Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Distro-Distro di Mataram)

  • Rian Indranopa Universitas Teknologi Mataram
  • Agus Hermanto Universitas Tekonologi Mataram
Keywords: store atmosphere, minat beli konsumen

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah store atmosphere yang terdiri dari exterior, general interior, store layout, dan interior display mempunyai pengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap minat beli konsumen pada distro-distro di Mataram? Dan variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap minat beli konsumen pada distro-distro di Mataram?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen. Jenis penelitian yang akan dilakukan bersifat asosiatif kausal dengan jumlah responden sebanyak 160 orang responden. Untuk menganalisis pengaruh store atmosphere digunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Koefisien Determinasi Berganda (R2). Adapaun pembaharuan dari penelitian terdahulu yang digubnakan dalam penelitian ini meliputi; pembaharuan variable devenden dan indevenden, analisis data dan jumlah responden yang digunakan.

Secara umum semua variabel independen pada penelitian ini berpengaruh namun tidak signifikan terhadap minat beli konsumen pada distro-distro di Mataram. Hal ini dikarenakan responden tidak begitu memperhatikan setiap variabel berkaitan dengan store atmosphere secara terpisah, karena store atmosphere itu sendiri merupakan satu kesatuan yang utuh. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Variabel store layput dan interior display berpengaruh signifikan terhadap minat beli konusmen pada distro-distro di Mataram. Saran untuk pebneliti selanjutnya yaitu peneliti memperhatikan variabel  exterior (bagian luar toko) yang terdiri dari papan nama toko, desain bangunan toko dan lingkungan sekitar dan vaariabel general interior (bagian dalam toko) yang terdiri dari pencahayaan, pendinginu adara dan kebersihan serta store layout (tata letak toko) yang terdiri dari penataan barang, jenis pakaian dan fasilitas toko.

References

Alma, B. (2011). Pemasaran dan Pemasaran Jasa. In Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
Gillani, F. (2012). Impact of Peer Pressure and Store Atmosphere on Purchase Intention: An Empirical Study on the Youngsters in Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.
Meldarianda, R., & Lisan S, H. (2010). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE).
Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta.
Published
2020-12-31
Section
Articles