Evaluasi Kepuasaan Pasien Dan Analisis Sisa Makanan Pada Menu Yang Di Sajikan Di Rsud Prof Dr W. Z Yohanes Kupang
Abstract
Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS) merupahkan bagian integral dari pelayanan kesehatan lainnya di Rumah Sakit. PGRS merupahkan upaya memperbaiki, dan meningkatkan gizi makanan yang di berikan dan disesuaikan dengan keadaan pasien berdasarkan kondisi klinis, status gizi, dan statussmetabolisme tubuh. Keadaan gizi pasien sangat berpengaruh pada proses penyembuhan penyakit, sebaliknya proses perjalanan penyakit dapat berpengaruh terhadap keadaan gizi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasaan makanan dan sisa makanan pada menu yang di sajikan di RSUD Prof Dr. W.Z Yohanes Kupang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif bidang gizi institusi untuk mendapatkan kepuasaan makanan dan gambaran sisa makanan di ruang rawat inap di RSUD Prof W.Z Yohanes Kupang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 26 pasien (81%) yang suka pada warna menu makan pagi yang di sajikan . Sebanyak sebanyak 21 pasien (66%) yang suka pada Rasa makan siang dan sebanyak 20 pasien (63%) yang suka pada rasa makan malam. Sebanyak 20 pasien (62%) yang tidak suka pada Aroma menu makan pagi yang di sajikan..Sebanyak 18 pasien (56%) yang suka pada tekstur menu makan pagi yang di sajikan , 9 pasien (28%) yang dapat menghabiskan menu makan pagi. Pasien yang mendapatkan pelayanan gizi dirumah sakit kupang sebanyak lebih dari 50% menyukai menu makan yang diberikan oleh petugas gizi dirumah sakit pada 3 kali waktu pemberian makan (pagi, siang, dan malam), kecuali pada aroma makanan, khususnya pada menu makan pagi, sebanyak 62% tidak menyukai aroma makanan yang disajikan. Sedangkan pada variabel sisa makanan pasien rata-rata, tidak menghabiskan makanan yang diberikan.
References
(2) Ruliana. 2017. Pelayanan Gizi Rumah Sakit dalam Buku Ilmu Gizi. Jakarta: EGC
(3) Gobel, Van, Yunanci, Sri. 2011. Menu Pilihan diet nasi yang di sajikan berpengaruh terhadap tingkat kepuasaan pasien VIP di RSUD Propinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, Vol. 7 (3) : 112 -20
(4) Puruhita, Hagnyonowati, Adianto, Murbawani , Ardiaria. 2014. Gambaran sisa makanan danm mutu makanan yang di sediakan instalasi gizi rumah sakit umum pusat Dr Kariadi Semarang. JHN, Vol 2, No 3 Juli 2014.
(5) Aritonang. 2011. Penyelenggaraan Makanan (Manajemen Sistem Pelayanan Gizi Swakelola & Jasa Boga di Instalasi Gizi Rumah Sakit) Leutika. Jogyakarta
(6) Mustafa, Hadju, Jafar. 2012. Tingkat kepuasaan pasien rawat inap terhadap pelayanan makanan rumah sakit umum Mamuju Propinsi Sulawesi Barat. Jurnal Media Gizi Masyarakat Indonesia, Vol .2 No 1, Agustus 2012 : 27-32
(7) Wiboworini B. 2000. Pengaruh Penggunaan Menu Pilihan berdasarkan kesukaan makanan terhadap tingkat kepuasaan pasien pavilium RSUD Moewardi Surakarta ( Tesis).Program Pascasarjana UGM.
(8) Irawati I, Prawiningdyah, Budiningsari. 2010. Analisis sisa Makanan Pasien Skizofrenianrawat inap di rumah sakit jiwa Madani Palu. J Gizi Klinik Indonesia, 2010 ; 6(3):123-30
(9) Bakri, B. 2017. Pelayanan Gizi Rumah Sakit dalam Buku Ilmu Gizi. EGC
(10) Dewi susila Rusdiani, Adriani, M. 2017. Perbedaan kepuasaan pasien terhadap makanandengan system penyelenggaraan outsorcing dan swakelola di RS Islam Jemur Sari Surabaya. Jurnal Amerta Nutr (2017) 209- 219
(11) Kemenkes R.I. 2016. Modul peningkatan tentang Perencannan Kebutuhan Bahan makanan Pasien di Fasilitas Pelayanan kesehatan bagi tenaga pendidik gizi.Badan PPSDM Kemenkes R.I
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.