Aplikasi Monitoring Laporan Aduan Masyarakat pada Desa Kedunggede Kecamatan Lumbir

  • Gustin Setyaningsih Universitas Amikom Purwokerto
  • Hera Fitra Universitas Amikom Purwokerto
  • Hanun Karomatunnisa Universitas Amikom Purwokerto
  • Palupi Pandanarum Universitas Amikom Purwokerto
Keywords: Teknologi Informasi, Pengaduan Masyarakat, Pemerintah Desa, Aplikasi Mobile, Monitoring Laporan

Abstract

Teknologi informasi merupakan salah satu hal yang memiliki peranan penting di era saat ini. Perkembangan teknologi semakin pesat setiap tahunnya menciptakan fasilitas-fasilitas sehingga memberikan kemudahan bagi penggunanya. Teknologi informasi secara langsung berdampak pada kehidupan individu dan sosial seperti instansi pemerintah desa. Desa memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan pelayanan kepada publik. Membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara merupakan kegiatan yang harus dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan masyarakat tentang peningkatan pelayanan publik. Pengaduan masyarakat merupakan salah satu upaya untuk membuat masyarakat berperan serta dalam usaha pemerintah meningkatkan pelayanan publik dan penerapan good governance. Masyarakat dapat membantu memberikan informasi kepada pemerintah desa mengenai permasalahan-permasalahan yang ada di Desa Kedunggede seperti keramaian, kriminal dan pelayanan. Pelayanan publik mengenai penerimaan pengajuan aduan dan tanggapan pengaduan di Desa Kedunggede masih bersifat manual. Hal ini menyebabkan masyarakat kurang efektif dalam menyampaikan keluhan yang mengakibatkan keluhan tidak tersampaikan dengan tepat. Maka dalam penelitian ini, kami membangun aplikasi dengan metode pengembangan sistem waterfall yang menerima keluhan atau aduan masyarakat Desa Kedunggede untuk mempermudah penyampaian aduannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Republik Indonesia, “Undang-Undang Nomor 6 Tentang Desa.” Sekretariat Negara, Jakarta, 2014.
[2] D. S. Darmawan, D. Ruhyadi, and Kuswinanti, “Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Android,” in Seminar Nasional Rekayasa dan Teknologi, 2019, pp. 40–44.
[3] S. W. Mursalim, “Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Sistem Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Kota Bandung,” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, vol. 15, no. 1, pp. 1–17, Jun. 2018.
[4] D. A. Gammayani, I. H. Nabawi, and M. I. Alfatih, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Koordinasi antara Perpustakaan Nasional dengan Perpustakaan Provinsi,” Record and Library Journal, vol. 1, no. 2, pp. 120–128, 2015.
[5] “Indeks Pembangunan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi 2018,” BPS RI, 2018. .
[6] Kosidin and R. N. Farizah, “Pemodelan Aplikasi Mobile Reminder Berbasis Android,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2016, pp. 271–280.
[7] A. Y. Pratama, I. A. Prabowo, and A. Normassari, “(Alpukat) Aplikasi Pengaduan Masyarakat untuk Melaporkan Kejadian Pungutan Liar di Kabupaten Kudus Berbasis Android,” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 2, pp. 399–404, 2017.
[8] S. Mukmin and P. Inggih, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Mobile untuk Navigasi ke Alamat Pelanggan TV Berbayar (Studi Kasus: Indovision Cabang Pekanbaru),” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 82–94, 2016.
[9] R. H. Dai, L. Hadjaratie, and N. F. Bouti, “Rancang Bangun Aplikasi E-Report Pengaduan Masyarakat Design Public Complaint E-Report Application,” Jurnal Electronics, Informatics and Vocational Education, vol. 2, no. 1, pp. 65–73, 2017.
[10] A. Satyaputra and E. maulian Aritonang, Java for Beginners with Eclipse 4.2 Juno. Jakarta: Elexmedia Komputindo, 2010.
[11] A. Anofrizen, “Program Keluarga Harapan Kota Pekanbaru ( Studi Kasus : Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru ),” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 97–101, 2017.
[12] F. Eriyani, B. Priyambadha, and H. Nurwarsito, “Pengembangan Aplikasi Mobile Pengaduan Masyarakat pada Dinas Perhubungan Kota Malang Menggunakan Fitur Location Based Service Berbasis Android,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 4, pp. 4083–4091, 2019.
[13] S. Suryadi, “Penanganan Keluhan Publik Pada Birokrasi Dinas Perijinan,” Journal Universitas Airlangga, vol. Vol. 23 No, 2010.
[14] R. Siti, W. Ida, and K.Muhammad, “Pengembangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kabupaten Jepara Berbasis Web,” Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 111–123, 2017.
[15] A. W. P. Widayat, “Rancang Bangun Aplikasi Quick Response Berbasis Web dan SMS Gateway dalam Melayani Pengaduan Masyarakat,” Fakultas Dian Nuswantoro, Universitas Dian Nuswantoro, vol. 1, pp. 3–4, 2014.
[16] C. Tristianto, “Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan,” Jurnal Teknologi Informasi ESIT, vol. 12, no. 1, pp. 41–56, 2018.
[17] M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” vol. 1, no. 3, pp. 31–36, 2015.
Published
2020-09-29
How to Cite
Setyaningsih, G., Fitra, H., Karomatunnisa, H., & Pandanarum, P. (2020). Aplikasi Monitoring Laporan Aduan Masyarakat pada Desa Kedunggede Kecamatan Lumbir. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 183-192. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.829
Section
Articles