A Analisis Portofolio Investasi dengan Metode Mean Varian Dua Konstrain

  • Gilang Primajati STMIK Bumigora Mataram
  • Ahmad Ahmad STMIK Bumigora Mataram
Keywords: risk averse,  mean-variance efficient, mean expected return

Abstract

Dalam pembentukan portofolio efisien, banyak metode yang dapat digunakan. Tentu dengan berbagai asumsi dan keungulannya tersendiri. Pada prosesnya, asumsi investor yang wajar cenderung menghindari risiko (risk averse). Investor yang risk averse adalah investor yang jika dihadapkan pada dua investasi dengan expected return yang sama, maka ia akan memilih investasi dengan tingkat risiko yang lebih rendah. Jika seorang investor memiliki beberapa pilihan portofolio yang efisien, maka portofolio yang paling optimal-lah yang akan dipilihnya.

Portofolio optimal dengan kriteria mean-variance efficient portfolio, investor hanya berinvestasi pada aset-aset berisiko saja. Investor  tidak memasukkan aset bebas risiko (risk free asset) dalam portofolionya. Mean-variance efficient portfolio didefinisikan sebagai portofolio yang memiliki variansi yang minimum di antara keseluruhan kemungkinan portofolio yang dapat dibentuk, pada tingkat mean expected return yang sama. Metode mean varian dua konstrain dapat dijadikan dasar dalam penentuan bobot portofolio yang optimal yaitu dengan meminimalkan resiko return portofolio dengan dua kendala. Pada artikel ini kendala yang dimaksud disimbolkan dengan lamda dan beta. Dengan metode dua konstrain ini hasil yang diperoleh lebih detail sehingga mampu menggambarkan hasil analisa yang lebih tajam bagi seorang investor.

References

[1] Abdurrakhman, 2007, Buku Ajar Pengantar Statistika Keuangan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
[2] Anton, H., dan Rorres, C., 2005, Elementary Linear Algebra, Applications Version. Ninth Edition, John Wiley & Sons, inc., New York.
[3] Rosadi, D., 2012, Diktat Kuliah Manajemen Resiko Kuantitatif, Program Studi Statistika, FMIPA, Universitas Gadjah Mada.
[4] Bain, L. J., dan Engelhardt, Max, 1992, Introduction to Probability and Mathematical Statistics 2nd Edition, Duxbury Press, Belmont, California.
[5] Data harga saham, http: yahoo.finance.com., diakses tanggal 15 Januari 2016.
[6] Data saham LQ-45, http: www.idx.co.id., diakses tanggal 5 Januari 2016.
[7] Tandelilin, Eduardus, 2001, Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio Edisi Pertama, Yogyakarta, BPFE Yogyakarta.
Published
2018-10-26
How to Cite
[1]
G. Primajati and A. Ahmad, “A Analisis Portofolio Investasi dengan Metode Mean Varian Dua Konstrain”, Jurnal Varian, vol. 2, no. 1, pp. 24-30, Oct. 2018.
Section
Articles