Analisis Strategi Peningkatan Industri Makanan Ringan di Kota Payakumbuh

  • Dorris Yadewani AMIK Jayanusa
  • Mustika Lukman Arief Akademi Maritim Sapta Samudra Padang
Keywords: SME'S, strategy, SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan  Usaha Mikro Kecil Menengah yang bergerak di bidang  makanan ringan di Kota Payakumbuh dan strategi yang diperlukan untuk mengembangkan industri kecil menengah di Kota Payakumbuh. Metode penelitian yang di gunakan yaitu studi lapangan dan studi perpustakaan.Analisa yang digunakan yaitu analisis  SWOT. Analisa SWOT, menghasilkan strategi sekaligus posisi industri Makanan ringan diperoleh 9 strategi yaitu : (1) Optimalisasi Peningkatan Produksi, (2) Strategi perluasan pasar, (3)  Strategi peningkatan inovasi dan pemanfaatan teknologi dalam produksi, (4) Strategi Pengembangan Produk, (5) Strategi Pengembangan kemitraan, (6)  Strategi Pembinaan dan pelatihan dari pemerintah, (7) Strategi pengembangan Kawasan Industri, (8) Strategi peningkatan kualitas dan daya saing produk dan (9) Strategi Penguatan dan pengembangan pemasaran produk makanan ringan.

References

David, F.R. (2006). ”Strategic Management”. Consepts and Cases, (10th ed.). Ed.Francis Marion University Florence.
David, Fred R. (2011). Manajemen Strategi. Salemba Empat.
David, R. F. (2004). Manajemen Strategi Konsep Terjemahan (edisi kese). Prehalindo.
Kuncoro Mudrajad. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. PT. Dwi Chandra Wacana.
Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka
RPJMD Kota Payakumbuh Tahun 2017-2022.
Tambunan, Tulus, T. H. (2009). Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Salemba.
Undang-Undang No 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
Zulkarnaen, H. O., S. (2013). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo). Diponegoro Journal of Management.
Published
2021-07-03
Section
Articles