Analisa Tingkat Kinerja PT. POS Indonesia Diukur Menggunakan Metode Balance Scorecard dengan Six Sigma

  • Siti Zohrah Indah Mahartati Universitas Bumigora
  • Ni Ketut Sriwinarti Universitas Bumigora Mataram
  • Defel Septian Universitas Bumigora
Keywords: Balance Scorecard, Kinerja Perusahaan, PosPay, Six Sigma

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada permasalahan yang muncul pada saat pandemi terjadi dimana pandemi telah menjadi titik awal dari perubahan sistem yang terjadi pada setiap usaha, khususnya usaha yang berkontak langsung dengan konsumen. Berbagai transformasi pelayanan telah dilakukan untuk menyesuaikan terhadap aturan pembatasan yang di terapkan oleh pemerintah. Untuk mengatur jumlah kunjungan, PT Pos Indonesia merancang dan membangun aplikasi yang di beri nama PosPay. Adanya aplikasi ini berdampak pada perubahan sistem kerja dan pelaporan pada PT Pos Indonesia, hal inilah yang menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kinerja PT. Pos Indonesia Cabang Utama Mataram yang diukur sengan menggunakan metode Balance Scorecard dengan Six Sigma.  Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan triangulasi data untuk menguji keabsahan data penelitian, menunjukan bahwa menganalisis tingkat kinerja menggunakan empat perspektif yang di ukur dengan lima tahapan teori six sigma yaitu: (1) Perspektif finansial berpengaruh terhadap adanya pospay yang muncul pada perusahaan (2) Perspektif pelanggan berpengaruh terhadap pospay pelanggan merasakan kepuasan akan kinerja yang diberikan. (3) Perspektif proses bisnis internal berpengaruh dengan tingkatan penggunaan pospay terhadap bisnis interna yang dikeluarkan oleh perusahaan. (4) Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan tidak berpangaruh terhadap adanya pospay, karena perusahaan tidak memanfaatkan pengguna untuk pengelolaan internal perusahaan secara merata untuk disetiap bagian perusahaan

References

Afifuddin, M., & Gunarta, I. K. (2017). Analisis Preferensi Manajemen Terhadap Strategi Pengukuran Kinerja Dengan Mengintegrasikan Balanced Scorecard Dan Game Theory (Studi Kasus : Pt. Jawa Pos Media Televisi). Journal of Industrial Engineering Management, 2(2), 77. https://doi.org/10.33536/jiem.v2i2.169
Afiq, M. K., & Ardyanfitri, H. (2021). Analisis Kinerja Manajemen PT Sariguna Primatirta Tbk. Menggunakan Metode Balanced Scorecard Periode 2018-2020. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(2), 37–50. https://doi.org/10.15642/manova.v4i2.535
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
Anggarini, D. T. (2021). Upaya Pemulihan Industri Pariwisata Dalam Situasi Pandemi Covid -19. Jurnal Pariwisata, 8(1), 22–31. https://doi.org/10.31294/par.v8i1.9809
Baldah, N. (2020). Analisis Tingkat Kecacatan Dengan Metode Six Sigma Pada Line Tgsw. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 27–44. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.4
Dewi, D. C., Vidya Yanti Utami, & Yusuf, S. Y. M. (2021). Re-modeling Sistem Pelayanan Publik Sebagai Bentuk Tanggap Kebijakan Dalam Mendukung Tatanan Normal Baru (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram). Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik), 1(1), 1–12. https://doi.org/10.47134/rapik.v1i1.1
Dewi, K., & Surya, A. K. (2015). Penerapan Balanced Scorecard untuk Menilai Kinerja PT XL Axiata Tbk dalam Mencapai Strateginya. Binus Business Review, 6(2), 268. https://doi.org/10.21512/bbr.v6i2.976
F. Hutami, R. R., & Yunitasari, C. (2016). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Six Sigma Pada Perusahaan Percetakan Pt. Okantara. Kinerja, 20(1), 81. https://doi.org/10.24002/kinerja.v20i1.699
Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid-19. Journal.Uinjkt.Ac.Id, 4(1), 197–202. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15809
Handayani, S. (2017). Analisis Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Kinerja Perusahaan Pada Pt Pos Indonesia ( Persero ) Lamongan. Jurnal Akuntansi, 2(3), 13. https://doi.org/10.30736/jpensi.v2i3.110
Margaretha, F., & Ginting, K. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Bumn Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(01), 77872.
Ningtyas, A., & Priyadi, M. P. (2013). Penerapan Balanced Scorecard pada PT Kereta Api Indonesia DAOP VIII Surabaya. 2(4).
Nining Dwi Rahmawati, ivonne s saerang paulina van rate. (2014). Kata kunci : TATO, NPM, ROI, DER, Dividend Payout Ratio. 2(2), 1306–1317.
Nugrahayu. (2015). Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(10), 1–16.
Oktora, F. E. (2019). Kinerja Pt. Pos Indonesia (Persero) Cabang Manado Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. SEIKO : Journal of Management & Business, 3(1), 172. https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i1.526
Priananda, A., Oktavianthie, N., Rahmanto, I. N., & Paramitha, P. D. A. (2021). Analisis Implementasi Konsep Six Sigma Dalam Manajemen Proses Bisnis Pada Pt Telkom Indonesia Tbk. Researchgate.Net, September, 0–15. https://www.researchgate.net/profile/Ilmiana-Savema/publication/354839226_Analisis_Implementasi_Konsep_Six_Sigma_Dalam_Manajemen_Proses_Bisnis_Pada_PT_UNILEVER_INDONESIA_Tbk/links/614f1a36522ef665fb5b02b9/Analisis-Implementasi-Konsep-Six-Sigma-Dalam-Manaj
Putra, D. P., Faris, A., Himawan, I., Gresik, U. M., & Timur, J. (2022). Pendekatan Metode Six Sigma Pada Pt Langgeng. 3(01), 25–37.
Putri, C. Y. (2019). Analisis Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Rumah Sakit Umum Daerah Doloksanggul. 4(11), 5148–5156.
Soraya, H., & Gamayanto, I. (2016). Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Sistem Pengukuran Kinerja Manajemen Pada Rsud Dr. M. Ashari Pemalang. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–10.
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575
Widodo, A., & Azizi, M. Z. W. (2020). Integrasi Servqual Dan Six Sigma Untuk Peningkatan Kualitas Layanan Pelanggan Ukm Produk Kerajinan Kabupaten Rembang. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 19–34. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.19-34
Wijaya, Y. S. (2020). Nilai Karakter pada Struktur Simbolis Visual Topeng Panji Gaya Yogyakarta. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 18(1), 52–60. https://doi.org/10.33153/glr.v18i1.2772
Wulandari, I., & Bernik, M. (2018). Penerapan Metode Pengendalian Kualitas Six Sigma Pada Heyjacker Company. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 222. https://doi.org/10.14421/ekbis.2017.1.2.1008
Wulandari, R., Fahmi, I., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan Strategis dengan Pendekatan Balance Scorecard pada Perusahaan Properti (Studi Kasus : Elang Group). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 299–312. https://doi.org/10.17358/jabm.3.2.299
Published
2023-09-30