441.
[4] K.-G. Zheng dan I. Nah, “A Study on the Caracteristic and Cases of Complex Cultural Space of Outsider Art,” vol. 33, no. 2,
pp. 10–19, 2024. DOI: 10.14774/jkiid.2024.33.2.010.
[5] K. Gurney, “Epistemic Disobedience: Institution-Building as Artistic Practice,” in Arts Research Africa 2022 Conference Proceedings, Johannesburg: University of the Witwatersrand, 2022, pp. 158–168. DOI: 10.54223/10539/35901.
[6] N. Saleh, “A State Avant-Gardism: Alternative Spaces and Cultural Policies in the United States,” Visual Resources, vol. 37,
no. 3, pp. 1–26, 2023. DOI: 10.1080/01973762.2023.2191399.
[7] I. Fillis, “The tension between artistic and market orientation in visual art,” in Marketing the Arts, 1st, London: Taylor & Francis
(Routledge), 2010, ch. 4, pp. 31–39. DOI: 10.4324/9780203855072-12.
[8] M. Pitaloka, “Peran Komunitas Seni Rupa ”ORArT-ORET” sebagai Wadah Ekspresi Seni Masyarakat Kota Semarang,” Imajinasi, vol. 11, no. 1, pp. 61–68, Jan. 2017. DOI: https://doi.org/10.15294/imajinasi.v11i1.11188.
[9] M. Anggrian, “Mes 56: Praktik Edukatif Seni Fotografi Kontemporer di Yogyakarta,” Imajinasi, vol. 12, no. 2, pp. 65–76, 2018.
DOI: https://doi.org/10.15294/imajinasi.v12i2.17473.
[10] V. Puspita, “Praktik Seni Rupa Partisipatoris Di Yogyakarta (Studi Kasus Ketjilbergerak Dalam Proyek Sambung Rasa),” Yogyakarta, 2017.
[11] A. P. Aji dan B. Y. Kausan, “SATU ATAP,” Jurnal Analisa Sosiologi, vol. 9, no. Edisi Khusus: Sosiologi Perkotaan, pp. 93–107,
2020.
[12] O. D. Wardana dan J. Husna, “Pemanfaatan Internet Dalam Pembuatan Desain Grafis Di Kampung Desain Komunitas RewoRewo,” Jurnal Ilmu Perpustakaan, vol. 6, no. 1, pp. 321–330, 2017.
[13] A. Sulikowska-Dejena, D. Porczyński, dan E. Wejbert‐Wa̧ siewicz, “Looking at Arts Institutions, Communities, and Space:
Reflections and Research from the Field of Art Sociology,” Przegla̧d Socjologii Jakościowej, vol. 20, no. 3, pp. 6–13, 2024.
DOI: 10.18778/1733-8069.20.3.01.
[14] A. L. Tota, “When Sociology Meets the Work of Art: Analytical Frameworks to Study Artistic Production and Reception,”
in The Interrelation of Phenomenology, Social Sciences and the Arts, J. D. Michael Barber, Ed., 1st ed., New York: Springer
International Publishing, 2014, ch. 1, pp. 95–114. DOI: 10.1007/978-3-319-01390-9_8.
[15] R. W. Singh, “Sociology looks at the arts,” Visual Studies, vol. 31, no. 4, pp. 354–355, 2016. DOI: 10.1080/1472586X.2015.
1115689.
[16] V. D. Alexander, Sociology of the Arts: Exploring Fine and Popular Forms. 2020.
[17] J. Li, J. Zhang, dan Q. Liu, “Spatial game with multiple interaction patterns in constrained interaction environment: A computational method based on opponent’s ability,” Chaos, Solitons & Fractals, vol. 178, no. 1, pp. 33–45, 2024. DOI: 10.1016/j.
chaos.2023.114376.
[18] J. S. Kim et al., “Spatial interactions,” Quantitative Economics, vol. 14, no. 4, pp. 1295–1335, 2023. DOI: 10.3982/qe1720.
[19] J.-C. Goulet‐Pelletier dan D. Cousineau, “The Creative Space Theory as a map to explore the mind,” Possibility Studies &
Society, vol. 2, no. 1, pp. 77–106, 2024. DOI: 10.1177/27538699241233195.
[20] V. Mejía-Londoño dan E. Redón-Vélez, “Spatial Elements and Their Influence on Creative Work: A Systematic Literature Review,” in International Design Engineering Technical Conferences and Computers and Information in Engineering Conference,
Massachusetts, 2023, pp. 52–62. DOI: 10.1115/detc2023-115000.
Downloads
Published
Versions
- 2025-06-12 (2)
- 2025-06-12 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adnan Setyoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Alfiandi Eka Kusuma, Gusnita Linda, Multimodalitas Wacana Kritis Keagamaan Dalam Komik Aji Prasetyo , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 4 No. 2 (2022): SASAK
- Adnan Setyoko, Robert Hendra Yudianto, Karya Seni Poster Shepard Fairey dalam Kajian Semiotika Van Zoest: Analisis Sintaksis, Simantik dan Pragmatik , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 4 No. 1 (2022): SASAK
- Gladi Pawestri Utami, Luqman Wahyudi, Bachrul Restu Bagja, Alfiandi Eka Kusuma, Analisis Kualitatif Konten Infografis Buku Why? Seri Greece Sebagai Media Edukasi Sejarah , Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi: Vol. 6 No. 2 (2024): SASAK