Analisis Nilai Kecukupan Modal Pada Bank Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Nadela Difia Putri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Yuniningsih Yuniningsih Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Ira Wikartika Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Keywords: kecukupan modal, profitabilitas, kredit macet, likuiditas, efisiensi, simpanan

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, kredit macet, likuiditas, efisiensi dan simpanan terhadap kecukupan modal pada bank konvensional yang tergabung dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan data sekunder, berupa laporan keuangan tahunan dan performa perusahaan dari 38 bank konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel perusahaan diperoleh dengan metode sensus. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2) dengan profitabilitas, kredit macet, likuiditas, efisiensi dan simpanan sebagai variabel independen, dan kecukupan modal sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, kredit macet dan efisiensi tidak berpengaruh terhadap kecukupan modal. Sedangkan likuiditas mempunyai pengaruh negatif dan simpanan mempunyai pengaruh positif terhadap kecukupan modal.

References

Afriyanti, Meilinda. 2011. Analisis Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover, Debt to Equity Ratio, Sales dan Size terhadap ROA (Return on Asset) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2006 – 2009. Undergraduate thesis. Universitas Diponegoro.
Agustini dan Artini. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Risiko Kredit, Likuiditas, Dan Efisiensi Operasional Terhadap Kecukupan Modal Pada Bpr Kabupaten Klungkung. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 10 : 5783 – 5813.
Al-Sabbagh, N. 2004. Determinants of capital adequacy ratio in Jordanian banks. Master thesis, Yarmouk University. Irbid, Jordan.
Azizah, Diana Izma dan Taswan. 2019. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kecukupan Modal Pada Bank Umum.
Basse, Intannes Putri dan Mulazid, Ade Sofyan. 2017. Analisa Pengaruh Kualitas Aset, Likuiditas, Efensiensi Usaha dan Profitabilitas terhadap Rasio Kecukupan Modal pada Bank Umum Syariah Periode 2012-2015. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2017, Vol. 2, No. 2 : 109 – 123.
Bateni, Leila; et.al. 2014. The Influential Factors on Capital Adequacy Ratio in Iranian Banks. International Journal of Economics and Finance, Vol. 6, No. 11.
Bukian, Ni.Made Winda Parascintya dan Sudiartha, Gede Merta. 2016. Pengaruh Kualitas Aset, Likuiditas, Rentabilitas dan Efesiensi Operasional Terhadap Rasio Kecukupan Modal. E-Jurnal Manajemen Unud 5.
Dendawijaya, Lukman. 2009. Manajemen Perbankan, Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hani, Syafrida. 2015. Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: UMSU PRESS.
Insaniyah, Fina Hikmatul; et al. 2019. Pengaruh Kualitas Aset, Likuiditas Dan Rentabilitas Terhadap Kecukupan Modal Pada Perusahaan Perbankan Yang Listing Di Bei Periode 2015-2017. e – Jurnal Riset Manajemen.
Kasmir. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan lainnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Lubis, Ikhsan. 2011. Akuntansi Keperilakuan, cetakan kedua. Jakarta : Salemba Empat.
Putri, Ni Putu Sinta Wira. dan Dana, I Made. 2018. Pengaruh Npl, Likuiditas, Dan Rentabilitas Terhadap CAR Pada BPR Konvensional Skala Nasional Di Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 4 : 1862-1891.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-06-29
Section
Articles