Re-Branding Identitas Visual Usaha Kopi Pengonong di Desa Batu Kumbung Lombok Barat

  • Bhayu Julian Purnama Universitas Bumigora Mataram
  • Hasbullah Hasbullah universitas bumigora
  • I Nyoman Yoga Sumadewa Universitas Bumigora
Keywords: Re-branding, Kopi, Pengonong, Batu Kumbung, Lombok Barat

Abstract

Kopi menjadi bentuk tradisi menarik minat masyarakat, khususnya bagi yang memposisikannya menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Usaha kopi di berbagai pelosok negeri ini sudah mulai menjamur, salah satunya Kopi Pengonong yang terletak di Dusun Pengonong, Desa Batu Kumbung, Kec. Lingsar, Kab Lombok Barat yang membuat atau mengolah produk minuman kopi tradisional. Akan tetapi, keberadaan Kopi Pengonong belum banyak masyarakat luas mengenalnya. Hal demikian, dikarenakan kurangnya sentuhan branding yang komunikatif. Permasalahan dalam tulisan ini adalah tentang bagaimana bentuk re-branding Kopi Pengonong sehingga dapat dikenal masyarakat luas. Tujuannya untuk memberikan gambaran tentang re-branding sebuah usaha kopi serta sangat efektif dalam mendorong kemajuan usaha serta meningkatkan hasil penjualan. Metode yang digunakan adalah design thinking dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil re-branding berupa logo kopi yang mengomunikasikan sebuah cita rasa yang khas dari Dusun Pengonong. Proses perancangan terdiri dari: Penjaringan ide, pembuatan sketsa, pembuatan layout dan pewarnaan, serta proses pencetakan. Media utama penerapan branding kopi terletak pada desain kemasan sedangkan media pendukung terdiri dari baju, dan woody bag. Melalui re-branding ini, diharapakan dapat meningkatkan nilai jual terhadap pengusaha Kopi Pengonong.

Published
2022-01-18
How to Cite
Purnama, B., Hasbullah, H., & Sumadewa, I. (2022). Re-Branding Identitas Visual Usaha Kopi Pengonong di Desa Batu Kumbung Lombok Barat. Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, 3(2), 58-66. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/sasak.v3i2.1699
Section
Articles