Pengaruh Pengetahuan, Sikap, Dan Peran Tenaga Kesehatan Terhadap Pemberian Vitamin A

  • M. Zulfikar Al-Fariqi Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas Bumigora
  • Dede Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mahardika, Cirebon
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Peran Tenaga Kesehatan, Pemberian Vitamin A

Abstract

Salah satu vitamin yang larut dalam lemak atau minyak adalah vitamin A. Vitamin A merupakan zat gizi yang penting (essensial) bagi tubuh manusia, karena Vitamin A berfungsi untuk membantu pembentukan jaringan tubuh dan tulang, meningkatkan penglihatan dan ketajaman mata, memelihara kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan kekebalan tubuh, memproteksi jantung, anti kanker dan katarak, pertumbuhan dan reproduksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, sikap, dan peran tenaga kesehatan terhadap pemberian vitamin A. Rancangan penelitian ini deskriptif analitik dengan cara pendekatan secara cross sectional, sample dalam penelitian ini adalah 90 orang ibu yang mempunyai balita di wilayah kerja Puskesmas Sakra. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah dengan sampel random sampling dan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengetahuan (p= 0,04), sikap (p= 0,037), dan peran tenaga kesehatan (p= 0,04) terhadap pemberian vitamin. Analisa data yang digunakan dengan uji chi square.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengetahuan, sikap, dan peran tenaga kesehatan merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi pemberian vitamin A di wilayah kerja Puskesmas Sakra. Peneliti menyarankan bagi tenaga kesehatan perlu melakukan penyuluhan akan pentingnya pemberian vitamin A.

References

Almatsier, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum, 2011.
(2) Astuti, E.P., “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemberian Vitamin A pada Balita Di Posyandu Dayu Makmur Sleman,” Stikes Jenderal Achmad Yani. Yogyakarta, 2013.
(3) Ravenala, AE, “Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian Kapsul Vitamin A dosis tinggi pada ibu nifas di wilayah kerja puskesmas pangkalan kasai kecamatan seberida kabupaten indragiri hulu tahun 2012,” Program Sarjana FKM.UI. DepoK, 2012.
(4) Kemenkes RI., Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes RI, 2019.
(5) Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Profil Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Mataram, 2019.
(6) Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Profil Kesehatan Kabupaten Lombok Timur Tahun 2019, Selong, 2019.
(7) Indarwati, E., “Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan CakupanPemberian Vitamin A Pada Balita DI PKD Melati Sari Desa Durensari Kecamatan Bagelan Kabupaten Purwerejo,” Jurnal Komunikasi Kesehatan (Edisi 10), 6(1), 2012.
(8) Notoatmodjo, S., Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
(9) Heny, Sepduwiana & Meri, “Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Yang Memiliki Balita tentang Pemberian Vitamin A di Posyandu Sayang Balita Kelurahan Ujung Batu Wilayah Kerja Puskesmas Ujung Batu,” April –Mei 2010; 2010.
(10) Fazria, J.T., “Tingkat pengetahuan Ibu Tentang Vitamin A Pada Balita Dipolindes Singosari, Mojosongo, Boyolali,” Surakarta : STIKes Kusuma Husada. 2012.
(11) Ismawati, C. S., Proverawati, A., dan Pebriyanti, S., Posyandu dan Desa Siaga, Yogyakarta : Nuha Medika, 2010.
Published
2020-11-18
How to Cite
Al-Fariqi, M. Z., & Setiawan, D. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Sikap, Dan Peran Tenaga Kesehatan Terhadap Pemberian Vitamin A. Nutriology Jurnal, 1(2), 60-65. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/nutriology.v1i2.976
Section
Articles