Plagiarism policy

Pengecekan Plagiarisme
Dewan redaksi jurnal Sasak mengakui bahwa plagiarisme tidak dapat diterima dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan (sanksi) tertentu atas identifikasi penjiplakan / kesamaan dalam artikel yang dikirimkan untuk dipublikasikan di jurnal Sasak. Matrik akan menggunakan perangkat lunak pengecekan orisinalitas CrossCheck sebagai alat untuk mendeteksi kemiripan teks dalam naskah artikel dan artikel versi final yang siap dipublikasikan. Jika artikel melebihi batas maksimal 25%, artikel akan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki dan dikirimkan kembali.

Definisi

Plagiarisme adalah “pencurian dan publikasi” bahasa, pemikiran, ide, dan ekspresi penulis lain yang diklaim sebagai karya asli seseorang.

Pemeriksaan plagiarisme

Jurnal Sasak memastikan bahwa artikel jurnal tersebut bukan hasil penjiplakan sebelum dipublikasikan dengan cara mengeceknya menggunakan software pengecekan CrossCheck (powered by Ithenticate). CrossCheck digunakan untuk mendeteksi contoh tumpang tindih dan kesamaan artikel. Batas maksimum penjiplakan yang diterapkan dalam MATRIK adalah 25% dan jika naskah yang diserahkan melebihi 25% dari penjiplakan, maka naskah akan ditolak tanpa ditinjau ulang. Penulis disarankan untuk merevisinya dan mengirimkan kembali artikel tersebut.

Keaslian

Penulis harus mengonfirmasi bahwa artikel tersebut belum dikirim ke peer review, juga tidak sedang dalam proses peer review, juga tidak diterima untuk diterbitkan di jurnal lain. Penulis juga harus memastikan bahwa  karya penelitian mereka adalah asli, dan bahwa semua data yang diberikan dalam artikel tersebut adalah nyata dan otentik. Jika perlu, artikel dapat ditarik kembali, dan kesalahan diperbaiki.