Pengaruh E-Service dan Kualitas Sistem terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning dengan Moderasi Perceived Value

  • Shafira Jingga Hernita UIN Raden Intan Lampung
  • Wahyudin Sidik UIN Raden Intan Lampung
  • Vicky F Sanjaya UIN Raden Intan Lampung
Keywords: e-service, system quality, perceived value, e-satisfaction, e-learning

Abstract

Perubahan kebutuhan dimasa modern menjadikan lembaga dan instansi konvensional berkembang untuk ikut menyediakan layanan daring, salah satunya pada bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis e-service, kualitas sistem, perceived value dan e-satisfaction pada pengguna e-learning. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 125 kuesioner kepada pengguna aktif e-learning dan terdapat 100 kuesioner yang digunakan. Pengujian dilakukan dengan bantuan alat statistik berupa Structuran Equation Modelling (SEM) berbasi Partial Least Square versi 3 dengan memperhatikan nilai nilai factor loading sebesar ≥ 0,6, composite reliability dengan nilai ≥ 0,7 dan nilai variance extracted ≥ 0,50.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service berpengaruh positif signifikan terhadap e-satisfaction dengan moderasi perceived value, sedangkan kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap e-satisfaction pengguna e-learning.

References

Ansyari, Kusasi, & Iranita. (2019). Pengaruh Lokasi, Cita Rasa, Harga, Perceived Value Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Tanjung Sebauk. 1–18. Retrieved from http://repository.umrah.ac.id/3287/1/Ansyari Idris-150461201020-FE.pdf
Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The moderator-mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of Personality and Social Psychology. https://doi.org/10.1037//0022-3514.51.6.1173
Berlianto, M. P. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan-E, Kepuasan-E, Dan Kepercayaan-E Terhadap Kesetiaan-E Pada Gojek. Business Management Journal, 13(1). https://doi.org/10.30813/bmj.v13i1.247
David, D. (2018). Pengaruh E-service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Transportasi Online Grab. Agora.
Haria, T. T., & Mulyandi, M. R. (2019). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction pada Pengguna Aplikasi Mobile. https://doi.org/10.33510/slki.2019.135-140
Marlius, D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa STIE“KBP.” Jurnal Ipteks Terapan, 12(2), 116. https://doi.org/10.22216/jit.2018.v12i2.633
Maryana, F., Ridhawati, R., & Sayekti, T. A. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelangggan Terpusat (AP2T) PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Tengah Dan Kalimantan Selatan Area Barabai. Dinamika Ekonomi, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Melinda. (2017). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Pelanggan Go-Jek Melalui E-Satisfaction Pada Kategori Go-Ride. Agora, 5(1), 1.
Prawiranta, H., & Diana, R. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Jasa Gojek di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi.
Putri, N. A., & Tambun, S. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Perpajakan Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepuasan Pengguna E-Filing Dengan Kepercayaan Terhadap Otoritas Perpajakan Sebagai Variabel Moderating. Media Studi Ekonomi.
Rohwiyati, R., & Praptiestrini, P. (2020). Peran Perceived Value Dalam Memoderasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kuliner Kota Barat Solo. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 4(1), 24–33. https://doi.org/10.31002/rn.v4i1.2076
S.K, Purwanto & Pawirosumarto, S. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. Macromolecules.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitan Kuntitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sastika, W. (2018). Analisis Kualitas Layanan dengan Menggunakan E-service Quality untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shoppe (Studi Kasus: Pelanggan. Journals.Upi-Yai.Ac.Id.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tobagus, A. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction pada Pengguna Situs Tokopedia. AGORA, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis.
Tri Nawarini, A. (2019). Pengaruh Perceived Value Dan Kepuasan Pada Loyalitas Pengguna Kartu Seluler Di Kota Purwokerto Dengan Variabel Variety Seeking Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA).
Tulodo, B. A. R. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).
Utami, N. W., Arthana, I. K. R., & Darmawiguna, I. G. M. (2020). Evaluasi Usability Pada E-Learning Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Metode Usability Testing. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 107. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23663
Yuliansyah, A., & Handoko, T. D. (2019). Pengaruh Perceived Quality dan Perceived Value terhadap Brand Loyalty melalui Customer Satisfaction J-Klin Beauty Jember. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING). https://doi.org/10.31539/costing.v2i2.560
Published
2020-12-31
Section
Article