Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Ertiga di Sumatera Barat pada PT. Elang Perkasa Motor

  • Rama Dhania Universitas Tamansiswa Padang
  • Herry Hardian Universitas Tamansiswa Padang
Keywords: perilaku konsumen, periklanan, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dan periklanan terhadap keputusan pembelian mobil Suzuki Ertiga di Sumatera Barat. Populasi adalah seluruh konsumen yang telah membeli mobil Suzuki Ertiga di Sumatera Barat dan sampel berjumlah 100 orang responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan didapatkan variabel perilaku konsumen  berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Suzuki Ertiga di Sumatera Barat pada PT. Elang Perkasa Motor dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05. Variabel periklanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F yang dilakukan sebesar 49,119 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 serta nilai koefisien determinasi variabel perilaku konsumen dan periklanan sebesar 49,3% dan sisanya 50,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti brand image, kualitas produk dan harga.

 

Kata Kunci : perilaku konsumen, periklanan, keputusan pembelian.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Rajawali Pers.
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Kotler dan Keller. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta. In e – Jurnal Riset Manajemen.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sunyoto, D. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Yogyakarta: CAPS.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitiab. Bandung: Penerbit Andi.
Published
2020-12-31
Section
Article