PENGARUH EFEKTIVITAS DISTRAKTOR PADA ITEM TES PILIHAN GANDA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Ahmad Ahmad STMIK Bumigora Mataram
  • Nipaah Nipaah UIN Mataram
Keywords: Efektivitas, Distraktor, Prestasi Belajar

Abstract

Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh efektivitas distraktor terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs.N Model Kuripan Tahun Ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian ex post facto, dimana data yang dianalisis adalah data prestasi siwa yang sudah ada dan di dokumentasikan. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs.N Kuripan Semester II (Genap) yang terdiri dari lima kelas yaitu VIIA,VIIB,VIIC,VIID, dan VIIE. Dan pada penelitian ini peneliti menggunakan populasi penelitian yaitu semua kelas VII yang berjumlah 127 siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan persamaan regresi sederhana diperoleh nilai F hitung lebih besar dari F tabel sehingga dapat di simpulkan ada pengaruh negatif efektivitas ditraktor terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs.N Model Kuripan Tahun Ajaran 2010/2011.

References

[1] Anas Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2009
[2] Budiono, Metode Penelitian Pendidikan. Sarakarta : Sebelas Maret University Press. 2003
[3] Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Badung : Remaja Rosdakarya, 2009
[4] Riduwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta, 2010.
[5] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta, 2008.
[6] Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008
[7] Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineke Cipta, 2006. [8] Sukardi. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara, 2008 [9] Daryanto. Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT. Renike Cipta, 2005.
Published
2017-09-27
How to Cite
[1]
A. Ahmad and N. Nipaah, “PENGARUH EFEKTIVITAS DISTRAKTOR PADA ITEM TES PILIHAN GANDA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA”, Jurnal Varian, vol. 1, no. 1, pp. 76-82, Sep. 2017.
Section
Articles