Analisis Pengaruh Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER) dan Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018

  • Agus Hermanto Universitas Teknologi Mataram
  • Isra Dewi Kuntary Ibrahim Universitas Bumigora
Keywords: ROE, EPS, DER, DPR, Stock Price

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER) dan Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Harga Saham. Objek penelitian ini adalah pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 dengan metode penentuan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji kelayakan model penelitian dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ROE, EPS dan DPR menunjukkan pengaruh signifikan terhadap Harga Saham, Sementara variabel DER tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Kemampuan prediksi dari keempat variabel tersebut terhadap Harga Saham dalam penelitian ini sebesar 30,5%, sedangkan sisanya 69,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

References

Anastasia, N., Gunawan, Y. W., & Wijiyanti, I. (2003). Analisis Faktor Fundamental dan Risiko Sistematis Terhadap Harga Saham Properti Di BEJ. Jurusan Ekonomi Akuntansi, Fakultas Ekonomi - Universitas Kristen Petra Http://Puslit.Petra.Ac.Id/Journals/Accounting/, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-1825-3_226
Astuti, P. (2002). Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 1(2), 70–84.
Brigham, & Gapenski. (1999). Intermediate Financial Management. New York: The Dryden Press.
Dewi, S., & Sudiartha, G. M. (2011). Pengaruh Rasio CAEL Terhadap Kinerja Keuangan Bank Yang Terdaftar Di PT. BEI. Jurnal Manajemen Universitas Udayana.
Dharmastuti, F. (2004). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Keuangan Terhada Harga Saham Perusahaan Go Pulbik di BEJ. Jurnal Manajeman Jakarta Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya, 1(1).
Hanafi, M. M., & Halim, A. (2005). Analisis Laporan Keuangan (edisi kedu). Yogyakarta: AMP YKPN.
Husnan, S. (2004). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Investasi Sekuritas. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency cost and ownership structure. Journal of Finance Economic, 3, 305–360.
Kusumawardani, A. (2012). Analisis Pengaruh EPS, PER, ROE, FL, DER, CR, ROA pada harga saham dan Dampaknya terhadap Kinerja Perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI Periode 2005-2009. Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma.
Madichah. (2005). Pengaruh Earning Per Share ( Eps ), Dividen Per Share ( Dps ) Dan Financial Leverage ( Fl ) Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta. Fakultas Ilmu Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.
Martono, & Harjito, D. A. (2003). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonosia.
Marwata, M. (2001). Kinerja Keuangan, Harga Saham dan Pemecahan Saham. The Indonesian Journal Of Accounting Research, 4(2).
Muharam, H. (2002). Analisis Pengaruh Informasi Fundamental Terhadap harga Saham: Studi Kasus Pada Seratus Emiten Terbaik Di BEJ Tahun 2002 Versi Majalah Investor. Media Ekonomi & Bisnis, XIV(1), 57–68.

Natarsyah, S. (2000). Analisis Pengaruh Beberapa Faktor Fundamental dan Risiko Sistematik Terhadap Return Saham (Industri Barang Konsumsi yang Go Public di Pasar Modal Indonesia). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(3), 294–312.
Patriawan, D. (2011). Analysis of the effect of earnings per share (EPS), return on equity (ROE), and debt to equity ratio (DER) on stock prices in wholesale and retail trade companies listed on the stock exchange. Jurnal Ekonomi Akuntansi, 5(2), 1–72.
Riantani, S., & Faizal, A. (2012). Analisis Dividend Payout Ratio, Management Ownership, Intitutional Ownership, dan Agency Cost Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham (Studi Pada Industri Perkebunan yang Listing di BEI). Forum Manajemen Indonesia Ke 4, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Riyanto, B. (2001). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE.
Sasongko, N., & Wulandari, N. (2006). Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan (Edisi Keem). Yogyakarta: BPFE.
Sharpe, W. F. (1997). Investasi, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 1. Jakarta: PT Prenhalindo.
Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
Sudaryanti, D. S. (2010). Pengaruh Agency Cost, Risiko Pasar, dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Manajemen, 9, 1–16.
Widoretno, G. M. (2012). Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Harga Saham Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2012. 1(2), 1–21. Retrieved from http://www.jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/720
Published
2020-12-31
Section
Article