Hygiene dan Sanitasi Penjamah Makanan Pada Ruangan Pengolahan RSUD Datu Beru Aceh Tengah

  • Rahmah Rahmah Instalasi Gizi RSUD Datu Baru Takengon Aceh Tengah. Aceh
  • Habsyah Kamal
Keywords: Hygiene, Penjamah Makanan, Sanitasi, RSUD

Abstract

Jasa Pelayanan yang bertujuan untuk memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan yang dipenuh sesuai dengan standart yang ditetapkan oleh pemerintah. Pemberian makanan yang disajikan oleh instalasi gizi, tentunya dapat dikonsumsi dengan sangat baik, sehingga sangat di perlukan makanan-makanan yang berkualitas baik. Penjamah makanan juga berperan penting dalam melindungi kesehatan pasien pada rumah sakit dan terhindar dari segala penyakit yang diakibatkan kontaminasi makanan. Penjamah makanan adalah mereka yang bersentuhan langsung dengan makanan dan peralatan selama persiapan, pembersihan, pengolahan dan penyajian. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan observasional. Sasaran yang digunakan dalam penelitian Tingkat hygiene dan sanitasi petugas pengolahan makanan di instalasi gizi RSUD Datu Baru Takengon Aceh Tengah. Berdasarkan hasil penelitin, perspektif petugas pengolahan dalam praktik hygiene dan sanitasi makanan di RSUD Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah sudah memiliki perilaku yang baik. Praktik higiene sanitasi petugas pengolahan di instalasi gizi menunjukkan bahwa semua petugas yang bertugas memiliki tingkat kepatuhan terhadap standar pelayanan berdasarkan standart yang telah ditentukan. Dan telah dilakukan petugas pengolahan di ruang instalasi gizi UPTD RSUD Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah didapatkan persentase tingkat hygiene dan sanitasi petugas adalah 91,95 % (Baik).

References

[1] Anonim, Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Tenaga Kesehatan. Jogyakarta: Puslitbang IKM FK UGM, 2000.
[2] L. Wayansari, I. Anwar, And Z. Amri, Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makan Institusi. Kemenkes Ri, 2018.
[3] A. Annas, H. N., E. Fauziah, M., And Lusida, “Gambaran Penerapan Higiene Dan Sanitasi Pengolahan Makanan Di Rumah Makan Padang ‘X’
Pamulang Tangerang Selatan Tahun 2020,” Environ. Occup. Heal. Saf. J., Vol. 2, No. 1, Pp. 49–58, 2021.
[4] Mukrie, Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institus. Jakarta: Depkes Ri, 1996.
[5] Rande, “Gambaran Hygiene Penjamah Makanan Dan Sanitasi Peralatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari,” Politeknik Kesehatan Kendari, 2021.
[6] Y. I. K. Dewi, G. G. Putri, and R. F. Nurkhalim, “Gambaran Penerapan Prinsip Higiene Sanitasi Makanan Dan Minuman Pada Penjual Pecel Tumpang Di Wilayah Kota Kediri Overview Of The Application Of Food And Beverage Sanitation Principles On Tumpang Pecel Sellers In The Kediri City Area,” J. PIKes Penelit. Ilmu Kesehat., vol. 2, no. 1, pp. 26–35, 2021.
[7] K. Anwar, D. Navianti, and S. Rusilah, “Perilaku Hygiene Sanitasi Penjamah Makanan Di Rumah Makan Padang Wilayah Kerja Puskesmas Basuki Rahmat Kota Palembang,” J. Dunia Kesmas, vol. 9, no. 4, pp. 512–520, 2020.
[8] V. Sonia, H. Koesyanto, and A. Setyo, “Evaluasi Penerapan Higiene dan Sanitasi Penyelenggaraan Makanan di RSUD Sunankalijaga Kabupaten Demak,” Unnes J. Public Heal., vol. 4, no. 2, pp. 124–131, 2015.
[9] P. S. Kereh, Y. Tomastola, and A. J. R. Masengi, “Studi Tentang pengetahuan, Perilaku dan Kebersihan Penjamah Makanan di Instalasi Gizi BLU RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado,” Gizido, vol. 5, no. 1, pp. 20–27, 2013.
[10] A. S. Assidiq, M. Darawati, A. Chandradewi, and N. L. Suranadi, “Pengetahuan, Sikap Dan Personal Hygiene Tenaga Penjamah Makanan Di Ruang Pengolahan Makanan,” J. Gizi Prima (Prime Nutr. Journal), vol. 4, no. 2, p. 81, 2019.
[11] Ruth Meiliyanti, “Gambaran Hygiene Penjamah Makanan Dan Sanitasi Di Instalasi Gizi Rsud Deli Serdang,” Politeknik Kesehatan Medan, 2019.
[12] V. L. G. Syahlan, W. B. S. Joseph, and O. J. Sumampouw, “Higiene Sanitasi Pengelolaan Makanan Dan Angka Kuman Peralatan Makan (Piring) Di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih Gmim Kota Manado,” J. Kesmas, vol. 7, no. 5, pp. 1–7, 2018.
[13] P. P. Arfines, Zahra, D. N. Iswarawanti, and I. Saptarini, “Praktik Higiene Sanitasi Pangan Penjamah Makanan Dalam Penjualan Makanan Pada Awal Pandemi Covid-19 Di Jabodetabek,” J. Ekol, vol. 20, no. 3, pp. 188–203, 2021.
[14] A. Auliya and D. N. Aprilia, “Pengaruh Hygiene Pengolahan Makanan Terhadap kualotas makanan di hotel aston rasuna jakarta,” J. Hosp. dan Pariwisata, vol. 2, no. 2, pp. 216–227, 2016.
[15] T. Jiastuti, “Higiene sanitasi pengelolaan makanan dan keberadaan bakteri pada makanan jadi di rsud dr harjono ponorogo,” J. Kesehat. Lingkung., vol. 10, no. 1, pp. 13–24, 2018.
[16] E. Nurseha, I. Haryanto, and dian titis Torina, “Penjamah makanan, higiene dan sanitasi, rumah sakit holistic,” J. Holist. Heal. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 26–39, 2018.
Published
2022-10-31
How to Cite
Rahmah, R., & Kamal, H. (2022). Hygiene dan Sanitasi Penjamah Makanan Pada Ruangan Pengolahan RSUD Datu Beru Aceh Tengah. Nutriology : Jurnal Pangan,Gizi,Kesehatan, 3(2), 37 - 43. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/nutriology.v3i2.2450
Section
Articles