Pengaruh Potongan Harga dan Tampilan dalam Toko terhadap Pembelian Impulsif

  • Nuzul Hidayat Universitas Mataram
  • Sulhaini Sulhaini Universitas Mataram
Keywords: Pembelian Impulsif, Potongan Harga, Tampilan dalam Toko

Abstract

Salah satu bisnis modern yang semakin marak sekarang ini adalah bisnis ritel dan salah satu perilaku belanja konsumen yang marak terjadi adalah pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh potongan harga dan tampilan dalam toko terhadap pembelian impulsif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 sampel dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel bebas yakni potongan harga dan tampilan dalam toko mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat yakni pembelian impulsif. Artinya semakin tinggi potongan harga atau semakin baik tampilan dalam suatu toko, maka kemungkinan terjadinya pembelian impulsive oleh konsumen juga akan semakin meningkat. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan pengambilan kebijakan oleh perusahaan dalam merangsang pembelian impulsif.

References

Alma. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Cetakan ke). Alfabeta.
Artana, I Putu Widya. Wisesa, I Gusti Bagus Satria Wisesa. Utami, Ni Luh Putu Mita Pramestya. Yasa, Ni Nyoman Kerti. Jatra, M. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying. JCOMENT (Journal of Community Empowerment), 3(2), 98–109. https://doi.org/10.55314/jcoment.v3i2.257
Azwari, A., & Lina, L. F. (2020). Pengaruh Price Discount dan Kualitas Produk pada Impulse Buying di Situs Belanja Online Shopee. Jurnal Technobiz, 3(2), 37–41. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz/article/view/1098
Belch, George E, Belch, M. A. (2009). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective (8th ed.). McGraw-Hill.
Chen, H. A., Marmorstein, H., Tsiros, M., & Rao, A. R. (2012). When more is less: The impact of base value neglect on consumer preferences for bonus packs over price discounts. Journal of Marketing, 76(4), 64–77. https://doi.org/10.1509/jm.10.0443
CNN Indonesia. (2015). “Generasi Millenial RI Paling Impulsif Belanja Barang Mewah.” https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20151102182452-92-88999/generasi-millenial-ri-paling-impulsif-belanja-barang-mewah/
Dalihade, M. P., Massie, J. D. D., & Tielung, M. V. J. (2017). Pengaruh Potongan Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Departement Store Mega Mall Manado Price Discounts and Store Atmosphere, on Impulse Buying At Matahari Departement Store Mega Mall Manado. Potongan Harga Dan Store Atmosp …… 3538 Jurnal EMBA, 5(3), 3538–3549.
Danang, S. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. CAPS.
Denny, K., & Yohanes, S. K. (2013). Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra , 1(2), 1–8.
Elisha, F. A. (2021). Pengaruh Price Discount dan In Store Display terhadap Impulse Buying pada Konsumen Minimarket Berkah Mart Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Gumilang, W., & Nurcahya, I. (2016). Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Emotional Shopping Dan Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 244197.
Hair J.F., et al. (2010). Multivariate Data Analysis (seventh). Pearson Prentice Hall.
Haironi, M. (2018). 300108-Pengaruh-Discount-Bonus-Pack-Dan-in-Stor-78159497. Pengaruh Discount, Bonus Pack, Dan In- Store Display Terhadap Impulse Buying Produk Obat Nyamuk Hit Di Pamella Swalayan Yogyakarta , 1(3), 1–12.
Jeri Prasetio. (2021). Pengaruh price discount dan in-store display terhadap impulse buying pada konsumen minimarket amifa pekanbaru skripsi.
Kotler,P & Keller, K. . (2012). Manajemen Pemasaran (A. M. & Y. S. Hayati (ed.); 13th ed.).
Kristiawan, A., Gunawan, I., & Vinsensius, V. (2018). Pengaruh Potongan Harga, Bonus Kemasan, Tampilan dalam Toko terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 30–44. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.181
Machfoedz, M. (2005). Pengantar Ekonomi Modern. Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Masya Famely Ruhulessin. (2021). Punya Pasar Ritel Potensial, Indonesia Duduki Peringkat 4 GRDI. Kompas.Com. https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/24/170000021/punya-pasar-ritel-potensial-indonesia-duduki-peringkat-4-grdi#:~:text=JAKARTA%2C KOMPAS.com - Indonesia,negara terpilih di seluruh dunia
Melina, & M Amin Kadafi. (2017). Pengaruh price discount dan in-store display terhadap impulse buying. Forum Ekonomi, Vol 19, No(2), 201–209.
Rook, D. W. (1987). The buying impulse. Journal of Consumer Research. Journal of Consumer Research, 14(2), 189–199.
Sari, D. R., & Faisal, I. (2018). pengaruh price discount, bonus pack dan in-store display terhadap keputusa impulse buying pada Giant Banjar. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 51–60.
Setiyowati, A., & Kustijana, D. H. (2017). Pengaruh Discount Price, in-Store Display Dan Sales People Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Impulse Buying Tendecy Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia, 1(1), 1. https://doi.org/10.26805/jmkli.v1i1.1
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Tellis, G. J. (2011). Strategic Bundling of Product and Prices : A New Synthesis for Marketing. Journal of Marketing, 6.
Tolisindo, J. (2017). Pengaruh Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Lampung.
Published
2023-12-31