Pengaruh Kemudahan, Keamanan, dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen

  • Melsi Diana Lubis Universitas Putera Batam
  • David Humala Sitorus Universitas Putera Batam
Keywords: Keamanan Transportasi Online, Kemudahan, Loyalitas Konsumen

Abstract

Konsumen memiliki berbagai pertimbangan dalam memanfaatkan jasa transportasi online seperti Maxim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenyamanan, keamanan, dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan Maxim di Kota Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif-deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden yang merupakan konsumen Maxim di Kota Batam. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 sampel dimana teknik sampling yang digunakan yaitu metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang dimulai dengan uji kualitas data dan uji asumsi klasik sebelum melakukan uji pengaruh dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kemudahan, keamanan, dan kepercayaan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini bisa menjadi dasar bagi Maxim maupun perusahaan transportasi online lainnya untuk semakin meningkatkan loyalitas konsumen perusahaan dari segi kemudahan, keamanan, dan kepercayaan.

References

Astuti, Y. W., Agriyanto, R., & Turmudzi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Layanan Mobile Banking Syariah. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 19(3), 134–158. https://doi.org/10.14710/jspi.v19i3.134-158
Aulia, F. P. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Jatim Kantor Cabang Bojonegoro). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(5), 1–16.
Fakhrudin, A. (2020). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Adi Soemarmo. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 102. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.677
Fitria, & Siswanto. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi dan Penanganan Masalah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada BMT Sidogiri Cabang Malang Kota). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(30), 1254–1268.
Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282.
Handoko, A. D., & Ronny, R. (2021). Pengaruh Faktor Keamanan, Keandalan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bri Dalam Menggunakan Mobile Banking. Image : Jurnal Riset Manajemen, 9(2), 79–91. https://doi.org/10.17509/image.v9i2.28598
Huda, M., & Azar, M. A. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Lokasi, Pelayanan, Jasa dan Keamanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Koperasi Unit Desa ”Tani Mulyo” Karanglangit Lamongan. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 13(1), 22–34. https://doi.org/10.52166/humanis.v13i1.2186
Nirawati, L., Safitri, B. A. D., & Ahmad, R. F. (2020). Pengaruh Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Studi Pada Mahasiswa Aktif Administrasi Bisnis Upn “Veteran” Jawa Timur). Syntax Idea, 2(9), 594–604.
Palandi, J. J., Mangantar, M., & Raintung, M. C. (2022). Pengaruh Kualitas Jasa, Kepercayaan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian di ManadO. Emba, 10(4), 565–576.
Pratiwi, D. A. N., & Suwitho. (2020). Pengaruh Promosi Online, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shop Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(8), 1–18.
Pratiwi, R. P., Ekanova, A. P., & Nagari, O. P. (2022). Pengaruh Promosi dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Layanan Shopeefood Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 18–28. https://doi.org/10.56127/jekma.v1i2.130
Ramadhani, M., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 200–214.
Saputri, F. S., & Sukresna, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Website, Kemudahan Penggunaan Website, Keamanan Website, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 23(02), 2022, p.1-17, 23(02), 1–17.
Sari, A. C. M., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (Studi pada Mahasiswa Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(5).
Sulistyowati, & Pratama, D. R. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan dalam Menggunakan Jasa Gojek di Kota Semarang. Ebismen, 1(3), 119–127.
Sulle, Y. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Komitmen Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus pada Bank Papua Cabang Kepi ). Jurnal Ilmu Hukum Ilmu Humaniora Dan Politi, 2(1), hal.102.
Published
2023-12-31