Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Secara Online

  • Jefryansyah Jefryansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Muhajirin Muhajirin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
Keywords: kepercayaan, keamanan, keputusan pembelian

Abstract

ABSTRACT

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, diikuti oleh semakin mudah dan murahnya akses dan paket internet, maka jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat pesat. Perkembangan teknologi informasi ini membuat perubahan perilaku bertransaksi dikalangan masyarakat, yang dari dulunya offline menjadi bertransaksi secara online. Tujuan yang ingin di capai adalah untuk meningkatkan kepercayaan serta keamanan yang di berikan oleh situs jualan online agar minat beli dari konsumen itu sendri meningkat. Data yang digunakan adalah data primer. Sampel penelitian berjumlah 130 responden mahasiswa stie bima yang pernah berbelanja pada toko online. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian barang secara online, keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian barang secara online dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kepercayaan dan keamanan terhadap keputusan pembelian barang secara online. Sehingga semakin tinggi kepercayaan konsumen, serta semakin tinggi tingkat keamanan yang di berikan, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian barang secara online.

 

Keywords : trust, security, purchase decisions

References

Alif, G. 2013. Komunikasi Interpersonal Dan Fasilits Kesehatan: Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan, Loyalitas Dan Wom Rumah Sakit. (Online). Vol 1, No 3; Oktober 2013. ISNN: 2302-4119. Diakses 13 desember 2019.
Anandita,Florentinus Biger .A, S.Dwi Saputra. 2015, “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Akan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial”, Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 15 No 2 : 203 – 210.
Azwar,S. 2016. Metode Penelitian (Edisi 1) .Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandar, D. 2019. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Lazada : 28-137. Medan, 5 Oktober 2019. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Mahkota, Andy.P, ET AL. 2014, “Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc) “, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 8 No. 2.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sukma, Abdurahman.A. 2012.” Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites”. Jurnal Ekonomi Manajemen,hlm. 300
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tugiso, I.ET AL. 2016,“Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening” , Journal Of Management, Volume 2 No. 2 maret
Yunita, Nahla.R, dkk. 2019, “Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak, Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, Vol. 3 No. 1 hal 90 -105
Published
2020-06-29
Section
Articles