Pengaruh Efektivitas Kinerja Terhadap Produktivitas Kerja Petugas Distribusi Rekam Medis Rawat Jalan Di RSUD Cibabat Cimahi

  • M Dana Prihadi Apikes Bandung
  • Siska Meilani Apikes Bandung
Keywords: efektivitas kinerja, produktivitas kerja, distribusi rekam medis

Abstract

Kinerja terhadap produktivitas suatu pekerjaaan merupakan modal awal dalam memberikan hasil yang positif dan efektif pada suatu kegiatan bekerja. Tidak menutup kemungkinan baik buruknya hasil yang efektif itu adalah buah dari motivasi, gaji, kemampuan atau bahkan hubungan social pekerja tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar rata-rata efektivitas kinerja dan produktivitas kerja petugas distribusi rekam medis di RSUD Cibabat, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efektivitas kinerja terhadap produktivitas kerja petugas distribusi rekam medis RSUD Cibabat. Desain penelitian adalah kombinasi deskriptif dan penjelasan dengan jumlah responden adalah 11 orang. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat rata - rata efektivitas kinerja petugas distribusi di RSUD Cibabat efektif, sedangkan rata-rata tingkat produktivitas karyawan adalah produktif. Efektivitas kinerja berpengaruh signifikan untuk produktivitas petugas, persamaan regresi adalah Y= 25, 457+ 0,455X. Besarnya pengaruh kepuasan kerja terhadap produktivitas karyawan adalah 57,3%, sedangkan sisanya 42,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Faktor penentu ketidakefektivitasan petugas distribusi rekam medis dapat diduga karena gaji dan finansal, kemampuan, hubungan kerja yang diterima kurang sesuai dengan tanggung jawab pekerjaan dan tingkat resiko yang dimliki dari pekerjaan tersebut. Sebaiknya untuk meningkatkan efektivitas kinerja melakukan pelatihan dan hubungan kerja yang maksimal, sistem perekrutan petugas yang lebih terarah sesuai dengan bidangnya, menciptakan kenyamanan lingkungan kerja secara team. Selain itu adalah evaluasi rumah sakit terhadap efektivitas kinerja petugas distribusi yang continue.

References

Depkes. 2008. Pencegahan dan Penatalaksanaan Asfiksia Neonatorum. Jakarta: Dinkes RI. hal 8-6.
Fauzan, Muhammad. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention. Yogyakarta.
Ghozali, I. 2012. Imam Ghozali. 2012. Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss, 20.
Handoko, T.Hani. 2003. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPEE-Yogyakarta.
Hasibuan, S.P Malayu. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Misbahudin Muayyad, Deden. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Bank Syariah X Kantor Wilayah II. Jakarta. Universitas Trisakti.
Sedarmayanti, (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Mandar Maju.
Sugiyono, 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan RD. CV Alfa Beta : Bandung.
Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi- 6. Jakarta: Pranada Media Group.
Tika, P. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2020-06-29
Section
Articles