Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Penggunaan E-Learning Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bumigora)

  • Isra Dewi Kuntary Ibrahim Universitas Bumigora
  • Irwan Cahyadi Universitas Bumigora
  • Rini Anggriani Universitas Bumigora
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Bumigora
Keywords: motivasi, dukungan keluarga, prestasi belajar, e-learning, covid-19, partial least square (pls).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh secara signifikan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Penggunaan E-Learning Masa Pandemi Covid 19. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan sensus dengan jumlah responden 114 orang. Analisis dan pengujian hipotesis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan instrument penelitian menggunakan kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan job insecurity terhadap turnover intentions dan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi dan dukungan keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa selama penggunaan e-learning masa pandemic covid-19.

References

Alhafid, Arif Fayyat and Desri Nora AN. 2020. “Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua Dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Dan XI Di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan.” 1(4):284–300.
Amro, Hanan Jamal, Marie-Anne Mundy, and Lori Kupczynski. 2018. “The Effects of Motivation , Technology and Satisfaction on Student Achievement in Face-to-Face and Online College Algebra Classes.” 2(1).
Manurung, Tarida Marlin Surya. 2017. “Pengaruh Motivasi Dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa.” 1(1):17–26.
Nasution, Siti Zahara and Widya Darayani Purba. 2017. “Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Mahasiswa Reguler Menjalani Pendidikan Di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.”
Pajarianto, Hadi, Abdul Kadir, Nursaqinah Galugu, Puspa Sari, and Sofia Februanti. 2020. “Study from Home in the Middle of the COVID-19 Pandemic : Analysis of Religiosity , Teacher , and Parents Support Against Academic Stress.” 12(2):1791–1807.
Riswanto, Ari and Sri Aryani. 2017. “Learning Motivation and Student Achievement : Description Analysis and Relationships Both.”COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education 2(1):42.
Robbins, Stephen P. and Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi Edisi Ke-12. Jakarta: Salemba Empat.
Safitri, Faradilla and Cut Yuniwati. 2016. “Pengaruh Motivasi Dan Dukungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia The Effect of Motivation and Family Support on Learning Achievement of D-III Product Level II Students of Ubudiyah .” 2(2):154–61.
Solimun, Nurjannah and Adji Ahmad Rinaldo. 2006. “Pemodelan Persamaan Struktural: Pendekatan PLS Dan SEM.” Modul Pelatihan Aplikasi Software Smart PLS Dan AMOS, Fakultas MIPA Dan Program Pascasarjana, Universitas Brawijaya Malang.
Tokan, Moses Kopong and Mbing Maria Imakulata. 2019. “The Effect of Motivation and Learning Behaviour on Student Achievement.” 39(1):1–8.
Published
2020-12-31
Section
Article