Lokasi, Kebergaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Raya Amahami (Kota Bima)

  • Agus Salim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Herry Nurdin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
Keywords: lokasi, keberagaman produk, harga, kualitas pelayanan, minat beli

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Lokasi, keberagaman produk, Harga dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada pasar Raya Amaham Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari : Lokasi (X1), Keberagaman produk (X2), Harga (X3) dan Kualitas Pelayanan (X4) sebagai variabel independen, dan Minat beli sebagai variabel dependen (Y). Seluruh variabel diukur dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan garis regresi sebagai berikut :Y = 7,513+ 0,281X1 + 0,13X2 + 0,274X3 + 0,150X4 + ε. Nilai R (Koefisien Korelasi) yang diperoleh sebesar 0,702 atau 70,2% dan nilai R Square (Koefisisen Determinasi) sebesar 0,493 atau 49,3%. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial lokasi, harga dan kualitas layanan berpengaruh terhadap minat sedangkan keberagaman produk tidak berpengaruh terhadap minat beli. Secara bersama-sama (Simultan) terbukti bahwa lokasi, keberagaman produk, Harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli.

References

Assael, Henry. (2001). Consumer Behavior 6th edition. New York: Thomson Learning.
Dinawan. R. M. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Yamaha Mio PT. Harapindo Jaya Semarang).Tesis Universitas Diponegoro. Semarang.
Engel, James F,et al. (1995). Perilaku Konsumen, Edisi 6 Jilid 1, Alih Bahasa Oleh Drs. FX Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.
Engel, James F, et al. (2007).Perilaku Konsumen. Terjemahan Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media
Kotler, Philip. (1997). ManajemenPemasaranAnalisisPerencanaanImplementasi Kontrol Jilid l. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, P. & Keller, K. (2012). Marketing Management (14th ed). Global Edition Pearson Prentice Hall.
Mandasari, Kartika. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Jasa Perhotelan (Studi Kasus pada Hotel GRASIA Semarang). Universitas Diponegoro.
Swastha dan Handoko. (2000). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta:BPFE.
Swasta, Basu. (2002). Azas-azas Marketing.Yogyakarta : Liberty.
Tjiptono,Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.
Fure, Hendra. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal Manajemen. FE-Universitas Sam Ratulangi, Manado.
Zeithaml, Bitner dan Gremler. (2009). Service Marketing – Integrating Customer Focus Across the Firm. New York : Mc. Graw – Hill.
Zeithaml dan Bitner, M. J. 2013. Service Marketing, Sixth Edition. Mc Graw Hill. America
Published
2020-06-30
Section
Articles