Analisis Efektivitas Pelaksanaan Bauran Promosi Pada Hotel The Lombok Lodge Dengan Menggunakan Metode Epic Model

  • Baiq Candra Herawati
  • Siti Soraya
Keywords: efektivitas, bauran promosi, Hotel The Lombok Lodge

Abstract

Dalam pelaksanaan promosi hotel The Lombok Lodge, hotel tersebut menerapkan promosi melalui periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi dan pemasaran langsung, dimana periklanan dilakukan melalui katalog, promosi penjualan dilakukan melalui pemberian potongan harga sewa, penjualan pribadi dilakukan melalui agen marketing dan pemasaran langsung dilakukan melalui customer service. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menganalisis efektivitas bauran promosi berdasarkan dampak komunikasi yang ditimbulkan, yaitu: MMP (Media Mix Planing), CRI (Costomer response index), DRM (Direct rating method) dan EPIC Model.EPIC Model yang digunakan untuk mengukur efektivitas bauran promosi yang mencakup empat dimensi kritis, yaitu: empati (empathy), persuasi (persuasion), dampak (dampak) dan komunikasi (communication).Pada penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif eksploratif.Secara keseluruhan pelaksanaan bauran promosi pada hotel The Lombok Lodge telah efektif, terbukti dari hasil analisis EPIC Model secara keseluruhan sebesar 4.01, nilai tersebut masuk dalam rentang skala penilaian 3.41 – 4.20 (Efektif).

Published
2019-12-03
Section
Article